Cara Membuat Dispenser Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Jika kamu sedang mencari cara membuat dispenser sederhana, maka kamu sudah berada di artikel yang tepat. Di dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara membuat dispenser sederhana dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan dan dengan harga yang terjangkau.

Materials yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat dispenser sederhana, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa bahan yang wajib kamu siapkan:

Bahan
Jumlah
Gallon air minum
1 buah
Pipa PVC
1 meter
Selang
1 meter
Kran dispenser
1 buah
Perekat PVC
1 buah
Stop kontak
1 buah
Sekrup
5 buah
Kawat
1 meter
Penjepit kawat
6 buah

Pastikan kamu memiliki semua bahan yang dibutuhkan sebelum memulai membuat dispenser sederhana. Jika tidak, kamu bisa membelinya di toko bangunan terdekat atau di toko online.

Langkah-langkah Membuat Dispenser Sederhana

1. Potong pipa PVC dan selang

Pertama-tama, potong pipa PVC dan selang menjadi beberapa bagian dengan ukuran sebagai berikut:

  • Pipa PVC: 1 bagian dengan ukuran 30 cm, 2 bagian dengan ukuran 20 cm, dan 2 bagian dengan ukuran 10 cm.
  • Selang: 1 bagian dengan ukuran 50 cm.

2. Pasang pipa PVC dan kran dispenser

Setelah semua pipa PVC dan selang dipotong, pasang kran dispenser pada pipa PVC yang berukuran 30 cm dengan menggunakan perekat PVC. Kemudian, pasang pipa PVC yang berukuran 20 cm pada bagian atas kran dispenser dan pipa PVC yang berukuran 10 cm pada bagian bawah kran dispenser.

3. Pasang stop kontak

Setelah pipa PVC dan kran dispenser terpasang dengan rapi, pasang stop kontak pada bagian bawah pipa PVC yang berukuran 30 cm. Kamu bisa menggunakan sekrup untuk memasang stop kontak agar lebih kokoh.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Penangkap Sinyal Wifi Jarak Jauh Sederhana

4. Buat tempat gallon

Untuk membuat tempat gallon, siapkan kawat dan penjepit kawat. Bentuk kawat menjadi lingkaran dengan diameter sebesar gallon air minum. Kemudian, pasang penjepit kawat pada kawat lingkaran tersebut.

5. Pasang tempat gallon

Setelah tempat gallon selesai dibuat, pasang tempat gallon tersebut pada pipa PVC yang berukuran 20 cm yang berada di atas kran dispenser.

6. Pasang selang

Pasang selang pada kran dispenser dan tempat gallon. Pastikan selang terpasang dengan kokoh untuk menghindari kebocoran air.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah dispenser sederhana ini bisa menyaring air?

Tidak, dispenser sederhana ini hanya berfungsi sebagai penyedia air minum yang mudah diambil.

2. Berapa harga total untuk membuat dispenser sederhana ini?

Harga total untuk membuat dispenser sederhana ini berkisar antara Rp 50.000,- hingga Rp 100.000,- tergantung dengan harga bahan-bahan di daerah masing-masing.

3. Apakah bahan-bahan untuk membuat dispenser sederhana ini sulit didapatkan?

Tidak, bahan-bahan untuk membuat dispenser sederhana ini mudah didapatkan di toko bangunan terdekat atau di toko online.

4. Apakah dispenser sederhana ini aman digunakan untuk anak-anak?

Iya, dispenser sederhana ini aman digunakan untuk anak-anak dengan pengawasan orang dewasa.

5. Bagaimana cara membersihkan dispenser sederhana ini?

Cara membersihkan dispenser sederhana ini cukup dengan membersihkan permukaan pipa PVC dan selang dengan menggunakan lap basah dan sabun. Untuk bagian dalam dispenser, kamu bisa membersihkannya dengan cara memasukkan air panas ke dalam dispenser dan membiarkannya selama beberapa menit sebelum dibuang.

Kesimpulan

Demikianlah panduan lengkap tentang cara membuat dispenser sederhana. Dengan mengikuti panduan di atas, kamu dapat membuat dispenser sederhana dengan mudah dan dengan harga yang terjangkau. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan kebersihan dispenser sederhana ini untuk menjaga kesehatan keluarga. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Sandwich Daging Sederhana untuk Sobat Sederhana

Cara Membuat Dispenser Sederhana