Cara Membuat Cireng Banyur Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka cireng? Makanan yang satu ini memang menjadi favorit banyak orang. Cireng Banyur adalah salah satu jenis cireng yang paling populer di Indonesia. Makanan ini terbuat dari tepung terigu dan biasanya disajikan dengan saus sambal yang pedas. Di artikel kali ini, kita akan belajar cara membuat cireng banyur sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

Bahan-bahan

Sebelum kita memulai cara membuat cireng banyur sederhana, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu:

Tepung terigu
200 gram
Tepung tapioka
50 gram
Bawang putih (haluskan)
3 siung
Kecap manis
1 sendok makan
Garam
1/2 sendok teh
Merica
1/4 sendok teh
Air matang
200 ml
Minyak sayur
secukupnya

Setelah semua bahan siap, kita bisa langsung memulai cara membuat cireng banyur sederhana.

Langkah 1: Campurkan semua bahan

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah mencampurkan semua bahan menjadi satu. Ambil wadah yang cukup besar dan masukkan tepung terigu, tepung tapioka, bawang putih yang sudah dihaluskan, kecap manis, garam, dan merica. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

Langkah 2: Tambahkan air

Selanjutnya, tambahkan air matang sedikit demi sedikit ke dalam adonan. Aduk terus hingga adonan cireng banyur bisa dipulung dan tidak lengket di tangan.

Langkah 3: Diamkan adonan

Diamkan adonan selama kurang lebih 30 menit agar adonan dapat mengembang dengan baik.

Langkah 4: Bentuk adonan

Setelah adonan mengembang, ambil sedikit adonan dan bulatkan. Kemudian pipihkan dengan telapak tangan hingga adonan berbentuk cakram.

Langkah 5: Goreng cireng

Panaskan minyak sayur di dalam wajan. Setelah minyak panas, masukkan adonan cireng banyur. Goreng hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan minyaknya.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tahu Bulat Sederhana Tanpa Telur

FAQ tentang Cara Membuat Cireng Banyur Sederhana

1. Apa bedanya cireng banyur dengan cireng biasa?

Cireng banyur memiliki rasa yang lebih gurih dan tekstur yang lebih kenyal dibandingkan dengan cireng biasa. Hal ini disebabkan karena campuran tepung terigu dan tepung tapioka yang digunakan.

2. Bisakah menggunakan bawang merah sebagai pengganti bawang putih?

Tentu saja bisa, namun bawang putih memberikan rasa yang lebih kuat dan sedikit lebih pedas daripada bawang merah. Jadi, jika kamu menggantikan bawang putih dengan bawang merah, rasa cireng banyur mungkin akan sedikit berbeda.

3. Bisakah cireng banyur disimpan dalam kulkas?

Bisa, kamu bisa menyimpan cireng banyur di dalam kulkas selama 1-2 hari. Namun, pastikan untuk meletakkannya di dalam wadah tertutup agar tidak terkena udara dan bisa bertahan lebih lama.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat cireng banyur sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa untuk mempersiapkan semua bahan dengan baik dan mengikuti langkah-langkahnya dengan teliti agar hasilnya maksimal. Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Cireng Banyur Sederhana