Cara Membuat Dadar Gulung Pelangi Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Apakah Anda sedang mencari cara membuat dadar gulung pelangi sederhana yang enak dan mudah? Nah, Anda berada di tempat yang tepat! Di artikel ini, kami akan memandu Anda langkah demi langkah dalam membuat dadar gulung pelangi sederhana yang lezat.

Bahan-bahan

Sebelum kita mulai, pastikan Anda telah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah daftar bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
200 gram
Gula pasir
100 gram
telur
3 butir
Santan kental
200 ml
Pewarna makanan (merah, kuning, hijau, biru)
Sedikit saja
Garam
1/2 sendok teh
Margarin untuk olesan
Sedikit saja

Langkah-langkah

1. Siapkan Adonan Dasar

Pertama-tama, kita perlu membuat adonan dasar dadar gulung. Campurkan tepung terigu, gula pasir, telur, santan kental, dan garam dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan dan adonan menjadi halus.

2. Bagi Adonan Menjadi Empat Bagian

Selanjutnya, bagi adonan menjadi empat bagian yang sama besar. Anda dapat menggunakan timbangan untuk memastikan bahwa setiap bagian beratnya sama.

3. Tambahkan Pewarna Makanan

Tambahkan sedikit pewarna makanan ke dalam masing-masing bagian adonan. Gunakan warna merah, kuning, hijau, dan biru untuk membuat dadar gulung pelangi.

4. Aduk Adonan Hingga Warna Merata

Aduk adonan hingga warna pewarna makanan tercampur merata. Anda sebaiknya mengenakan sarung tangan agar pewarna makanan tidak mengotori tangan Anda.

5. Panaskan Wajan Anti Lengket

Panaskan wajan anti lengket dan olesi dengan margarin. Pastikan wajan sudah cukup panas sebelum Anda memasukkan adonan ke dalamnya.

6. Siapkan Sendok Sayur

Siapkan sendok sayur untuk mengambil adonan. Selalu bersihkan sendok sayur sebelum Anda ambil adonan baru. Hal ini akan memastikan bahwa warna adonan tetap cerah dan merata sepanjang dadar gulung.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Interface Sederhana Menggunakan HTML

7. Tuang Adonan ke dalam Wajan

Ambil satu sendok sayur adonan dan tuangkan ke dalam wajan. Ratakan adonan ke seluruh permukaan wajan untuk membuat dadar gulung yang tipis dan lebar.

8. Goreng Adonan Hingga Matang

Goreng dadar gulung hingga matang. Anda dapat mengecek kematangan dadar gulung dengan cara meraba permukaannya. Jika sudah matang, angkat dadar gulung dari wajan dan letakkan di piring.

9. Ulangi Langkah 5-8 Untuk Adonan Lainnya

Ulangi langkah 5-8 untuk ketiga adonan pewarna lainnya. Pastikan setiap dadar gulung telah matang sebelum Anda menggulungnya.

10. Dinginkan Dadar Gulung

Dinginkan dadar gulung selama beberapa menit sebelum Anda menggulungnya. Hal ini akan membuat dadar gulung lebih mudah untuk digulung dan tidak mudah patah.

11. Letakkan Dadar Gulung di atas Wadah

Letakkan dadar gulung di atas wadah agar mudah dalam proses penggulungan. Pastikan juga bahwa dadar gulung terletak rata di atas wadah.

12. Ambil Dadar Gulung yang Pertama

Ambil dadar gulung yang pertama dan letakkan di atas wadah. Pastikan sisi yang terwarnai menghadap ke atas.

13. Olesi dengan Selai

Olesi permukaan dadar gulung dengan selai. Anda dapat menggunakan selai buah pisang atau selai kacang, sesuai dengan selera Anda.

14. Gulung Dadar Gulung

Gulung dadar gulung dengan hati-hati hingga rapi. Pastikan isi selai terdistribusi merata di dalam dadar gulung. Anda dapat memperhatikan langkah ini di tabel di bawah:

No.
Langkah
Gambar
1
Ambil dadar gulung yang pertama dan letakkan di atas wadah.
2
Olesi permukaan dadar gulung dengan selai.
3
Gulung dadar gulung dengan hati-hati hingga rapi.

15. Ulangi Langkah 13-14 Untuk Dadar Gulung Lainnya

Ulangi langkah 13-14 untuk dadar gulung lainnya. Anda dapat memilih selai yang berbeda untuk setiap dadar gulung jika ingin variasi rasa yang berbeda.

TRENDING 🔥  Cara Buat Generator Sederhana Pakai Pemantik Api

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisa ga ya pakai tepung terigu protein rendah?

Bisa, tapi hasilnya mungkin akan berbeda dengan menggunakan tepung terigu protein tinggi. Tepung terigu protein tinggi lebih cocok untuk membuat adonan dadar gulung yang elastis dan tidak mudah patah.

2. Bagaimana cara membuat selai buah pisang?

Anda dapat membuat selai buah pisang dengan membaurkan pisang matang yang sudah dihaluskan dengan gula pasir dan air jeruk nipis. Masak bahan-bahan tersebut hingga selai mengental dan siap digunakan.

3. Bisakah dadar gulung pelangi disimpan di kulkas?

Bisa. Dadar gulung pelangi dapat disimpan di kulkas dalam wadah tertutup selama 1-2 hari.

4. Apa saja variasi selai yang dapat digunakan pada dadar gulung pelangi?

Anda dapat menggunakan selai kacang, selai cokelat, selai blueberry, selai stroberi, atau selai lain yang sesuai dengan selera Anda.

5. Bagaimana cara menggulung dadar gulung agar rapi?

Untuk menggulung dadar gulung agar rapi, pastikan Anda telah mengolesi selai dengan merata di seluruh permukaan dadar gulung. Kemudian, gulung dadar gulung secara perlahan dan rapi. Anda dapat membantu proses penggulungan dengan menggunakan spatula atau sendok sayur.

Kesimpulan

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang sedang mencari cara membuat dadar gulung pelangi sederhana yang enak dan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang kami berikan, Anda dapat membuat dadar gulung pelangi yang lezat dan cantik untuk disajikan pada keluarga atau teman-teman. Selamat mencoba dan jangan lupa untuk berbagi resep ini dengan yang lainnya. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Dadar Gulung Pelangi Sederhana