Cara Membuat Daging Teriyaki Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kalian suka dengan masakan Jepang? Salah satu masakan Jepang yang populer di Indonesia adalah daging teriyaki. Daging teriyaki memiliki rasa manis dan gurih yang sangat lezat. Nah, kali ini kita akan belajar cara membuat daging teriyaki sederhana untuk kamu coba di rumah. Yuk simak tutorial lengkapnya!

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai memasak, pastikan semua bahan yang diperlukan telah siap. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

Bahan Utama
Bahan Tambahan
– 500 gram daging sapi has dalam
– 2 sendok makan minyak goreng
– 2 siung bawang putih, cincang halus
– 1 sendok makan tepung maizena
– 3 sendok makan kecap manis
– 1 sendok makan gula pasir
– 2 sendok makan saus teriyaki
– 1 sendok teh garam
– 1 sendok makan mirin
– ½ sendok teh merica bubuk
– 100 ml air matang
– Daun bawang iris untuk taburan

Langkah-Langkah Memasak

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat daging teriyaki sederhana:

Langkah 1: Memotong Daging

Pertama-tama, potong daging sapi yang telah dibeli sesuai dengan selera Anda. Anda dapat memilih untuk memotong daging menjadi potongan kecil atau besar.

Langkah 2: Membuat Saus Teriyaki

Selanjutnya, buatlah saus teriyaki dengan mencampurkan kecap manis, saus teriyaki, mirin, dan gula pasir dalam satu wadah. Aduk semua bahan hingga tercampur rata.

Langkah 3: Memasak Daging

Setelah itu, panaskan minyak goreng dalam wajan dengan api sedang. Tambahkan bawang putih cincang, lalu tumis hingga harum. Setelah itu, tambahkan potongan daging sapi. Aduk-aduk hingga daging berubah warna.

Langkah 4: Menambahkan Bahan Tambahan

Setelah daging sapi berubah warna, tambahkan saus teriyaki yang sudah dibuat sebelumnya. Aduk-aduk hingga daging terbalut oleh saus. Setelah itu, tambahkan air matang, garam, dan merica bubuk. Aduk-aduk kembali hingga semua bahan tercampur rata.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pesawat Sederhana yang Bisa Terbang

Langkah 5: Menambahkan Tepung Maizena

Setelah bahan-bahan tercampur rata, tambahkan tepung maizena yang sudah dilarutkan dalam sedikit air. Aduk-aduk hingga saus mengental dan daging terbalut oleh saus dengan merata.

Langkah 6: Menyajikan Daging Teriyaki

Sajikan daging teriyaki dalam piring saji. Taburi daun bawang iris di atas daging teriyaki untuk menambahkan cita rasa dan tampilan yang lebih menarik. Daging teriyaki siap disajikan!

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisa ga diganti daging sapi dengan daging ayam?

Tentu saja bisa. Sobat Sederhana dapat mengganti daging sapi dengan daging ayam jika tidak suka dengan daging sapi. Namun, penggunaan daging ayam perlu disesuaikan dengan cara pengolahan yang tepat agar mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Apakah saus teriyaki sudah bisa dibeli di supermarket?

Ya, saus teriyaki sudah tersedia di supermarket atau toko-toko bahan makanan khusus di daerah Sobat Sederhana. Biasanya saus teriyaki dipasarkan dalam botol atau kemasan sachet kecil.

3. Apakah perlu memasukkan tepung maizena?

Tepung maizena diperlukan untuk membuat saus teriyaki menjadi kental dan daging terbalut oleh saus dengan merata. Jika Sobat Sederhana tidak menyukai saus terlalu kental, maka penggunaan tepung maizena dapat dikurangi atau dihilangkan.

Kesimpulan

Itulah tadi tutorial lengkap cara membuat daging teriyaki sederhana untuk Sobat Sederhana. Sobat Sederhana dapat mencoba resep ini di rumah dengan mudah dan cepat. Selain itu, Sobat Sederhana dapat mengganti bahan utama atau menambahkan bahan lain sesuai dengan selera masing-masing. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Daging Teriyaki Sederhana untuk Sobat Sederhana