Cara Membuat Cupcake Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apakah kalian sedang mencari cara untuk membuat cupcake sederhana? Jangan khawatir, di artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap untuk membuat cupcake yang lezat dan mudah dibuat.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum masuk ke dalam tahapan pembuatan, pastikan kalian memiliki bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
200 gram
Gula pasir
150 gram
Telur ayam
2 butir
Margarin
100 gram
Baking powder
1 sendok teh
Vanili
1 sendok teh
Susu cair
100 ml

Pastikan kalian menimbang bahan-bahan dengan teliti untuk menghasilkan cupcakes yang sempurna.

Tahap Pertama: Mengocok Telur dan Gula

Langkah pertama untuk membuat cupcake adalah mengocok telur dan gula sampai tercampur rata. Kocok dengan kecepatan tinggi selama 3-5 menit atau sampai adonan menjadi putih dan mengembang.

Setelah itu, masukkan margarin yang telah dicairkan dan kocok lagi selama 2-3 menit sampai adonan benar-benar tercampur rata.

FAQ: Apakah Telur Harus Digunakan pada Suhu Ruang?

Tidak, tidak ada ketentuan khusus untuk suhu telur saat mengocoknya. Namun, pastikan telur tersebut berada pada suhu normal (tidak terlalu dingin atau terlalu panas) agar lebih mudah diaduk.

Tahap Kedua: Menambahkan Tepung dan Bahan Lainnya

Berikutnya, masukkan tepung terigu yang telah dicampur dengan baking powder dan vanili ke dalam adonan bergantian dengan susu cair. Aduk dengan spatula hingga tercampur rata dan membentuk adonan yang mengalir.

Setelah itu, tuangkan ke dalam loyang cupcakes yang telah dialasi dengan kertas cupcake dan panggang dalam oven selama 20-25 menit dengan suhu 180 derajat Celsius.

FAQ: Apakah Baking Powder Dapat Diganti dengan Soda Kue?

Tidak, karena baking powder dan soda kue memiliki perbedaan dalam kadar tingkat keasaman. Oleh karena itu, penggunaan bahan tersebut harus dikonsumsi dengan proporsi yang tepat untuk menghasilkan adonan yang sempurna.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Makanan Enak Sederhana

Tahap Ketiga: Memasak Frosting

Sementara cupcakes sedang dipanggang di dalam oven, kalian dapat mempersiapkan frosting sebagai topping cupcake. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Mascarpone cheese
100 gram
Gula halus
100 gram
Cokelat bubuk
1 sendok makan
Susu cair
50 ml

Untuk membuat frosting, campur semua bahan menjadi satu dan kocok dengan kecepatan tinggi selama 3-4 menit atau sampai adonan halus dan lembut.

Tahap Keempat: Menghias Cupcake

Jika cupcakes sudah matang, keluarkan dari oven dan biarkan dingin selama beberapa menit. Setelah itu, hias cupcakes dengan frosting menggunakan kertas semprot atau spatula. Tambahkan dekorasi sesuai dengan selera masing-masing.

FAQ: Apakah Frosting Dapat Diganti dengan Buttercream?

Ya, frosting dapat diganti dengan buttercream. Namun, pastikan kalian menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan dengan benar seperti mentega, gula halus, dan perasa sesuai selera.

Tahap Kelima: Menikmati Cupcake

Cupcakes sederhana siap dihidangkan! Nikmati cupcakes dengan teman dan keluarga dengan secangkir teh atau kopi.

FAQ: Apakah Cupcakes Ini Bisa Disimpan?

Ya, cupcakes dapat disimpan dalam wadah tertutup pada suhu ruangan atau di dalam lemari es selama 2-3 hari.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Cupcake Sederhana