Cara Membuat Charger HP Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak pernah kehabisan baterai saat sedang bepergian? Saat itu, charger HP menjadi keperluan utama, tetapi sayangnya tidak selalu mudah untuk menemukan sumber listrik di tempat umum. Oleh karena itu, kali ini kita akan belajar bersama tentang cara membuat charger HP sederhana. Yuk, simak selengkapnya!

Persiapan Alat dan Bahan

Bagian pertama dari tutorial ini adalah persiapan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar peralatan yang harus disediakan:

Nama Barang
Jumlah
Kabel USB
1
Transformator DC
1
Plat PCB
1
Solder
1
Kabel Listrik
1
Plug DC
1
Resistor 50k Ohm
1
LED
1

Dengan persiapan bahan dan alat yang tepat, kita siap untuk memulai membuat charger HP sederhana kita. Simak langkah-langkah selanjutnya!

Langkah-langkah Membuat Charger HP Sederhana

Bagian kedua dari tutorial ini adalah langkah-langkah pembuatan charger HP sederhana kita. Simak tahapan-tahapannya di bawah ini:

1. Merakit Plat PCB

Langkah pertama adalah merakit plat PCB dengan mentransfer desain rangkaian ke plat tersebut. Setelah itu, kita bisa mengebor plat sesuai dengan titik-titik yang ada di desain.

2. Memasang Komponen

Langkah selanjutnya adalah memasang komponen-komponen yang dibutuhkan ke plat PCB dengan menggunakan solder. Pastikan semua komponen terpasang dengan benar dan rapi.

3. Memasang Transformator dan Plug DC

Setelah itu, kita memasang transformator dan plug DC ke kotak charger. Pastikan kawat tidak terkelupas dan terpasang dengan benar.

4. Memasang Kabel USB, Kabel Listrik, dan Resistor

Selanjutnya, kita harus memasang kabel USB, kabel listrik, dan resistor 50k ohm ke kotak charger. Pastikan semuanya terpasang dengan benar dan tidak terkelupas.

5. Memasang LED

Langkah terakhir adalah memasang LED ke kotak charger dan menyolder kawat dengan baik. LED berfungsi sebagai indikator apakah charger sedang dalam keadaan hidup atau tidak.

TRENDING 🔥  Cara Pengambilan Sampel Acak Sederhana: Panduan Lengkap untuk Sobat Sederhana

Setelah semua bagian terpasang, maka charger HP sederhana kita siap digunakan!

FAQ: Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat charger HP sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat charger HP sederhana tergantung pada tingkat keahlian dan pengalaman Anda. Biasanya, membutuhkan waktu sekitar 1-2 jam untuk membuat charger HP sederhana.

2. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat charger HP sederhana?

Biaya untuk membuat charger HP sederhana tergantung pada harga bahan dan alat yang Anda beli. Secara umum, biayanya berkisar antara 50 ribu hingga 100 ribu rupiah.

3. Apa saja HP yang bisa di-charge menggunakan charger HP sederhana ini?

Charger HP sederhana ini bisa digunakan untuk mengisi daya semua jenis HP yang menggunakan kabel USB untuk mengisi dayanya. Pastikan HP Anda kompatibel dengan charger ini sebelum menggunakannya.

Kesimpulan

Dalam artikel ini, kita telah belajar bersama tentang cara membuat charger HP sederhana. Dengan persiapan alat dan bahan yang tepat, serta mengikuti langkah-langkah yang tepat, Anda bisa membuat charger HP sederhana sendiri. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Charger HP Sederhana untuk Sobat Sederhana