Cara Membuat Es Kering Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat es kering sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Es kering atau biasa disebut dengan ice cream roll menjadi salah satu jenis makanan yang sedang banyak diminati oleh masyarakat.

Apa Itu Es Kering?

Sebelum kita membahas tentang cara membuat es kering sederhana, mari kita cari tahu terlebih dahulu apa itu es kering. Es kering atau ice cream roll merupakan makanan yang terbuat dari susu segar yang dicampur dengan berbagai macam topping seperti oreo, coklat, dan lain sebagainya. Kemudian, bahan-bahan tersebut diaduk menggunakan spatula khusus dan dipadatkan hingga membentuk lapisan tipis dan lebar.

Setelah itu, lembaran es tersebut digulung dan disajikan dalam bentuk gulungan. Es kering memiliki tekstur yang lembut dan unik, sehingga banyak disukai oleh orang-orang.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Untuk membuat es kering sederhana, Sobat Sederhana memerlukan beberapa bahan yang mudah didapatkan di supermarket atau toko bahan makanan. Berikut bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan-Bahan
Jumlah
Susu segar
500 ml
Gula pasir
150 gram
Maizena
1 sendok makan
Vanilla extract
1 sendok teh
Topping (sesuai selera)

Langkah-Langkah Membuat Es Kering Sederhana

Berikut langkah-langkah cara membuat es kering sederhana yang bisa kamu ikuti di rumah:

1. Campurkan Susu dan Gula

Pertama-tama, campurkan susu segar dan gula pasir ke dalam wadah yang bersih. Kemudian, aduk rata hingga gula larut sempurna dalam susu.

2. Masukkan Maizena dan Vanilla Extract

Selanjutnya, masukkan maizena ke dalam campuran susu dan gula. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan maizena di dalamnya. Setelah itu, tambahkan juga vanilla extract dan aduk kembali hingga rata.

TRENDING 🔥  Cara Menyanggul Rambut Panjang Sederhana

3. Panaskan Adonan

Panaskan campuran susu, gula, maizena, dan vanilla extract di atas api kecil. Aduk terus hingga campuran mengental dan melekat pada spatula. Setelah itu, matikan api dan diamkan selama 5 menit.

4. Tambahkan Topping

Setelah adonan dingin, kamu bisa menambahkan berbagai macam topping sesuai dengan selera kamu. Topping yang sering digunakan adalah oreo, coklat, buah segar, dan lain sebagainya. Tambahkan topping ke atas adonan dan aduk rata.

5. Padatkan Adonan

Setelah adonan dan topping tercampur rata, tuang adonan ke atas loyang yang telah dilapisi dengan plastik makanan. Ratakan adonan dengan spatula hingga membentuk lapisan tipis dan lebar.

6. Bekukan di Freezer

Setelah adonan terpadatkan dengan rata, masukkan loyang ke dalam freezer selama 4-5 jam atau hingga es kering beku dengan sempurna.

7. Gulung Es Kering

Jika es kering telah beku dengan sempurna, keluarkan loyang dari freezer dan gulung es kering menggunakan spatula khusus. Gulung perlahan hingga membentuk gulungan yang cantik dan menarik. Setelah itu, potong es kering menjadi beberapa bagian dan sajikan dalam mangkuk atau gelas.

Frequently Asked Questions (FAQ)

Q: Apakah es kering sama dengan es krim?

A: Tidak sama. Es kering atau ice cream roll dibuat dengan cara mengaduk campuran susu segar dan topping di atas permukaan loyang beku dan kemudian digulung dan dipotong menjadi beberapa bagian. Sedangkan es krim dibuat dengan cara memasak campuran susu, gula, dan telur di atas kompor dan kemudian dibekukan.

Q: Bisakah saya menggunakan susu kental manis?

A: Bisa. Namun, rasa dan tekstur dari es kering akan berbeda dengan menggunakan susu segar. Jika kamu ingin mendapatkan hasil yang terbaik, disarankan untuk menggunakan susu segar.

TRENDING 🔥  Tata Cara Mendapatkan Hak Paten Sederhana dan Biasa

Q: Berapa lama es kering bisa bertahan di dalam freezer?

A: Es kering bisa bertahan di dalam freezer selama 1-2 minggu tergantung dari cara penyimpanan dan suhu freezer yang kamu gunakan.

Q: Apakah es kering lebih sehat daripada es krim?

A: Tergantung dari bahan-bahan yang digunakan. Namun, umumnya es kering mengandung lebih sedikit lemak dan kalori daripada es krim.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat es kering sederhana yang bisa dicoba di rumah. Es kering membuat waktu santai bersama keluarga menjadi lebih menyenangkan. Jangan lupa untuk menambahkan berbagai macam topping agar es kering kamu semakin lezat dan menarik.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Es Kering Sederhana