Cara Membuat Donat Mini Sederhana

Hello, Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan donat? Ya, kue berbentuk cincin ini memang sangat digemari oleh banyak orang, terutama anak-anak. Nah, kali ini kita akan belajar tentang cara membuat donat mini sederhana yang bisa kamu coba buat di rumah. Yuk, simak selengkapnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat donat mini sederhana, tentunya kita harus menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu kamu siapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
200 gram
Gula pasir
50 gram
Ragi instan
1 sendok teh
Telur
1 butir
Susu cair
50 ml
Margarin
50 gram
Garam
1/4 sendok teh
Minyak goreng
secukupnya

Nah, setelah semua bahan tersedia, kita bisa langsung memulai membuat donat mini sederhana.

Langkah Membuat Donat Mini Sederhana

1. Campurkan Semua Bahan

Pertama-tama, campurkan semua bahan (kecuali minyak goreng) ke dalam wadah. Aduk rata menggunakan mixer atau tangan hingga adonan tercampur sempurna dan kalis.

2. Diamkan Adonan

Setelah adonan tercampur sempurna, diamkan selama kurang lebih 30 menit hingga adonan mengembang dan lebih elastis.

3. Bentuk Adonan

Setelah 30 menit, ambil adonan dan bentuk sesuai dengan selera kamu. Kamu juga bisa menggunakan cetakan donat agar lebih rapi dan simetris.

4. Goreng Donat

Setelah adonan dibentuk, goreng donat di dalam minyak goreng yang sudah dipanaskan dengan api sedang. Bolak-balik donat hingga matang merata dan berwarna kecoklatan.

5. Tiriskan dan Hiasi

Setelah donat matang, tiriskan menggunakan saringan atau tisu dapur untuk menghilangkan minyak yang berlebih. Selanjutnya, hiasi donat dengan gula halus, cokelat leleh, atau topping lainnya sesuai dengan selera kamu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bubuk Mesiu Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa yang Harus Dilakukan Jika Adonan Tidak Mau Mengembang?

Jika adonan tidak mengembang setelah 30 menit, kemungkinan ada kesalahan dalam pemakaian ragi atau suhu lingkungan yang tidak cocok. Coba perhatikan kembali cara memakai ragi instan dan pastikan suhu ruangan cukup hangat agar ragi bisa bekerja dengan baik.

2. Bisakah Donat Mini Sederhana Ini Dibuat Tanpa Telur?

Tentu saja, kamu bisa mengganti telur dengan bahan pengganti telur yang biasanya digunakan dalam masakan vegan seperti silken tofu atau chia seed.

3. Apa Bedanya Donat Mini Sederhana dengan Donat Biasa?

Donat mini sederhana memiliki ukuran yang lebih kecil dan membuatnya lebih praktis untuk disantap. Selain itu, proses pembuatannya juga lebih mudah dan tidak membutuhkan peralatan khusus.

Penutup

Itulah dia cara membuat donat mini sederhana yang bisa kamu coba buat di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat donat yang enak dan lezat untuk disantap bersama keluarga atau teman. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Donat Mini Sederhana