Cara Membuat Donat Singkong Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat donat singkong sederhana yang bisa kalian coba di rumah. Donat singkong adalah salah satu camilan yang sangat disukai oleh banyak orang karena rasanya yang lezat dan teksturnya yang empuk. Nah, kali ini kita akan berbagi resep donat singkong yang sangat mudah dan praktis.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat donat singkong, berikut adalah beberapa bahan yang harus disiapkan:

Bahan
Jumlah
Singkong yang sudah dikukus dan dihaluskan
250 gram
Tepung terigu
100 gram
Gula pasir
50 gram
Ragi instan
1 sendok teh
Minyak goreng
Secukupnya
Telur ayam
1 butir

Cara Membuat Donat Singkong

Langkah 1: Membuat Adonan

Pertama-tama, campurkan singkong halus, tepung terigu, gula pasir, dan ragi instan dalam sebuah wadah. Aduk rata sampai semua bahan tercampur merata. Kemudian, tambahkan telur ayam dan uleni adonan sampai kalis dan tidak lengket di tangan.

Langkah 2: Mengistirahatkan Adonan

Setelah adonan kalis dan tidak lengket di tangan, tutup adonan dengan kain bersih dan diamkan selama kurang lebih 30 menit. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu bagi adonan untuk mengembang dan menghasilkan donat yang lebih empuk.

Langkah 3: Membentuk Donat

Setelah adonan mengembang, ambil sedikit adonan dan bentuk sesuai dengan selera, bisa bulat atau berbentuk cincin. Setelah itu, diamkan kembali selama kurang lebih 10 menit.

Langkah 4: Menggoreng Donat

Panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak panas, goreng donat yang sudah dibentuk tadi sampai matang dan berwarna kecoklatan. Angkat dan tiriskan minyak yang berlebihan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah donat singkong bisa disimpan?

Tentu saja, donat singkong bisa disimpan di dalam wadah tertutup rapat dan disimpan di dalam kulkas. Donat bisa bertahan selama kurang lebih 2-3 hari.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membersihkan Kacamata

2. Apakah bisa menggunakan tepung terigu protein rendah?

Bisa, tapi hasilnya mungkin tidak akan sebaik jika menggunakan tepung terigu protein sedang atau tinggi. Jadi sebaiknya gunakan tepung terigu protein sedang atau tinggi.

3. Apa yang harus dilakukan jika adonan lengket di tangan?

Tambahkan sedikit tepung terigu sampai adonan tidak lengket di tangan.

4. Apakah bisa menukar gula pasir dengan gula kelapa?

Bisa, tapi rasanya mungkin akan sedikit berbeda karena gula kelapa memiliki aroma yang khas. Jadi tergantung selera masing-masing.

Kesimpulan

Begitulah cara membuat donat singkong sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan tahap-tahapnya agar hasilnya sempurna. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Donat Singkong Sederhana