Cara Membuat Donat Sederhana yang Empuk

Hello, Sobat Sederhana! Apa kabar hari ini? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat donat sederhana yang empuk. Siapa yang tidak suka donat, bukan? Praktis dan enak dimakan kapan saja. Bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat donat sendiri di rumah, yuk simak cara membuatnya di bawah ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan donat, pastikan Sobat Sederhana telah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disediakan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
500 gram
Gula pasir
100 gram
Ragi instan
1 sachet
Garam
1 sendok teh
Telur
2 butir
Susu cair
200 ml
Mentega
100 gram
Minyak goreng
secukupnya
Gula halus
secukupnya

Langkah Pembuatan

Setelah menyiapkan semua bahan-bahan, maka langkah selanjutnya adalah memulai proses pembuatan donat. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Campurkan Bahan Kering

Pertama-tama, masukkan tepung terigu, gula pasir, ragi instan, dan garam ke dalam wadah yang cukup besar. Aduk hingga tercampur rata.

2. Tambahkan Bahan Cair

Selanjutnya, masukkan telur dan susu cair ke dalam campuran bahan kering tadi. Aduk hingga tercampur rata. Kemudian, tambahkan mentega yang telah dilelehkan. Aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata dan membentuk adonan yang lembut dan elastis.

3. Diamkan Adonan

Tutup adonan dengan kain bersih atau plastik wrap dan diamkan selama kurang lebih 1 jam hingga adonan mengembang dan mengalami fermentasi. Pastikan tempat yang digunakan untuk mengistirahatkan adonan tidak terkena angin atau AC.

4. Bentuk Adonan

Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan dengan menggunakan tangan. Kemudian, mulailah membentuk adonan menjadi bulatan kecil-kecil dengan cara memotong adonan menjadi beberapa bagian dan membentuknya dengan tangan.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menyuling Bunga Kenanga

5. Goreng Donat

Panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan donat ke dalam minyak. Gorenglah donat hingga berwarna keemasan dari kedua sisi. Setelah matang, angkat donat dan tiriskan.

6. Taburi Gula Halus

Setelah donat dingin, taburkan gula halus di atas donat. Donat sederhana yang empuk siap disajikan.

FAQ

1. Apakah donat menggunakan ragi instan?

Ya, donat menggunakan ragi instan sebagai bahan pengembang.

2. Bisakah mengganti mentega dengan margarin?

Bisa, namun rasanya mungkin sedikit berbeda. Mentega dapat memberikan rasa yang lebih gurih pada adonan.

3. Berapa lama adonan harus diistirahatkan?

Adonan harus diistirahatkan selama kurang lebih 1 jam hingga mengalami fermentasi

4. Apakah donat harus digoreng dengan minyak goreng?

Ya, donat harus digoreng dengan minyak goreng untuk mendapatkan rasa yang empuk dan kriuk.

Kesimpulan

Sekian cara membuat donat sederhana yang empuk. Jangan lupa untuk menyiapkan semua bahan dengan baik dan benar sebelum memulai proses pembuatan donat. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, dijamin donat buatan Sobat Sederhana akan empuk dan enak. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Donat Sederhana yang Empuk