Cara Membuat Engsel Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat engsel sederhana yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan seperti pintu, jendela, dan lain sebagainya. Engsel merupakan bagian penting dari sebuah konstruksi dan keberadaannya sangat dibutuhkan agar pintu atau jendela bisa berfungsi dengan baik.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat engsel, ada beberapa alat dan bahan yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. Berikut ini daftar alat dan bahan yang diperlukan:

Alat
Bahan
Gerinda
Plat besi
Bor
Baut dan mur
Pisau potong
Paku
Alat pengukur
Gembok

Setelah semua alat dan bahan tersedia, kita bisa langsung memulai membuat engsel sederhana. Yuk, kita simak langkah-langkah selanjutnya!

2. Potong Plat Besi Sesuai Ukuran

Langkah pertama adalah memotong plat besi sesuai dengan ukuran yang kamu inginkan. Jangan lupa untuk menggunakan alat pengukur agar hasil potongan lebih presisi. Setelah itu, dilanjutkan dengan membentuk plat besi menjadi dua bagian dengan sudut 90 derajat.

3. Buat Lubang pada Bagian Plat Besi yang Dibentuk

Dalam pembuatan engsel, lubang adalah bagian yang sangat penting. Oleh karena itu, langkah selanjutnya adalah membuat lubang pada bagian plat besi yang sudah dibentuk tadi. Gunakan bor untuk membuat lubang, dan pastikan lubang yang dibuat sejajar agar engsel bisa berfungsi dengan baik.

4. Pasang Baut dan Mur pada Lubang yang Dibuat

Selanjutnya adalah memasang baut dan mur pada lubang yang sudah dibuat sebelumnya. Pastikan baut dan mur yang digunakan sudah pas agar engsel bisa berputar dengan baik. Jangan lupa untuk menggunakan kunci pas untuk memastikan baut dan mur tidak kendur.

TRENDING 🔥  Cara Buat Perangkap Biawak Sederhana

5. Uji Coba Engsel yang Telah Dibuat

Setelah seluruh tahap sudah dilakukan, langkah terakhir adalah menguji coba engsel yang sudah dibuat. Pasang engsel pada pintu atau jendela yang ingin kamu buat dan coba putar. Pastikan engsel berputar dengan baik dan tidak ada bagian yang mengalami gesekan atau hambatan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah engsel sederhana cukup kuat digunakan pada pintu atau jendela yang berat?

Engsel sederhana sebenarnya cukup kuat digunakan pada pintu atau jendela yang berat asalkan ukuran plat besi dan baut yang digunakan sudah disesuaikan dengan beban yang akan ditopang. Jika ingin membuat engsel untuk pintu atau jendela yang berat, sebaiknya menggunakan plat besi dan baut yang lebih besar.

2. Apakah engsel sederhana bisa digunakan untuk pintu yang sering dibuka tutup?

Engsel sederhana bisa digunakan untuk pintu yang sering dibuka tutup, namun pastikan plat besi dan baut yang digunakan kuat dan tahan lama agar tidak cepat rusak.

3. Bagaimana cara membersihkan engsel yang sudah terpasang?

Cara membersihkan engsel yang sudah terpasang cukup mudah. Kamu bisa membersihkan engsel dengan menggunakan lap kain yang sudah dibasahi dengan air sabun. Pastikan engsel sudah kering sebelum dipasang kembali pada pintu atau jendela.

Penutup

Itulah cara membuat engsel sederhana yang bisa kamu gunakan untuk berbagai keperluan. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu kamu dalam membuat engsel sendiri di rumah. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Engsel Sederhana