Cara Membuat Es Krim Kocok Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Bagi sebagian orang, es krim kocok adalah salah satu makanan penutup yang paling enak dan menyegarkan. Ada banyak varian rasa yang bisa kita coba, mulai dari rasa strawberry, vanila, coklat, hingga rasa buah-buahan. Nah, kali ini kami akan berbagi cara membuat es krim kocok sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Simak yuk!

Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat es krim kocok, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan berikut:

400 ml susu cair
2 sendok makan tepung maizena
150 gram gula pasir
5 kuning telur
2 sendok makan pasta vanila
500 ml whipped cream

Pastikan semua bahan yang digunakan sudah diukur dengan tepat agar es krim kocok yang dihasilkan mempunyai rasa yang sesuai dengan selera.

Cara Membuat Es Krim Kocok Sederhana

Langkah 1: Campurkan Susu Cair dan Tepung Maizena

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencampurkan susu cair dan tepung maizena dalam wadah yang berbeda.

Langkah 2: Masak Campuran Susu Cair dan Tepung Maizena

Setelah itu, masukkan campuran susu cair dan tepung maizena ke dalam panci dan masak dengan api kecil. Aduk terus hingga adonan mengental dan tidak bergerindil. Angkat dan biarkan dingin.

Langkah 3: Kocok Kuning Telur dengan Gula Pasir

Siapkan wadah dan kocok kuning telur dengan gula pasir hingga mengembang dan berubah warna menjadi kuning pucat.

Langkah 4: Campurkan Adonan Telur ke dalam Adonan Susu Cair

Campurkan adonan telur yang sudah dikocok ke dalam adonan susu cair yang sudah matang. Aduk rata dan masak dengan api kecil hingga tercampur sempurna.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bel Sepeda Sederhana

Langkah 5: Tambahkan Pasta Vanila dan Campurkan Whipped Cream

Tambahkan pasta vanila ke dalam adonan es krim kocok yang sudah matang. Aduk rata dan tambahkan whipped cream ke dalam adonan. Aduk rata kembali dan tuang ke dalam wadah penyimpanan es krim. Tutup dengan plastik wrap dan simpan di dalam freezer selama 4-6 jam.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bolehkah Menggunakan Whipped Cream Instan?

Ya, boleh. Namun, rasanya tidak akan se-natural jika menggunakan whipped cream yang dibuat sendiri. Jadi, lebih baik membuat whipped cream sendiri agar hasilnya lebih maksimal.

2. Apakah Bisa Menggunakan Gula Pasir yang Lebih Sedikit?

Tentu saja bisa. Tapi, perlu diingat bahwa gula pasir berfungsi untuk memberikan rasa manis pada es krim kocok. Jadi, jika menggunakan gula pasir yang lebih sedikit, maka rasa manis pada es krim juga akan berkurang.

3. Apakah Bisa Menggunakan Susu Full Cream?

Bisa, tapi menggunakan susu full cream akan membuat tekstur es krim kocok menjadi lebih kental. Jadi, kamu harus mengurangi jumlah tepung maizena agar tekstur es krim tidak terlalu kental.

Keuntungan Membuat Es Krim Kocok Sederhana

Dengan membuat es krim kocok sederhana di rumah, kamu bisa menikmati es krim dengan rasa dan kualitas yang terbaik. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan rasa dan jumlah gula pasir yang ditambahkan sesuai dengan selera. Selain itu, harga bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat es krim kocok sederhana juga relatif lebih murah dibandingkan jika membeli es krim di toko atau supermarket.

Kesimpulan

Nah, itulah cara membuat es krim kocok sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa untuk menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan dan mengikuti langkah-langkah dengan benar agar es krim kocok yang dihasilkan enak dan lezat. Selamat mencoba!

TRENDING 🔥  Cara Buat Vertical Garden Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Es Krim Kocok Sederhana