Cara Membuat Exhaust Fan Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu sedang mencari cara membuat exhaust fan sederhana yang bisa dipasang di dalam rumah atau kamar tidurmu? Tenang saja, kamu berada di tempat yang tepat! Pada artikel kali ini, kami akan membagikan cara pembuatan exhaust fan sederhana yang bisa kamu coba sendiri di rumahmu.

Alat dan Bahan Yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat exhaust fan sederhana, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan, yaitu:

Alat
Bahan
1. Gunting
1. Kardus bekas
2. Penggaris
2. Kipas angin kecil
3. Spidol
3. Penjepit kertas
4. Lem
4. Kabel listrik
5. Pisau
5. Saklar on/off

Langkah-Langkah Pembuatan Exhaust Fan Sederhana

1. Siapkan Kardus Bekas dan Kipas Angin Kecil

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan kardus bekas yang akan dijadikan bingkai exhaust fan. Ukuran kardus yang akan kamu gunakan disesuaikan dengan ukuran kipas angin kecil yang akan dipasang nantinya. Pastikan bahan yang digunakan memiliki ketebalan dan kekuatan yang cukup untuk menahan kipas angin agar tidak mudah rusak.

Setelah itu, siapkan juga kipas angin kecil yang akan digunakan sebagai bagian dari alat exhaust fan sederhana.

2. Buat Bingkai Exhaust Fan

Gunakan penggaris dan spidol untuk mengukur dan membuat bingkai exhaust fan pada kardus bekas yang telah disiapkan. Gunting bahan dengan hati-hati agar ukurannya sesuai dengan desain yang telah dibuat.

Setelah selesai, buatlah lubang di bagian tengah bingkai exhaust fan yang telah dibuat. Ukuran lubangnya harus sesuai dengan ukuran kipas angin kecil yang akan dipasang.

3. Pasang Kipas Angin Kecil

Setelah bingkai exhaust fan selesai dibuat, pasang kipas angin kecil pada lubang di bagian tengah bingkai. Pasang kipas angin dengan baik dan pas karena kestabilan kipas angin sangat penting agar exhaust fan dapat berfungsi dengan baik.

TRENDING 🔥  Cara Visualisasi Bandul Sederhana di MS.Excel 2013

4. Buat Dinding Penopang Exhaust Fan

Buat dinding penopang exhaust fan dengan menggunakan kardus bekas yang tersisa. Dinding penopang ini bertujuan untuk menjaga exhaust fan tetap dalam posisi tegak dan stabil. Buatlah dinding penopang ini dengan ukuran yang lebih kecil dari bingkai exhaust fan dan pasang pada bagian belakang bingkai.

5. Pasang Saklar On/Off dan Kabel Listrik

Gunakan saklar on/off dan kabel listrik untuk menghubungkan kipas angin kecil pada exhaust fan dengan sumber listrik di rumah atau kamar tidurmu. Pasang saklar on/off pada kabel listrik sebagai cara menghidupkan dan mematikan exhaust fan.

FAQ

1. Apakah exhaust fan sederhana ini aman digunakan di dalam rumah?

Iya, exhaust fan sederhana ini cukup aman digunakan di dalam rumah asalkan dipasang dan dihubungkan dengan sumber listrik dengan baik dan benar.

2. Apa yang harus dilakukan jika exhaust fan sederhana ini tidak berfungsi dengan baik?

Jika exhaust fan sederhana ini tidak berfungsi dengan baik, periksa koneksi kabel listrik dan pastikan semua komponen terpasang dengan baik dan benar. Jangan lupa untuk mematikan saklar on/off ketika melakukan perbaikan pada exhaust fan sederhana ini.

3. Apakah exhaust fan sederhana ini bisa dipasang di ruangan yang lembab atau basah?

Exhaust fan sederhana ini tidak disarankan dipasang di ruangan yang lembab atau basah karena dapat menimbulkan bahaya listrik yang membahayakan keselamatanmu.

Penutup

Itulah tadi cara membuat exhaust fan sederhana yang bisa kamu coba sendiri di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat alat ini dengan mudah dan hemat biaya. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kado Sederhana - Tips Kreatif Untuk Sobat Sederhana

Cara Membuat Exhaust Fan Sederhana