Cara Membuat Cucur Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Bagi pecinta kuliner, rasanya tidak lengkap jika tidak mencoba berbagai macam jajanan pasar. Salah satunya adalah cucur, jajanan yang terbuat dari adonan tepung dan gula yang digoreng dengan minyak panas. Berikut adalah cara membuat cucur sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan kamu memiliki bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat cucur sederhana ini:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
50 gram
Daun pandan
2 lembar
Sejumput garam
Air
200 ml
Minyak goreng

Pastikan semua bahan yang kamu gunakan dalam keadaan segar dan tidak kadaluarsa untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Langkah-langkah Membuat Cucur Sederhana

1. Campurkan Bahan Kering

Langkah pertama dalam membuat cucur sederhana adalah mencampurkan bahan kering seperti tepung terigu, gula pasir, sejumput garam, dan daun pandan yang sudah diiris tipis-tipis. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

2. Tambahkan Air

Setelah semua bahan kering tercampur rata, tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk secara bertahap. Aduk hingga adonan menjadi lembut dan tidak ada gumpalan.

3. Biarkan Adonan Istirahat

Setelah adonan tercampur rata, biarkan adonan istirahat selama kurang lebih 10-15 menit agar adonan mengembang sempurna dan memudahkan proses penggorengan.

4. Panaskan Minyak Goreng

Sambil menunggu adonan istirahat, panaskan minyak goreng di dalam wajan atau penggorengan. Pastikan minyak sudah cukup panas sebelum memulai proses menggoreng.

5. Goreng Adonan

Selanjutnya, ambil satu sendok sayur adonan cucur dan masukkan ke dalam minyak panas. Goreng adonan hingga berubah warna menjadi kecoklatan dan matang sempurna. Lakukan langkah yang sama hingga semua adonan habis.

TRENDING 🔥  Cara Buat Bubur Enak Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah cucur sederhana ini cocok untuk dijadikan jualan?

Tentu saja! Cucur sederhana ini sangat cocok untuk dijadikan jualan atau oleh-oleh. Selain bahan-bahannya mudah didapat, membuat cucur sederhana ini juga cukup mudah dan cepat. Kamu bisa menjualnya dengan harga yang terjangkau dan pastinya bisa laku keras.

2. Apakah daun pandan bisa dihilangkan?

Bisa. Daun pandan hanya digunakan untuk memberikan aroma pada adonan cucur. Jika kamu tidak memiliki daun pandan atau tidak menyukai aromanya, kamu bisa menghilangkannya dari bahan-bahan yang diperlukan.

3. Apa yang harus dilakukan jika adonan cucur terlalu kental?

Jika adonan terlalu kental, kamu bisa menambahkan air sedikit-sedikit sambil terus diaduk hingga adonan menjadi lembut dan tidak terlalu kental. Pastikan juga jangan terlalu banyak menambahkan air agar adonan tetap kental namun tetap mudah dicetak.

4. Apakah minyak goreng harus diganti setiap kali menggoreng?

Idealnya, minyak goreng memang harus diganti setiap kali menggoreng untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan terhindar dari minyak yang sudah terlalu banyak digunakan. Namun, jika kamu hanya membuat cucur secukupnya, kamu bisa menggunakan minyak yang sama untuk menggoreng beberapa kali.

5. Apakah hasil cucur sederhana ini akan tetap enak jika disimpan dalam waktu yang lama?

Hasil cucur sederhana ini akan tetap enak jika disimpan dalam waktu yang lama jika disimpan dalam wadah kedap udara dan ditempatkan di suhu ruangan. Namun, untuk mendapatkan sensasi dan rasa yang lebih maksimal, sebaiknya kamu menikmati cucur ini dalam keadaan masih hangat dan renyah.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Cucur Sederhana