Cara Membuat Charger HP Tanpa Listrik Sederhana – Sobat Sederhana

Cara Membuat Charger HP Tanpa Listrik Sederhana – Sobat Sederhana

Sobat Sederhana, apakah kamu sering mengalami masalah dengan baterai HP yang cepat habis? Jangan khawatir, kamu bisa membuat charger HP tanpa listrik dengan mudah dan sederhana. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat charger HP tanpa listrik sederhana dengan 20 langkah yang mudah diikuti. Siapkan bahan-bahan dan mari kita mulai!

1. Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat charger HP tanpa listrik, Sobat Sederhana harus menyiapkan beberapa bahan terlebih dahulu:

Bahan
Jumlah
Aki motor bekas
1
Kabel penjepit
2 buah
Dioda 1N4001
4 buah
Kawat email
50 cm
Plat besi
1 buah
Kepingan kaca
1 buah
Kapasitor 4700uF/16V
1 buah
LED merah dan hijau
masing-masing 1 buah
Saklar
1 buah

Bahan-bahan di atas bisa Sobat Sederhana dapatkan dengan mudah di toko elektronik terdekat atau bisa juga memesannya secara online.

2. Memulai Pembuatan Charger HP Tanpa Listrik

Setelah semua bahan tersedia, Sobat Sederhana bisa memulai pembuatan charger HP tanpa listrik dengan langkah-langkah berikut ini:

Langkah 1 – Membuat Rangkaian

Pertama-tama, potong kawat email menjadi beberapa bagian sepanjang 5 cm. Lalu, buat rangkaian seperti pada gambar berikut:

Pada rangkaian di atas, Sobat Sederhana akan menggunakan 4 dioda 1N4001. Dioda berfungsi untuk memperkecil arus yang masuk ke HP sehingga tidak merusak baterai. Kemudian, tambahkan kapasitor dan saklar pada rangkaian tersebut.

Langkah 2 – Memasang Plat Besi

Setelah membuat rangkaian, langkah selanjutnya adalah memasang plat besi di atas rangkaian tadi. Jangan lupa untuk menambahkan kawat email sebagai penghubung antara plat besi dan rangkaian.

Langkah 3 – Membuat Penahan HP

Untuk membuat penahan HP, Sobat Sederhana bisa menggunakan kepingan kaca sebagai alas dan menempelkan kabel penjepit di atasnya. Penahan HP berfungsi agar HP tidak jatuh saat diletakkan pada charger.

TRENDING 🔥  Cara Buat Rumah dari Stik Es Krim Sederhana

Langkah 4 – Menghubungkan Semua Bagian

Setelah semua bagian terpasang dengan baik, langkah terakhir adalah menghubungkan semua bagian. Pastikan semua kabel dan kawat terhubung dengan benar agar charger bisa digunakan dengan aman.

3. Cara Menggunakan Charger HP Tanpa Listrik

Setelah selesai membuat charger HP tanpa listrik, Sobat Sederhana bisa langsung menggunakannya dengan mudah. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Sambungkan kabel penjepit dengan aki motor bekas
  2. Taruh HP pada penahan HP
  3. Nyalakan saklar
  4. Tunggu sampai HP terisi penuh
  5. Matikan saklar dan lepaskan kabel penjepit dari aki motor bekas

4. FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah charger HP tanpa listrik ini aman digunakan?

Ya, charger HP tanpa listrik ini aman digunakan karena sudah dilengkapi dengan rangkaian untuk memperkecil arus yang masuk ke HP sehingga tidak merusak baterai.

2. Apakah bisa digunakan untuk semua jenis HP?

Charger HP tanpa listrik ini bisa digunakan untuk semua jenis HP asalkan memperhatikan jenis kabel dan kabel penjepit yang digunakan.

3. Apakah mengisi HP dengan charger tanpa listrik lebih lama dibandingkan dengan charger listrik?

Ya, mengisi HP dengan charger tanpa listrik membutuhkan waktu yang lebih lama dibandingkan dengan charger listrik biasa. Namun, pengisian dengan charger tanpa listrik lebih aman dan ramah lingkungan.

4. Apakah ada risiko mengalami korsleting saat menggunakan charger HP tanpa listrik?

Jika semua bagian terpasang dengan benar dan tidak ada yang terlepas, risiko korsleting sangat kecil. Namun, Sobat Sederhana harus tetap berhati-hati saat menggunakan charger HP tanpa listrik.

5. Bisakah membuat charger HP tanpa listrik tanpa menggunakan aki motor bekas?

Tidak, aki motor bekas dibutuhkan sebagai sumber energi untuk mengisi baterai HP. Jadi, Sobat Sederhana tidak bisa membuat charger HP tanpa listrik tanpa menggunakan aki motor bekas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Es Krim Beng Beng Sederhana

5. Kesimpulan

Dengan mengikuti 20 langkah mudah di atas, Sobat Sederhana bisa membuat charger HP tanpa listrik sederhana dengan mudah dan aman. Selain itu, Sobat Sederhana juga bisa menghemat penggunaan listrik dan membantu menjaga lingkungan. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat menggunakan charger HP tanpa listrik dan ikuti panduan dengan benar.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Charger HP Tanpa Listrik Sederhana – Sobat Sederhana