Cara Membuat Drone Sederhana Murah untuk Sobat Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Apakah kamu pernah melihat drone yang terbang di udara secara otomatis, atau bahkan terkontrol melalui remote control? Ternyata, membuat drone sederhana murah bisa dilakukan sendiri loh! Bagaimana caranya? Yuk, simak artikel ini sampai habis.

Apa Itu Drone?

Sebelum kita membahas cara membuat drone sederhana murah, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu drone. Drone atau lebih dikenal dengan Unmanned Aerial Vehicle (UAV) adalah pesawat terbang tanpa awak. Drone ini dapat dikendalikan melalui remote control atau sistem yang sudah diprogram sebelumnya.

Drone memiliki beragam kegunaan, mulai dari kepentingan militer, survei, pemetaan, hingga hobi fotografi udara. Namun, drone yang dijual di pasaran memiliki harga yang cukup mahal. Oleh karena itu, membuat drone sederhana murah bisa menjadi alternatif yang lebih hemat biaya.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat drone sederhana murah, Sobat Sederhana membutuhkan beberapa alat dan bahan yang mudah ditemukan di toko-toko elektronik atau online store, diantaranya:

Alat
Bahan
Solder
Frame drone
Tang potong
Motor
Obeng
ESC (Electronic Speed Controller)
Gunting kabel
Baterai
Kabel jumper
Propeller
Breadboard
Remote control

Langkah-Langkah Membuat Drone Sederhana Murah

1. Membuat Frame Drone

Frame drone menjadi bagian yang paling penting karena akan menentukan ukuran dan bentuk drone. Sobat Sederhana bisa membuat frame drone sendiri menggunakan bahan aluminium atau plastik. Namun, jika Sobat Sederhana ingin lebih praktis, bisa membeli frame drone yang sudah jadi di toko-toko elektronik dengan harga yang terjangkau.

2. Memasang Motor dan ESC

Setelah frame drone selesai dibuat, selanjutnya pasang motor dan ESC pada bagian atas frame. Motor dan ESC ini berfungsi sebagai sumber tenaga drone agar bisa terbang. Pada umumnya, drone membutuhkan empat buah motor dan ESC.

TRENDING 🔥  Cara Regresi Sederhana Eviews

3. Memasang Propeller

Setelah motor dan ESC terpasang, selanjutnya pasang propeller pada bagian atas motor dengan cara melilitkan propeller pada bagian motor yang telah disediakan. Pastikan posisi propeller sudah benar untuk menghindari kerusakan pada drone.

4. Memasang Baterai

Setelah semua komponen terpasang, langkah berikutnya adalah memasang baterai pada drone. Baterai ini akan menjadi sumber daya listrik untuk drone agar bisa terbang. Pilih baterai yang sesuai dengan kapasitas motor dan ESC yang telah dipasang sebelumnya.

5. Memasang Remote Control

Setelah semua komponen terpasang, langkah terakhir adalah memasang remote control pada drone. Remote control ini digunakan untuk mengendalikan drone agar bisa terbang dan bergerak sesuai dengan keinginan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa biaya untuk membuat drone sederhana murah?

Biaya untuk membuat drone sederhana murah tergantung dari jenis dan kualitas komponen yang Sobat Sederhana beli. Namun, secara rata-rata, biaya untuk membuat drone sederhana murah berkisar antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta.

2. Apakah membuat drone sederhana murah sulit?

Tidak sulit kok, Sobat Sederhana! Dengan panduan yang tepat, membuat drone sederhana murah bisa dilakukan oleh siapa saja, bahkan oleh pemula sekalipun.

3. Apa saja yang harus diperhatikan saat membuat drone sederhana murah?

Beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat drone sederhana murah, diantaranya:

  • Pilih komponen yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan
  • Perhatikan ukuran dan bentuk frame drone agar sesuai dengan keinginan
  • Pastikan posisi propeller sudah benar agar drone tidak rusak
  • Pilih baterai yang sesuai dengan kapasitas motor dan ESC yang telah dipasang sebelumnya

Kesimpulan

Jadi, membuat drone sederhana murah bukanlah hal yang sulit, Sobat Sederhana. Dengan alat dan bahan yang tepat, serta panduan yang jelas, Sobat Sederhana bisa membuat drone sederhana murah sendiri untuk keperluan hobi atau bahkan untuk bisnis. Selamat mencoba dan jangan lupa berbagi pengalaman dalam membuat drone sederhana murah ya, Sobat Sederhana!

TRENDING 🔥  Cara Buat Teman Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Drone Sederhana Murah untuk Sobat Sederhana