Cara Membuat Donat Sederhana dan Empuk

Halo Sobat Sederhana, siapa yang tidak menyukai donat? Kue yang satu ini memang memiliki rasa yang manis, lembut dan sangat enak. Nah, kali ini kita akan berbagi bagaimana cara membuat donat yang sederhana dan empuk.

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat donat, pastikan terlebih dahulu semua bahan sudah tersedia dan siap digunakan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
50 gram
Ragi
1 ½ sdt
Putih telur
2 butir
Yoghurt plain
2 sdm
Garam
¼ sdt
Susu cair
75 ml
Mentega
50 gram
Minyak goreng
secukupnya
Gula halus untuk taburan
secukupnya

Cara Membuat

1. Siapkan Bahan dan Alat

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan seperti yang sudah dijelaskan di atas dan alat seperti loyang bulat dengan diameter 6-8cm, wadah, wisk, dan sendok. Pastikan semua alat dan bahan yang digunakan dalam kondisi bersih dan kering.

2. Campurkan Bahan Kering

Setelah semua bahan siap, campurkan terlebih dahulu bahan kering seperti tepung terigu, gula pasir, ragi, dan garam dalam wadah yang sudah disiapkan. Aduk rata dan sisihkan.

3. Campurkan Bahan Basah

Selanjutnya, campurkan bahan basah seperti putih telur, yoghurt, dan susu cair dalam wadah yang berbeda. Aduk rata dan sisihkan.

4. Campurkan Bahan Kering dan Bahan Basah

Setelah itu, campurkan bahan kering dan bahan basah secara bertahap sambil terus diaduk dengan wisk hingga adonan benar-benar tercampur rata. Tambahkan mentega cair sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga tercampur rata.

5. Diamkan Adonan

Jika adonan sudah tercampur rata, diamkan adonan selama 30 menit hingga mengembang dua kali lipat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Periskop dari Alat Optik Sederhana

6. Bentuk Donat

Setelah adonan mengembang, ambil adonan secukupnya dan bentuk bulat seperti bola. Kemudian, lubangi tengahnya dengan jari atau alat khusus untuk membuat donat. Taruh donat dalam loyang yang sudah diberi sedikit minyak goreng agar tidak menempel.

7. Biarkan Donat Kembali Mengembang

Setelah selesai dibentuk, biarkan donat kembali mengembang selama kurang lebih 30 menit hingga mengembang lagi.

8. Goreng Donat

Setelah mengembang, goreng donat dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan dengan api kecil hingga kecoklatan. Balik donat agar matang merata di kedua sisinya. Angkat dan tiriskan.

9. Taburi Gula Halus

Setelah donat sudah matang dan dingin, taburi donat dengan gula halus sesuai selera.

FAQ

1. Apa yang salah jika donat menjadi keras?

Donat dapat menjadi keras jika adonan terlalu sedikit atau terlalu lama digoreng. Pastikan adonan mengembang dengan baik dan goreng dengan api kecil hingga matang merata di kedua sisinya.

2. Bisakah menggunakan ragi instan?

Tentu saja, Anda bisa menggunakan ragi instan untuk membuat donat ini. Pastikan untuk mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan ragi instan dan sesuaikan takarannya dengan resep.

3. Apakah harus menggunakan yoghurt plain?

Yoghurt plain dapat memberikan rasa yang lebih lembut pada donat. Namun, jika Anda tidak memiliki yoghurt plain, Anda bisa menggantinya dengan yogurt rasa lain atau dengan susu cair biasa.

4. Bisakah menggunakan mentega margarin?

Bisa, namun disarankan untuk menggunakan mentega asli agar donat memiliki rasa yang lebih enak.

5. Apakah donat bisa disimpan dalam freezer?

Donat bisa disimpan dalam freezer selama beberapa minggu. Pastikan untuk membungkusnya dengan baik agar tidak terkena uap yang bisa membuat donat menjadi lembab.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Vertical Garden Sederhana Model Frame

Kesimpulan

Itulah cara mudah dan sederhana untuk membuat donat empuk. Dengan mengikuti resep di atas, Anda bisa membuat donat dengan mudah dan enak. Jangan lupa untuk memperhatikan setiap tahapan dalam proses pembuatan. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Donat Sederhana dan Empuk