Cara Membuat Filter Air Sederhana dan Murah

Halo Sobat Sederhana, air adalah kebutuhan pokok manusia namun tidak semua air di sekitar kita sudah terbebas dari kotoran. Apalagi, air permukaan yang biasa kita gunakan untuk keperluan sehari-hari. Nah, agar air yang kita konsumsi bersih dari kotoran dan aman untuk diminum, kita bisa membuat filter air sederhana dan murah sendiri di rumah. Simak langkah-langkahnya berikut ini!

Mengapa Harus Membuat Filter Air?

Sebelum membahas cara membuat filter air, alangkah baiknya jika kita mengetahui terlebih dahulu mengapa harus membuat filter air. Beberapa alasan yang bisa menjawab pertanyaan tersebut adalah sebagai berikut:

1. Air Terbebas dari Kotoran

Filter air adalah alat yang digunakan untuk menyaring air agar terbebas dari kotoran yang ada di dalamnya. Dengan menggunakan filter air, kita bisa mendapatkan air yang lebih bersih dan aman untuk digunakan sehari-hari.

2. Hemat Biaya

Membuat filter air sederhana dan murah bisa membantu kita menghemat biaya. Kita tidak perlu membeli filter air yang harganya cukup mahal. Dengan membuat filter air sendiri, kita bisa menghemat biaya dan memiliki filter air yang sama efektifnya.

3. Mengurangi Sampah Plastik

Dengan membuat filter air sendiri, kita bisa mengurangi penggunaan botol plastik yang biasa digunakan untuk menyimpan air minum. Hal ini bisa membantu mengurangi sampah plastik yang semakin meningkat di lingkungan kita.

Langkah-Langkah Membuat Filter Air Sederhana dan Murah

Untuk membuat filter air sederhana dan murah, kita memerlukan beberapa bahan dan alat yang mudah didapatkan. Adapun bahan dan alat yang diperlukan adalah sebagai berikut:

Bahan
Alat
  • Batang pipa PVC berdiameter 10 inci
  • Pasir bersih
  • Kerikil atau batu split
  • Aktivator Karbon
  • Kain kasa atau kain flanel
  • Carbon Block
  • Tap air
  • Penyedot air
  • Gergaji atau cutter
  • Kain atau karung untuk menutup
  • Sekrup dan bor
  • Gunting
  • ember kecil
TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menghitung Chamber

1. Potong Pipa PVC

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong batang pipa PVC menjadi 3 bagian dengan ukuran 30 cm untuk bagian atas, 40 cm untuk bagian tengah, dan 20 cm untuk bagian bawah.

2. Pasang Filter Air

Setelah itu, pasang filter air dengan cara memasukkan batu kerikil atau batu split ke dalam bagian bawah pipa PVC, kemudian ditambahkan pasir dan aktivator karbon. Untuk bagian tengah, masukkan carbon block dan kain kasa atau kain flanel. Bagian atas pipa digunakan sebagai tempat masuknya air.

3. Buat Lubang

Setelah semua bahan terpasang dengan rapi, membuat lubang kecil pada bagian atas dan bagian bawah pipa PVC. Lubang di bagian atas dipasang penyedot air, sedangkan lubang di bagian bawah untuk tempat keluarnya air.

4. Test Filter Air

Sebelum digunakan, test filter air terlebih dahulu dengan cara memasukkan air ke dalam bagian atas pipa dan memeriksa apakah air yang keluar dari bagian bawah sudah jernih.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa Lama Filter Air Bisa Digunakan?

Filter air yang dibuat sendiri bisa digunakan selama kurang lebih 6 bulan tergantung dari aktivitas penggunaan dan kualitas air yang difilter. Setelah itu, sebaiknya filter air diganti dengan yang baru.

2. Bagaimana Cara Membersihkan Filter Air?

Untuk membersihkan filter air, cukup keluarkan karbon dan pasir, lalu bilas dengan air bersih. Setelah itu, pasang kembali karbon dan pasir serta aktivator karbon.

3. Bahan Apa yang Bisa Digunakan Selain Pasir?

Selain pasir, bahan lain yang bisa digunakan sebagai bahan penyaring adalah zeolit atau arang aktif.

4. Apakah Filter Air Ini Efektif Menghilangkan Bakteri dan Virus?

Filter air sederhana dan murah ini tidak efektif untuk menghilangkan bakteri atau virus. Untuk menghilangkan bakteri dan virus, dibutuhkan filter air yang lebih canggih dan memiliki teknologi yang lebih mutakhir.

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Modal dalam Neraca Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah cara membuat filter air sederhana dan murah yang bisa Anda coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk Anda. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Filter Air Sederhana dan Murah