Cara Membuat Donat Sederhana Tanpa Kentang

Selamat datang Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka donat? Kue donat adalah kue yang populer di seluruh dunia karena rasanya yang manis dan lembut. Ada banyak jenis donat yang dapat kita temukan di toko-toko kue, tetapi harga mereka biasanya mahal. Tidak perlu khawatir! Di artikel ini, kami akan memberikan cara membuat donat sederhana tanpa kentang yang dapat Anda coba di rumah. Ayo mulai!

Bahan-Bahan:

Sebelum memulai proses pembuatan donat, pastikan bahwa Anda memiliki semua bahan yang diperlukan:

250 gram tepung terigu
1 butir telur
1 sendok teh ragi
50 gram gula pasir
1/4 sendok teh garam
2 sendok makan margarin (lelehkan)
150 ml susu cair
Minyak untuk menggoreng
Gula halus untuk taburan

Langkah-Langkah:

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat donat sederhana tanpa kentang:

Langkah 1: Mengaduk Bahan Kering

Pertama-tama, siapkan mangkuk besar dan saring tepung terigu, gula pasir, dan garam. Setelah itu, aduk semua bahan kering tersebut hingga tercampur rata.

Langkah 2: Menyiapkan Adonan

Dalam mangkuk kecil, campurkan susu cair, telur, dan margarin yang sudah dilelehkan. Aduk hingga merata. Setelah itu, tuangkan campuran bahan kering ke dalam campuran susu cair sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan tercampur rata.

Langkah 3: Membuat Adonan Mengembang

Cover adonan dengan kain bersih dan letakkan di tempat hangat yang terhindar dari angin selama 1 jam agar adonan mengembang dua kali lipat.

Langkah 4: Membentuk Donat

Setelah adonan mengembang, taburi meja kerja dengan sedikit tepung terigu. Tuang adonan ke atas meja tersebut dan tekan-tekan adonan agar gelembungnya hilang. Setelah itu, gilas adonan hingga ketebalannya mencapai 1 cm. Gunakan cetakan donat untuk membentuk donat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Rolade Asam Manis Sederhana

Langkah 5: Menggoreng Donat

Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Goreng donat hingga terlihat keemasan di kedua sisinya. Setelah itu, angkat donat dan tiriskan minyaknya di atas kertas tisu.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1) Apakah saya harus menggunakan kentang saat membuat donat?

Tidak. Resep ini menggunakan bahan-bahan yang lebih sederhana tanpa menggunakan kentang. Hasilnya tetap lembut dan enak!

2) Bisakah saya menggunakan mentega sebagai pengganti margarin?

Tentu saja! Anda bisa menggunakan mentega sebagai pengganti margarin. Namun, pastikan bahwa mentega sudah dilelehkan terlebih dahulu sebelum dicampurkan ke dalam adonan donat.

3) Apa saja bahan pengganti ragi?

Jika Anda tidak memiliki ragi, Anda bisa menggunakan soda kue sebagai pengganti. Namun, pastikan untuk mengurangi jumlah susu karena soda kue dapat membuat adonan jadi lebih cair.

Kesimpulan

Sekarang sobat sederhana sudah tahu bagaimana cara membuat donat sederhana tanpa kentang. Cobalah buat di rumah dan nikmati donat homemade yang lezat! Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Donat Sederhana Tanpa Kentang