Cara Membuat Coto Makassar Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan belajar membuat coto makassar dengan cara yang sederhana. Coto makassar adalah salah satu makanan khas Sulawesi Selatan yang terkenal dengan kuahnya yang gurih dan pedas. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai, pastikan kamu memiliki bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Daging sapi
500 gram
Kacang tanah goreng
150 gram
Bawang merah
10 siung
Bawang putih
5 siung
Kemiri
5 butir
Jahe
2 ruas jari
Kunyit
1 ruas jari
Lengkuas
1 ruas jari
Serai
2 batang
Daun salam
4 lembar
Garam
secukupnya
Merica
secukupnya
Kaldu sapi
1 sendok makan
Air
2 L

Cara Membuat Coto Makassar Sederhana

1. Persiapan Daging

Pertama-tama, bersihkan daging sapi dari lemak dan kulit yang tidak diinginkan. Potong-potong daging seukuran gigitan dan rendam dalam air selama 30 menit untuk menghilangkan bau dan darahnya.

2. Membuat Bumbu Halus

Haluskan bawang merah, bawang putih, kemiri, jahe, kunyit, dan lengkuas menggunakan blender atau cobek sampai halus. Tambahkan sedikit air bila perlu.

3. Merebus Daging

Panaskan air dalam panci dan masukkan daging sapi yang telah dicuci bersih. Rebus daging hingga empuk dan matang. Tiriskan daging dan sisihkan air rebusannya.

4. Membuat Kuah

Tumis bumbu halus, serai, dan daun salam sampai harum. Masukkan kacang tanah goreng dan aduk rata. Tuang air rebusan daging dan biarkan mendidih. Tambahkan garam, merica, dan kaldu sapi sesuai selera. Aduk rata dan masak hingga kuah mengental.

5. Menyajikan

Ambil mangkuk dan masukkan potongan daging. Siram dengan kuah coto dan sajikan dengan ketupat atau buras.

FAQ

1. Apa yang membuat coto makassar terkenal?

Coto makassar terkenal karena kuahnya yang gurih dan pedas, serta daging sapi yang empuk. Makanan ini juga sudah menjadi bagian dari budaya Sulawesi Selatan dan sering disajikan dalam acara-acara tertentu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Program Jam Digital Visual Basic 6.0 Sederhana

2. Apakah bisa menggunakan bahan lain selain daging sapi?

Tentu saja bisa. Kamu bisa menggunakan daging ayam atau kambing sebagai pengganti daging sapi. Namun, rasanya akan berbeda sedikit dari coto makassar asli.

3. Apakah coto makassar termasuk makanan yang sulit dibuat?

Tidak, sebenarnya coto makassar cukup mudah dibuat asalkan kamu memiliki bahan-bahan yang diperlukan dan mengikuti langkah-langkahnya dengan benar.

Penutup

Itulah langkah-langkah cara membuat coto makassar sederhana. Selamat mencoba di rumah ya, Sobat Sederhana! Jangan lupa untuk membagikan resep ini kepada teman dan keluarga. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Coto Makassar Sederhana