Cara Membuat Cumi Balado Sederhana

Sobat Sederhana, siapa yang tidak suka dengan cumi balado? Pasti kebanyakan dari kita suka, kan? Cumi balado adalah salah satu masakan khas Indonesia yang sangat terkenal dan lezat. Masakan ini terbuat dari bahan cumi-cumi yang diolah dengan bumbu balado yang khas. Tidak hanya enak, cumi balado juga sangat mudah dibuat. Di artikel ini, saya akan memberikan tutorial cara membuat cumi balado sederhana yang pasti akan membuat Anda tergoda untuk mencobanya. Yuk, simak tutorial berikut ini!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat cumi balado, Sobat Sederhana membutuhkan bahan-bahan berikut:

1.
Cumi segar 500 gram
2.
Bawang merah 10 siung
3.
Bawang putih 7 siung
4.
Cabai merah besar 15 buah
5.
Tomat 3 buah
6.
Gula pasir 2 sendok makan
7.
Garam secukupnya
8.
Air secukupnya
9.
Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat Cumi Balado Sederhana

1. Membersihkan Cumi-Cumi

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus membersihkan cumi-cumi terlebih dahulu. Caranya, cuci cumi-cumi dengan air mengalir hingga bersih. Setelah itu, buang bagian dalam cumi-cumi dan potong-potong cumi-cumi menjadi ukuran yang diinginkan.

2. Membuat Bumbu Balado

Pertama-tama, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan untuk membuat bumbu balado. Caranya, cuci cumi-cumi dengan air mengalir hingga bersih. Setelah itu, buang bagian dalam cumi-cumi dan potong-potong cumi-cumi menjadi ukuran yang diinginkan.

Setelah semua bahan siap, Sobat Sederhana dapat mengolah bahan-bahan tersebut menjadi bumbu balado. Caranya, haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah besar dengan blender. Setelah itu, tumis bumbu halus tersebut dengan minyak goreng hingga harum.

Setelah itu, tambahkan potongan tomat, garam, dan gula pasir ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan masak hingga tomat layu.

TRENDING 🔥  Ayo Belajar RPP 3.11.Menerapkan Tata Cara Prosedur Pencatatan Keuangan Sederhana

3. Menggoreng Cumi-Cumi

Setelah bumbu balado selesai, Sobat Sederhana dapat menggoreng cumi-cumi. Caranya, panaskan minyak goreng di atas wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan potongan cumi-cumi dan goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.

4. Mengolah Cumi Balado

Setelah cumi-cumi selesai digoreng, tambahkan bumbu balado ke dalam wajan bersama cumi-cumi. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap ke dalam cumi-cumi.

5. Sajikan Cumi Balado

Setelah cumi balado selesai dimasak, Sobat Sederhana dapat menyajikannya dengan nasi hangat. Cumi balado siap dinikmati!

FAQ tentang Cumi Balado

Apa itu cumi balado?

Cumi balado adalah salah satu masakan khas Indonesia yang terbuat dari cumi-cumi yang diolah dengan bumbu balado yang khas.

Apa saja bahan yang dibutuhkan untuk membuat cumi balado?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat cumi balado antara lain cumi segar, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, tomat, gula pasir, garam, dan minyak goreng.

Bagaimana cara membersihkan cumi-cumi?

Cara membersihkan cumi-cumi adalah dengan mencuci cumi-cumi dengan air mengalir hingga bersih. Setelah itu, buang bagian dalam cumi-cumi dan potong-potong cumi-cumi menjadi ukuran yang diinginkan.

Bagaimana cara mengolah bumbu balado?

Cara mengolah bumbu balado adalah dengan haluskan bawang merah, bawang putih, dan cabai merah besar dengan blender. Setelah itu, tumis bumbu halus tersebut dengan minyak goreng hingga harum.

Bagaimana cara menggoreng cumi-cumi?

Cara menggoreng cumi-cumi adalah dengan panaskan minyak goreng di atas wajan dengan api sedang. Setelah minyak panas, masukkan potongan cumi-cumi dan goreng hingga matang dan berwarna kecoklatan.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Cumi Balado Sederhana