Cara Membuat CCTV Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini, kita akan belajar tentang cara membuat CCTV sederhana. CCTV atau Closed-Circuit Television adalah sistem pengawasan video yang biasanya digunakan untuk memantau keamanan di area tertentu. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat CCTV sederhana yang dapat Anda buat sendiri tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Yuk, kita mulai!

1. Memilih Kamera CCTV

Langkah pertama dalam membuat CCTV sederhana adalah memilih kamera CCTV yang akan digunakan. Anda bisa membeli kamera CCTV dengan harga yang terjangkau atau menggunakan kamera bekas yang masih berfungsi dengan baik. Pastikan kamera CCTV yang akan Anda gunakan memiliki resolusi yang cukup baik sehingga dapat merekam dengan jelas.

Selain itu, Anda juga harus mempertimbangkan apakah kamera CCTV tersebut dapat dihubungkan ke televisi atau komputer. Hal ini penting agar Anda dapat melihat rekaman CCTV dengan mudah.

Berikut ini adalah daftar beberapa kamera CCTV yang dapat Anda pertimbangkan:

Nama
Harga
Resolusi
CCTV Bekas
Rp500.000
720p
Hikvision DS-2CE16D0T-IRP
Rp700.000
1080p
Dahua DH-HAC-HFW1100RP
Rp1.000.000
1080p

2. Memilih DVR

DVR atau Digital Video Recorder adalah perangkat yang digunakan untuk merekam dan menyimpan rekaman CCTV. Dalam membuat CCTV sederhana, Anda dapat menggunakan DVR yang murah dan mudah ditemukan di pasaran.

Selain itu, pastikan DVR yang Anda pilih dapat dihubungkan dengan kamera CCTV yang Anda gunakan. Beberapa DVR juga memiliki fitur terbaru seperti perekaman berbasis cloud yang memungkinkan Anda menyimpan rekaman di server yang aman secara online.

Berikut ini adalah daftar beberapa DVR yang dapat Anda pertimbangkan:

Nama
Harga
Fitur
Hikvision DS-7104HGHI-F1
Rp500.000
4 channel, HDMI output
Dahua XVR5104HS-X
Rp1.000.000
4 channel, perekaman berbasis cloud
Zosi 8CH Full 1080P
Rp1.500.000
8 channel, HDMI output, perekaman berbasis cloud
TRENDING 🔥  Cara Membuat Pisang Coklat Keju tidak Digoreng Sederhana

3. Memilih Kabel dan Aksesoris

Setelah memilih kamera CCTV dan DVR, langkah selanjutnya adalah memilih kabel dan aksesoris yang dibutuhkan. Anda memerlukan kabel video untuk menghubungkan kamera CCTV dengan DVR, serta kabel power untuk menyalakan kamera dan DVR.

Selain itu, Anda juga memerlukan aksesoris seperti adapter, konektor, dan baut untuk memasang CCTV di tempat yang diinginkan. Pastikan Anda memilih kabel dan aksesoris yang sesuai dengan kamera CCTV dan DVR yang Anda gunakan.

4. Pemasangan Kamera CCTV

Setelah semua peralatan dan aksesoris terkumpul, langkah selanjutnya adalah memasang kamera CCTV di tempat yang diinginkan. Pastikan kamera CCTV dipasang pada tempat yang strategis dan dapat memantau area yang ingin Anda amati.

Untuk memasang kamera CCTV, pertama-tama buatlah lubang di dinding atau plafon tempat kamera akan dipasang. Pasang kamera CCTV ke dinding atau plafon menggunakan baut dan pasang kabel power dan kabel video ke DVR.

5. Konfigurasi DVR

Setelah kamera CCTV di pasang, langkah selanjutnya adalah mengkonfigurasi DVR untuk merekam dan menyimpan rekaman CCTV. Untuk mengkonfigurasi DVR, pertama-tama sambungkan DVR ke televisi atau komputer menggunakan kabel HDMI.

Selanjutnya, hidupkan DVR dan pilih bahasa yang diinginkan. Kemudian, ikuti petunjuk pada layar untuk membuat pengaturan awal seperti tanggal dan waktu, serta membuat kata sandi untuk keamanan.

