Cara Membuat Donat Sederhana Tanpa Mixer

Halo Sobat Sederhana! Donat merupakan salah satu jenis pastry yang sangat populer di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. Rasanya yang lezat dan gurih membuat donat menjadi camilan favorit bagi banyak orang. Namun, untuk membuat donat yang enak dan sempurna, Anda tidak selalu membutuhkan mixer. Dalam artikel ini, akan dijelaskan cara membuat donat sederhana tanpa mixer.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Untuk membuat donat sederhana tanpa mixer, Anda membutuhkan beberapa bahan sebagai berikut:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
300 gram
Ragi instant
1 sendok teh
Gula pasir
50 gram
Garam
1/2 sendok teh
Susu cair
150 ml
Telur
2 butir
Margarin
50 gram
Minyak goreng
secukupnya
Gula halus
secukupnya

Cara Membuat Donat Sederhana Tanpa Mixer

Langkah 1: Mencampurkan Bahan Kering

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, ragi instant, gula pasir, dan garam dalam wadah yang besar. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

Langkah 2: Menambahkan Bahan Basah

Selanjutnya, tambahkan susu cair dan telur ke dalam adonan tepung terigu. Aduk rata hingga adonan tercampur dengan baik. Anda dapat menggunakan sendok kayu atau spatula untuk mengaduk adonan.

Langkah 3: Menguleni Adonan

Setelah semua bahan tercampur dengan baik, tambahkan margarin ke dalam adonan. Uleni adonan dengan tangan hingga kalis dan tidak lengket. Jika adonan terlalu lengket, tambahkan sedikit tepung terigu.

Langkah 4: Membentuk Donat

Setelah adonan kalis, bulatkan adonan dan diamkan selama 30 menit hingga adonan mengembang. Setelah itu, pipihkan adonan dengan menggunakan rolling pin atau botol kaca. Gunakan cetakan donat atau gelas kecil untuk membentuk adonan menjadi bentuk donat.

Langkah 5: Menggoreng Donat

Setelah donat terbentuk, panaskan minyak goreng dalam wajan. Goreng donat hingga keemasan, lalu angkat dan tiriskan. Setelah donat dingin, taburi dengan gula halus di atasnya.

TRENDING 🔥  Cara Menyederhanakan Kuadrat: Tips dan Trik untuk Sobat Sederhana

FAQ

1. Apakah bisa membuat donat sederhana tanpa mixer?

Tentu saja bisa! Dalam artikel ini, dijelaskan cara membuat donat sederhana tanpa mixer yang mudah dan praktis.

2. Apakah ragi instant bisa diganti dengan ragi biasa?

Tentu saja bisa, namun Anda perlu menambahkan sedikit gula pasir dan air hangat ke dalam ragi biasa untuk mengaktifkannya terlebih dahulu.

3. Mengapa harus mengembangkan adonan selama 30 menit?

Proses pengembangan adonan berguna untuk membuat donat menjadi lebih mengembang dan lembut.

Kesimpulan

Selamat, Sobat Sederhana! Kini Anda telah berhasil membuat donat sederhana tanpa mixer yang enak dan lezat. Ingatlah untuk mengikuti langkah-langkah dengan benar dan teliti agar donat yang dihasilkan sempurna. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Donat Sederhana Tanpa Mixer