Cara Membuat Cooling Tower Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat cooling tower sederhana. Cooling tower adalah salah satu komponen penting dalam sistem pendingin udara, terutama dalam gedung-gedung yang memiliki ruangan ber-AC. Namun, membeli cooling tower yang sudah jadi bisa cukup mahal. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas cara membuat cooling tower sederhana dengan mudah dan murah.

1. Pengertian Cooling Tower

Sebelum membahas tentang cara membuat cooling tower sederhana, mari kita bahas terlebih dahulu mengenai pengertian cooling tower. Cooling tower adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghilangkan panas dari air yang digunakan dalam sistem pendingin udara. Air yang panas akan masuk ke cooling tower dan akan mengalir melalui banyak pipa yang tertutupi oleh aluminium atau bahan lain yang memiliki konduktivitas panas tinggi. Udara kemudian akan melewati pipa-pipa tersebut dan mengambil panas dari air sehingga air menjadi lebih dingin dan siap digunakan kembali dalam sistem pendingin udara.

Cara Kerja Cooling Tower

Cooling tower bekerja berdasarkan prinsip penghilangan panas melalui penguapan (evaporasi). Saat air panas mengalir melalui pipa-pipa pada cooling tower, udara yang lebih dingin akan melewati pipa-pipa tersebut dan mengambil panas dari air. Panas yang diambil tersebut akan digunakan untuk menguapkan sebagian kecil air di cooling tower sehingga udara kembali dingin. Air yang sudah dingin kemudian akan kembali digunakan dalam sistem pendingin udara.

Jenis-Jenis Cooling Tower

Terdapat berbagai jenis cooling tower yang dapat digunakan, di antaranya:

Nama Cooling Tower
Kegunaan
Induced Draft
Untuk aplikasi industri dengan daya yang besar
Forced Draft
Untuk aplikasi industri dengan daya yang sedang
Natural Draft
Untuk aplikasi industri dengan daya yang kecil
TRENDING 🔥  Cara Pembuatan Biogas Kotoran Sapi Sederhana dari Drum

2. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan cooling tower, Sobat Sederhana harus menyiapkan beberapa alat dan bahan yang dibutuhkan, di antaranya:

  • Ember atau drum bekas
  • Pipa PVC
  • Besi beton
  • Aluminium foil
  • Kawat besi
  • Motor pompa air
  • Ubin atau papan kayu untuk membuat pondasi
  • Alat potong pipa dan besi beton
  • Kawat las

Berapa Banyak Pipa PVC yang Dibutuhkan?

Jumlah pipa PVC yang dibutuhkan tergantung pada besar kecilnya cooling tower yang akan dibuat. Sebagai acuan, berikut adalah jumlah pipa PVC yang dibutuhkan:

Ukuran Cooling Tower
Jumlah Pipa PVC
1m x 1m
10 buah
1,5m x 1,5m
22 buah
2m x 2m
38 buah

3. Cara Membuat Cooling Tower Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat cooling tower sederhana:

Langkah 1: Membuat Pondasi

Langkah pertama adalah membuat pondasi untuk cooling tower. Sobat Sederhana dapat menggunakan ubin atau papan kayu untuk membuat pondasi. Pastikan pondasi yang dibuat kuat dan kokoh agar cooling tower tidak mudah bergoyang.

Langkah 2: Menyambung Pipa PVC

Setelah pondasi selesai dibuat, Sobat Sederhana dapat mulai menyusun pipa PVC menjadi bentuk yang diinginkan. Pastikan pipa PVC dipotong sesuai dengan ukuran yang dibutuhkan dan digunakan kawat besi untuk menyambungkan pipa-pipa tersebut agar tidak mudah terlepas. Setelah selesai, pipa-pipa PVC tersebut akan membentuk sebuah kotak yang terbuka di bagian atas dan bawah.

Langkah 3: Membuat Struktur Penyangga

Setelah pipa-pipa PVC dirangkai, Sobat Sederhana dapat mulai membuat struktur penyangga dari besi beton. Struktur ini akan digunakan untuk menyangga pipa-pipa PVC agar tidak mudah roboh. Pastikan struktur penyangga yang dibuat kuat dan kokoh.

Langkah 4: Memasang Aluminium Foil

Setelah struktur penyangga selesai dibuat, Sobat Sederhana dapat mulai memasang aluminium foil pada bagian dalam kotak cooling tower yang sudah dibuat. Aluminium foil ini berguna untuk membantu menyerap panas dari air yang mengalir pada pipa-pipa PVC.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue Perut Ayam Sederhana

Langkah 5: Memasang Motor Pompa Air

Langkah selanjutnya adalah memasang motor pompa air. Motor pompa air ini akan membantu mengalirkan air pada pipa-pipa PVC yang sudah dibuat. Pastikan motor pompa air yang digunakan memiliki daya yang cukup untuk mengalirkan air pada pipa-pipa PVC.

Langkah 6: Memasang Kipas

Terakhir, Sobat Sederhana dapat memasang kipas pada bagian atas cooling tower. Kipas ini akan membantu mengeluarkan udara panas dari dalam cooling tower. Pastikan kipas yang digunakan memiliki daya yang cukup untuk mengeluarkan udara panas.

4. FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa itu cooling tower?

Cooling tower adalah sebuah alat yang digunakan untuk menghilangkan panas dari air yang digunakan dalam sistem pendingin udara.

2. Apa kegunaan cooling tower?

Kegunaan cooling tower adalah untuk membantu menghilangkan panas dari air yang digunakan dalam sistem pendingin udara agar air menjadi lebih dingin dan siap digunakan kembali dalam sistem pendingin udara.

3. Apa bahan yang dibutuhkan untuk membuat cooling tower sederhana?

Bahan yang dibutuhkan untuk membuat cooling tower sederhana antara lain ember atau drum bekas, pipa PVC, besi beton, aluminium foil, kawat besi, motor pompa air, ubin atau papan kayu untuk membuat pondasi, dan kawat las.

4. Berapa banyak pipa PVC yang dibutuhkan untuk membuat cooling tower sederhana?

Jumlah pipa PVC yang dibutuhkan tergantung pada besar kecilnya cooling tower yang akan dibuat. Sebagai acuan, berikut adalah jumlah pipa PVC yang dibutuhkan: 1m x 1m (10 buah), 1,5m x 1,5m (22 buah), dan 2m x 2m (38 buah).

5. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat cooling tower sederhana?

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat cooling tower sederhana tergantung pada bahan-bahan yang digunakan dan alat yang dimiliki. Namun, secara umum, biaya yang dibutuhkan tidak terlalu besar dan jauh lebih murah jika dibandingkan dengan membeli cooling tower yang sudah jadi.

TRENDING 🔥  Cara Memasak Kangkung Sederhana Tapi Enak

5. Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Itulah tadi cara membuat cooling tower sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana dapat memiliki cooling tower sendiri yang bisa digunakan dalam sistem pendingin udara. Semoga informasi ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Cooling Tower Sederhana