Cara Membuat Coklat Sederhana untuk Sobat Sederhana

Hai Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat coklat sederhana. Coklat adalah salah satu jenis makanan yang disukai oleh banyak orang. Selain rasanya yang lezat, coklat juga memiliki manfaat bagi kesehatan kita. Coklat mengandung antioksidan yang dapat membantu melindungi tubuh dari radikal bebas. Nah, daripada membeli coklat di toko, yuk kita buat sendiri di rumah. Berikut adalah cara membuat coklat sederhana yang mudah diikuti.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat coklat, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan berikut ini:

Jumlah
Bahan
200 gram
Coklat bubuk yang sudah dihaluskan
130 gram
Gula pasir
150 ml
Susu cair
1 sendok teh
Pasta vanila
50 gram
Mentega tawar

Setelah semua bahan telah disiapkan, kamu bisa langsung memulai tahapan berikutnya.

Tahap Persiapan

Sebelum memasak coklat, ada beberapa tahapan persiapan yang perlu kamu lakukan:

1. Siapkan Wadah

Siapkan wadah yang dapat digunakan untuk melelehkan coklat dan mentega. Pastikan wadah yang kamu gunakan sudah bersih dan kering. Wadah yang bisa kamu gunakan antara lain panci, mangkuk atau tempat tahan panas lainnya.

2. Siapkan Sendok Kayu

Siapkan sendok kayu yang dapat digunakan untuk mencampurkan bahan-bahan coklat agar tidak berkarat dan tidak merusak rasa coklat.

3. Siapkan loyang

Siapkan loyang berbentuk persegi atau bulat yang dapat digunakan untuk menuangkan adonan coklat dan memberikan bentuk pada hasil akhir coklat.

Cara Membuat Coklat Sederhana

Setelah semua tahapan persiapan telah dilakukan, kamu bisa langsung memulai tahapan membuat coklat sederhana ini:

1. Siapkan Coklat dan Gula

Masukkan coklat bubuk yang sudah dihaluskan dan gula pasir ke dalam wadah yang telah disiapkan. Aduk rata sampai tercampur sempurna.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Remot Motor Sederhana

2. Tambahkan Susu Cair

Tuang susu cair ke dalam wadah yang berisi campuran coklat dan gula. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan coklat dan gula yang terbentuk.

3. Masukkan Pasta Vanila

Tambahkan pasta vanila ke dalam campuran coklat, gula, dan susu. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

4. Tambahkan Mentega Tawar

Masukkan mentega tawar ke dalam campuran coklat, gula, susu, dan pasta vanila. Aduk rata hingga mentega tawar meleleh dan tercampur sempurna dengan bahan-bahan lainnya.

5. Melelehkan Campuran Coklat

Panaskan wadah yang berisi campuran coklat, gula, susu, pasta vanila, dan mentega tawar di atas kompor dengan api kecil. Aduk terus hingga campuran coklat meleleh dan tercampur sempurna. Pastikan campuran coklat tidak sampai mendidih.

6. Tuang Campuran Coklat ke Dalam Loyang

Tuang campuran coklat yang telah meleleh ke dalam loyang yang telah disiapkan. Ratakan permukaannya dengan menggunakan sendok kayu.

7. Dinginkan Coklat

Taruh loyang yang berisi campuran coklat ke dalam kulkas dan diamkan selama 2 jam atau hingga coklat mengeras dengan sempurna.

8. Sajikan Coklat Sederhana

Sudah siap untuk dinikmati. Kamu bisa memotong coklat sederhana ke dalam bentuk yang diinginkan dan sajikan pada piring atau wadah yang diinginkan. Coklat sederhana siap disantap.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah coklat sederhana bisa dibuat tanpa mentega?

Ya, kamu bisa membuat coklat sederhana tanpa mentega tawar. Kamu bisa menggantinya dengan minyak kelapa atau minyak sayur yang lain.

2. Apa yang terjadi jika campuran coklat sampai mendidih?

Jika campuran coklat sampai mendidih, coklat bisa terbakar dan rasanya akan terlalu pahit. Oleh karena itu, pastikan untuk terus mengaduk campuran coklat selama proses pemanasan dan jangan biarkan sampai mendidih.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Ayunan Listrik Sederhana

3. Apakah coklat sederhana tahan lama?

Ya, coklat sederhana dapat tahan lama jika disimpan dalam wadah kedap udara dan diletakkan di tempat yang kering dan sejuk. Coklat sederhana dapat bertahan hingga 1 bulan atau lebih.

4. Apakah pasta vanila wajib digunakan dalam pembuatan coklat sederhana?

Tidak, pasta vanila tidak wajib digunakan. Namun, penggunaan pasta vanila akan memberikan aroma dan rasa yang lebih semarak pada hasil akhir coklat.

5. Apakah susu cair bisa diganti dengan susu bubuk?

Ya, susu bubuk bisa digunakan sebagai pengganti susu cair. Namun, pastikan untuk mengikuti petunjuk di kemasan susu bubuk untuk menghitung takarannya sesuai dengan resep coklat sederhana yang digunakan.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Coklat Sederhana untuk Sobat Sederhana