Cara Membuat Es Tape Singkong Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagaimana kabarnya hari ini? Pada kesempatan kali ini, kita akan berbicara mengenai cara membuat es tape singkong sederhana. Siapa yang tidak kenal dengan es tape singkong? Makanan yang satu ini sangat populer di Indonesia, terutama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Es tape singkong merupakan campuran dari singkong, tape ketan hitam, santan, dan gula merah yang disajikan dalam bentuk es batu yang segar dan lezat.

Bahan yang Diperlukan

Sebelum kita mulai membuat es tape singkong, pastikan bahwa semua bahan sudah tersedia dan siap digunakan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

1 kg singkong 500 gram tape ketan hitam 1 liter santan 300 gram gula merah 1 sdt garam Es batu secukupnya

Langkah-Langkah Pembuatan

Nah, setelah semua bahan sudah siap, saatnya untuk memulai membuat es tape singkong sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Kupas dan Cuci Singkong

Pertama, kupas singkong dan cuci sampai bersih. Setelah itu, potong-potong singkong menjadi bagian yang lebih kecil agar lebih mudah untuk diolah.

2. Rebus Singkong

Masukkan singkong yang sudah dipotong ke dalam panci dan tambahkan air secukupnya. Rebus singkong sampai matang dan empuk, lalu tiriskan dan dinginkan.

3. Blender Singkong

Setelah singkong sudah dingin, blender singkong sampai halus. Jangan lupa tambahkan sedikit air agar lebih mudah untuk diblender.

4. Masak Tape Ketan Hitam, Santan, dan Gula Merah

Masukkan tape ketan hitam ke dalam panci, tambahkan santan, gula merah, dan garam. Masak dengan api sedang sambil terus diaduk sampai gula merah larut dan mendidih. Setelah itu, angkat dari kompor dan dinginkan.

TRENDING 🔥  Cara Buat Drone Sederhana untuk Sobat Sederhana

5. Campurkan Semua Bahan

Tuang puree singkong ke dalam campuran tape ketan hitam yang sudah dingin. Aduk rata sampai tercampur dengan baik.

6. Sajikan Es Tape Singkong

Letakkan es batu ke dalam gelas dan tuangkan campuran es tape singkong di atasnya. Es tape singkong siap untuk dinikmati! Selamat mencoba!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah bisa menggunakan tape ketan putih?

Tentu saja bisa, Sobat Sederhana. Namun, warna es tape singkong yang dihasilkan akan berbeda dengan menggunakan tape ketan hitam.

2. Bagaimana jika saya tidak suka gula merah?

Tentu saja bisa meminimalisir jumlah gula merah atau menggantinya dengan gula putih. Namun, rasa es tape singkong tidak akan seautentik jika tidak menggunakan gula merah.

3. Berapa lama es tape singkong bisa bertahan di dalam kulkas?

Es tape singkong yang disimpan di dalam kulkas dapat bertahan hingga 2-3 hari. Namun, disarankan untuk segera memakannya agar tetap segar dan enak.

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat es tape singkong sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Mudah bukan? Selain segar dan lezat, es tape singkong juga mudah dibuat dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Jangan ragu untuk mencoba dan berkreasi dengan es tape singkong. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Es Tape Singkong Sederhana