Cara Membuat Es Krim Sederhana Tanpa Tepung Maizena

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan berbicara tentang bagaimana cara membuat es krim sederhana tanpa tepung maizena yang enak dan lezat. Membuat es krim sendiri di rumah sangat mudah dan menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan rasa dan bahan-bahan yang akan digunakan. Yuk, simak cara membuat es krim sederhana berikut ini!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat es krim sederhana, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah beberapa bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Susu cair
500 ml
Gula pasir
150 gram
Krim kental
200 ml
Vanili
1 sendok teh
Es batu
secukupnya

Pastikan semua bahan yang disiapkan sudah dalam keadaan matang dan siap untuk digunakan.

Langkah-langkah Membuat Es Krim Sederhana Tanpa Tepung Maizena

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat es krim sederhana tanpa tepung maizena:

1. Campurkan Susu Cair dan Gula Pasir

Pertama-tama, siapkan wadah dan campurkan susu cair serta gula pasir. Aduk hingga gula larut sempurna ke dalam susu.

2. Masak Susu Cair dan Gula Pasir

Panaskan campuran susu cair dan gula pasir dengan api kecil sambil terus diaduk. Jangan sampai campuran susu mengental atau bahkan sampai mendidih.

3. Tambahkan Krim Kental dan Vanili

Setelah susu dan gula tercampur rata, tambahkan krim kental dan vanili ke dalamnya. Aduk hingga semua bahan tercampur rata dan kental.

4. Dinginkan Campuran

Dinginkan campuran susu dan krim dalam lemari es selama sekitar 2 jam. Pastikan campuran sudah benar-benar dingin sebelum diproses lebih lanjut.

5. Proses dengan Mesin Es Krim

Jika Anda memiliki mesin es krim, proses campuran es krim hingga teksturnya halus dan lembut. Jika tidak memiliki mesin, gunakan blender atau mixer untuk menghaluskan campuran es krim.

TRENDING 🔥  Cara Membentuk Bungkus Kebab Sederhana

6. Tambahkan Es Batu

Tambahkan es batu ke dalam campuran es krim saat diaduk atau ketika akan diproses dengan mesin es krim. Es batu berfungsi sebagai pengganti garam es, dan membantu menghasilkan es krim yang lebih lezat dan kental.

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa fungsi tepung maizena pada es krim?

Tepung maizena pada es krim berfungsi sebagai pengental. Namun, bila Anda ingin membuat es krim yang sederhana tanpa tepung maizena, Anda bisa menggunakan krim kental sebagai pengganti maizena.

2. Apakah es krim bisa dibuat tanpa mesin es krim?

Tentu saja. Meskipun mesin es krim lebih memudahkan Anda dalam membuat es krim yang lembut dan halus, namun Anda masih bisa membuat es krim tanpa mesin. Gunakan blender atau mixer untuk menghaluskan campuran es krim.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat es krim sederhana tanpa tepung maizena?

Waktu yang dibutuhkan sekitar 2 jam untuk mendinginkan campuran es krim dalam lemari es. Namun, keseluruhan waktu yang dibutuhkan akan berbeda-beda tergantung pada jumlah bahan yang digunakan dan alat yang tersedia.

4. Apa yang harus dilakukan jika es krim terlalu keras?

Jika es krim terlalu keras, Anda bisa menambahkan sedikit susu cair atau krim kental ke dalamnya, kemudian aduk hingga tercampur rata.

5. Bisakah saya menambahkan bahan lain pada es krim?

Tentu saja. Anda bisa menambahkan berbagai bahan seperti buah-buahan, cokelat, kacang-kacangan, atau permen ke dalam es krim. Namun, pastikan bahan tambahan tidak mengurangi kualitas dan rasa dari es krim.

Kesimpulan

Itulah cara membuat es krim sederhana tanpa tepung maizena yang enak dan lezat. Membuat es krim sendiri di rumah sangat mudah dan menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa menyesuaikan rasa dan bahan-bahan yang akan digunakan. Harapannya dengan artikel ini Sobat Sederhana mendapatkan banyak manfaat. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Toko Online Dengan HTML Sederhana

Cara Membuat Es Krim Sederhana Tanpa Tepung Maizena