Cara Membuat Crane Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat crane sederhana. Crane atau derek adalah alat yang digunakan untuk mengangkat barang berat. Namun, crane yang beredar di pasaran biasanya memiliki harga yang cukup mahal. Oleh karena itu, kita bisa mencoba membuat crane sendiri dengan cara yang mudah dan sederhana.

Alat dan Bahan

Sebelum memulai pembuatan crane, ada beberapa alat dan bahan yang harus disiapkan, di antaranya:

Alat
Bahan
1. Gergaji besi
1. Pipa besi
2. Bor
2. Roda besi
3. Tang
3. Motor listrik
4. Solder
4. Kawat besi
5. Obeng
5. Cat semprot

Langkah-Langkah Pembuatan

Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat crane sederhana:

1. Membuat rangka crane

Langkah pertama adalah membuat rangka crane dengan menggunakan pipa besi. Potong pipa besi sesuai dengan ukuran yang diinginkan, kemudian sambungkan dengan solder. Buatlah berbentuk segitiga pada bagian bawah rangka crane untuk menambah stabilitasnya. Setelah rangka crane selesai dibentuk, cat rangka dengan cat semprot agar terlihat lebih menarik.

2. Memasang motor listrik

Setelah rangka crane selesai dibuat, selanjutnya adalah memasang motor listrik pada bagian atas rangka crane. Pasang motor pada bagian yang paling atas agar bisa digunakan untuk mengangkat barang dengan mudah.

3. Memasang roda

Untuk memudahkan dalam memindahkan crane, pasang roda pada bagian bawah rangka. Gunakan roda besi agar lebih tahan lama dan kuat menahan beban.

4. Membuat tali pengangkat

Buatlah tali pengangkat dari kawat besi. Ukuran tali harus disesuaikan dengan ukuran crane yang dibuat. Pasang tali pada bagian bawah motor listrik dan pastikan tali terikat dengan erat agar tidak mudah lepas saat digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Masak Tempe Bacem Sederhana

5. Menguji coba

Setelah semua langkah selesai, cobalah mengangkat barang dengan crane yang baru dibuat. Pastikan crane bisa digunakan dengan baik dan tidak ada masalah pada komponennya.

FAQ

1. Perlukah membuat crane sendiri?

Membuat crane sendiri memang membutuhkan waktu dan usaha yang cukup banyak. Namun, jika kita tidak ingin mengeluarkan banyak uang untuk membeli crane yang mahal, membuat crane sendiri bisa menjadi alternatif yang lebih ekonomis.

2. Berapa berat barang yang bisa diangkat dengan crane sederhana ini?

Crane sederhana biasanya hanya bisa mengangkat barang dengan berat yang tidak terlalu besar, sekitar 50-100 kg.

3. Apa yang harus dilakukan jika ada masalah pada komponen crane?

Jika ada masalah pada komponen crane, segera periksa dan cari tahu penyebabnya. Jangan mencoba untuk memaksa menggunakan crane jika ada masalah pada komponennya karena bisa membahayakan keselamatan.

Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, kita sudah mengetahui cara membuat crane sederhana dengan langkah-langkah yang mudah diikuti. Meskipun tidak sekuat dan sebesar crane yang beredar di pasaran, crane sederhana ini bisa menjadi alternatif yang lebih ekonomis. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Crane Sederhana