Cara Membuat Cake Sederhana Tanpa Mixer dan Oven

Halo Sobat Sederhana! Siapa sih yang tidak suka dengan cake? Cake adalah makanan yang bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja. Namun, banyak orang yang tidak memiliki mixer dan oven dirumah. Tidak perlu khawatir, kali ini kami akan memberikan tips bagaimana cara membuat cake sederhana tanpa mixer dan oven. Yuk simak ulasannya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat cake, pastikan terlebih dahulu bahan-bahannya sudah siap dan lengkap. Berikut bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat cake sederhana tanpa mixer dan oven:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
250 gram
Gula pasir
200 gram
Telur ayam
4 butir
Mentega
100 gram
Pewarna makanan
Sesuai selera
Essence
Sesuai selera
Baking powder
1 sendok makan
Garam
1/2 sendok teh
Minyak goreng
Secukupnya

Cara Membuat Cake Sederhana Tanpa Mixer dan Oven

1. Siapkan Alat dan Bahan

Pertama-tama, siapkan dulu alat dan bahan yang dibutuhkan untuk membuat cake sederhana tanpa mixer dan oven, seperti yang sudah dijelaskan di atas. Pastikan semua alat dan bahan sudah siap dan terkumpul.

2. Adonan Cake

Setelah itu, siapkan wadah untuk mengaduk adonan cake. Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih. Setelah itu, lelehkan mentega dan campurkan ke dalam adonan telur dan gula pasir. Aduk rata menggunakan spatula.

3. Tambahkan Tepung Terigu

Selanjutnya, tambahkan tepung terigu ke dalam adonan sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan hingga rata. Tambahkan baking powder dan garam ke dalam adonan dan aduk rata kembali.

4. Tambahkan Essence dan Pewarna Makanan

Tambahkan essence dan pewarna makanan sesuai selera ke dalam adonan dan aduk rata kembali hingga warnanya merata.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Pintu Otomatis Sederhana di Minecraft

5. Panaskan Wajan

Panaskan wajan dengan api kecil. Pastikan wajan sudah panas sebelum adonan dimasukkan ke dalamnya.

6. Tuangkan dan Panggang Adonan

Setelah wajan sudah panas, tuangkan adonan ke dalam wajan dan panggang dengan api kecil selama kurang lebih 40 menit atau hingga matang. Jangan lupa tutup wajan agar panasnya merata ke seluruh adonan. Cek kekematangan cake dengan menusukkan tusuk gigi atau lidi pada bagian tengah cake. Jika sudah tidak lengket, cake sudah matang.

7. Sajikan Cake

Jika sudah matang, angkat cake dari wajan dan biarkan dingin. Sajikan cake sederhana tanpa mixer dan oven yang sudah matang dengan potongan kecil atau bisa langsung disajikan utuh. Nikmati cake sederhana ini bersama dengan keluarga dan teman-temanmu.

FAQ

1. Apakah bisa menggunakan wajan yang kecil untuk membuat cake?

Bisa, namun pastikan wajan dalam keadaan bersih dan tidak ada noda bekas penggunaan sebelumnya. Jangan lupa gunakan wajan yang anti lengket agar cake tidak menempel pada wajan saat dipanggang.

2. Apakah bisa menggunakan mentega margarin?

Bisa, namun akan berpengaruh pada rasa dan kualitas cake yang dihasilkan. Lebih baik menggunakan mentega untuk mendapatkan rasa dan kualitas cake yang lebih baik.

3. Apakah bisa menggunakan tepung terigu protein rendah?

Bisa, namun akan berpengaruh pada kualitas dan tekstur cake yang dihasilkan. Tepung terigu protein tinggi lebih disarankan untuk membuat cake yang empuk dan lembut.

Kesimpulan

Itulah tips bagaimana cara membuat cake sederhana tanpa mixer dan oven. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan cara pembuatan yang sederhana, kamu bisa mencoba membuat cake sendiri di rumah tanpa harus membeli di toko kue. Selamat mencoba Sobat Sederhana!

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Menjadi Kaya

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Cake Sederhana Tanpa Mixer dan Oven