Cara Membuat Cake Sederhana dan Lembut

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat cake sederhana dan lembut yang bisa kamu coba di rumah. Bagi yang belum terbiasa memasak atau membuat kue, jangan khawatir, karena resep ini sangat mudah dan simpel. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat cake, pastikan seluruh bahan sudah tersedia dan dalam keadaan yang baik. Berikut ini adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
200 gram
Gula pasir
150 gram
Butter
100 gram
Telur
3 butir
Baking powder
1 sendok teh
Susu cair
100 ml

Bahan-bahan tersebut bisa kamu dapatkan di supermarket atau toko bahan kue terdekat. Pastikan juga memilih bahan dengan kualitas yang baik untuk menghasilkan cake yang lezat dan lembut.

Cara Membuat

1. Siapkan Bahan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang sudah kamu persiapkan sebelumnya. Pastikan semua bahan dalam keadaan suhu ruangan agar mudah diolah.

2. Kocok Telur dan Gula Pasir

Kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan berwarna putih kekuningan. Gunakan mixer atau whisk untuk memudahkan proses ini. Pastikan kocokan telur sudah mengembang dan berjejak saat diangkat.

3. Masukkan Tepung Terigu dan Baking Powder

Tambahkan tepung terigu dan baking powder sambil diayak ke dalam kocokan telur dan gula pasir. Aduk dengan spatula hingga tercampur rata dan tidak ada gumpalan tepung.

4. Masukkan Butter Cair

Lelehkan butter dan susu cair di dalam panci. Setelah itu, masukkan ke dalam adonan sambil diaduk perlahan. Aduk hingga semua bahan tercampur rata.

5. Tuang ke Dalam Loyang

Siapkan loyang yang sudah diolesi dengan mentega dan tepung terigu. Tuang adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya dengan spatula.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membekokan Holo

6. Panggang dalam Oven

Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 180 derajat Celsius selama 10 menit. Setelah itu, panggang adonan dalam oven selama 30-40 menit atau hingga cake matang. Cek kekematangan dengan menusukkan lidi ke dalam cake, jika keluar bersih, maka cake sudah matang.

7. Sajikan

Keluarkan cake dari oven dan biarkan dingin selama beberapa menit. Setelah itu, keluarkan cake dari loyang dan siap disajikan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah saya bisa menggunakan margarin atau minyak goreng untuk menggantikan butter dalam resep ini?

Ya, kamu bisa menggantikan butter dengan margarin atau minyak goreng. Namun, pastikan margarin atau minyak goreng yang digunakan adalah jenis yang tidak memiliki bau atau rasa yang menyengat.

2. Berapa suhu oven yang sebaiknya digunakan untuk memanggang cake?

Suhu oven yang sebaiknya digunakan adalah suhu 180 derajat Celsius. Namun, suhu oven dapat disesuaikan dengan kondisi oven masing-masing, sehingga hasilnya lebih maksimal.

3. Apakah tepung terigu yang digunakan harus terigu protein tinggi?

Tidak, kamu bisa menggunakan tepung terigu yang biasa digunakan untuk membuat kue pada umumnya. Namun, untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menggunakan tepung terigu protein tinggi.

4. Apakah ada cara untuk membuat cake lebih lembut dan moist?

Ya, kamu bisa menambahkan susu atau yoghurt ke dalam adonan untuk membuat cake lebih lembut dan moist. Kamu juga bisa menggunakan bahan tambahan seperti pisang atau keju untuk mendapatkan hasil yang lebih lezat.

5. Apakah cake harus dikocok dengan mixer?

Tidak, kamu bisa menggunakan whisk atau mengocok secara manual dengan menggunakan spatula. Namun, menggunakan mixer akan mempercepat proses pengembangan adonan serta membuat adonan lebih lembut dan lezat.

TRENDING 🔥  Proses Pengolahan Air dengan Cara Sederhana

Penutup

Demikianlah cara membuat cake sederhana dan lembut yang bisa kamu coba di rumah. Semoga berhasil dan selamat mencoba! Jangan lupa untuk berbagi resep ini dengan teman-temanmu. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Cake Sederhana dan Lembut