6. Pengaturan Perekaman

Setelah DVR terkonfigurasi, langkah selanjutnya adalah mengatur perekaman CCTV. Anda dapat mengatur perekaman dengan memilih kamera CCTV yang ingin direkam dan menentukan waktu perekaman.

Berikut ini adalah pengaturan perekaman dasar yang dapat Anda gunakan:

  • Pilih kamera CCTV yang ingin direkam
  • Tentukan waktu perekaman
  • Pilih mode perekaman (terus menerus atau berdasarkan gerakan)
TRENDING 🔥  Cara Membuat Tali Rafia Sederhana

7. Menyimpan Rekaman CCTV

Setelah perekaman selesai, rekaman CCTV dapat disimpan di hard drive yang terpasang di DVR. Anda juga dapat menyimpan rekaman di USB flash drive atau menyimpannya secara online dengan menggunakan fitur perekaman berbasis cloud.

Untuk mengakses rekaman CCTV, Anda dapat melakukannya melalui layar televisi atau komputer yang terhubung ke DVR. Anda juga dapat mengakses rekaman secara online dengan menggunakan aplikasi yang disediakan oleh produsen DVR.

FAQ

1. Berapa harga untuk membuat CCTV sederhana?

Harga untuk membuat CCTV sederhana tergantung pada jenis kamera CCTV dan DVR yang digunakan. Untuk kamera CCTV, Anda dapat membeli kamera bekas atau kamera baru dengan harga mulai dari Rp500.000 hingga Rp1.000.000. Sedangkan untuk DVR, Anda dapat membeli DVR dengan harga mulai dari Rp500.000 hingga Rp1.500.000.

2. Apa saja yang dibutuhkan untuk membuat CCTV sederhana?

Anda membutuhkan kamera CCTV, DVR, kabel video, kabel power, adapter, konektor, dan baut untuk memasang CCTV di tempat yang diinginkan.

3. Apa yang harus diperhatikan saat memilih kamera CCTV untuk CCTV sederhana?

Saat memilih kamera CCTV untuk CCTV sederhana, pastikan kamera memiliki resolusi yang cukup baik dan dapat dihubungkan ke televisi atau komputer.

4. Apa yang harus diperhatikan saat memilih DVR untuk CCTV sederhana?

Saat memilih DVR untuk CCTV sederhana, pastikan DVR dapat dihubungkan dengan kamera CCTV yang Anda gunakan dan memiliki fitur yang Anda butuhkan seperti perekaman berbasis cloud.

5. Apa yang harus diperhatikan saat memasang CCTV sederhana?

Saat memasang CCTV sederhana, pastikan kamera CCTV dipasang pada tempat yang strategis dan dapat memantau area yang ingin Anda amati. Pastikan juga untuk memasang kabel dan aksesoris dengan benar dan aman.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Origami Hati Sederhana

6. Apa yang harus diperhatikan saat mengkonfigurasi DVR untuk CCTV sederhana?

Saat mengkonfigurasi DVR untuk CCTV sederhana, pastikan Anda mengikuti petunjuk pada layar dengan baik. Pastikan Anda telah mengatur kata sandi untuk keamanan dan memilih pengaturan perekaman yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

7. Bagaimana cara menyimpan rekaman CCTV?

Rekaman CCTV dapat disimpan di hard drive yang terpasang di DVR atau di USB flash drive. Anda juga dapat menyimpan rekaman secara online dengan menggunakan fitur perekaman berbasis cloud yang disediakan oleh produsen DVR.

8. Bagaimana cara mengakses rekaman CCTV?

Anda dapat mengakses rekaman CCTV melalui layar televisi atau komputer yang terhubung ke DVR. Anda juga dapat mengakses rekaman secara online dengan menggunakan aplikasi yang disediakan oleh produsen DVR.

8. Kesimpulan

Itulah cara membuat CCTV sederhana yang dapat Anda buat dengan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda dapat membuat CCTV sederhana sendiri tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Pastikan Anda memilih kamera CCTV dan DVR yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan memasang CCTV dengan benar dan aman.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat CCTV Sederhana