Cara Membuat Butter Cream Sederhana Tanpa Mentega Putih

Hai Sobat Sederhana! Bagaimana kabarmu hari ini? Kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat butter cream sederhana tanpa mentega putih. Apa yang lebih nikmat daripada roti atau cake yang dibalut dengan butter cream yang lembut dan enak? Namun, seringkali kita kesulitan dalam membuat butter cream karena bahan-bahannya sulit ditemukan atau karena kita tidak tahu caranya. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membahas cara membuat butter cream sederhana tanpa mentega putih yang dapat kamu coba di rumah. Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Pendahuluan

Sebelum kita mulai, ada baiknya untuk mengetahui terlebih dahulu apa itu butter cream. Butter cream adalah krim yang terbuat dari gula halus, mentega, telur, dan bahan-bahan lain yang dapat disesuaikan dengan selera. Butter cream biasanya digunakan sebagai hiasan atau lapisan pada kue atau roti. Di toko kue atau bakery, butter cream umumnya dijual dengan harga yang cukup mahal. Namun, kamu tidak perlu khawatir karena kamu dapat membuat butter cream sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan dengan cara yang sederhana.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat butter cream, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat butter cream sederhana tanpa mentega putih:

Bahan
Jumlah
Telur ayam
3 butir
Gula pasir
150 gram
Mentega
250 gram (suhu ruang)
Pewarna makanan
Secukupnya
Pengembang kue
1 sendok teh

Selain itu, kamu juga memerlukan mixer, wadah, dan kompor untuk memasak telur dan gula. Setelah semua bahan dan peralatan sudah siap, kita dapat mulai membuat butter cream sederhana tanpa mentega putih.

TRENDING 🔥  Cara Menjebak Cicak Sederhana

Cara Membuat

Langkah 1: Mengocok Telur dan Gula

Langkah pertama dalam membuat butter cream adalah mengocok telur dan gula hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Berikut cara mengocok telur dan gula:

  1. Pecahkan 3 butir telur ayam ke dalam wadah yang bersih.
  2. Tambahkan 150 gram gula pasir ke dalam wadah yang sama.
  3. Mixer telur dan gula menggunakan kecepatan tinggi selama kurang lebih 10 menit hingga mengembang dan berwarna putih pucat.

Setelah mengocoknya, sisihkan wadah dan mixer untuk saat ini.

Langkah 2: Mencairkan Mentega

Setelah telur dan gula dikocok, selanjutnya mencairkan mentega. Caranya:

  1. Ambil 250 gram mentega yang sudah disiapkan.
  2. Panaskan mentega di atas kompor menggunakan api kecil hingga mentega mencair dan suhunya sekitar 40-50 derajat Celsius.

Jangan sampai mentega terlalu panas atau mendidih karena akan sulit untuk dipakai dan butter cream akan rusak.

Langkah 3: Mengkombinasikan Telur, Gula, dan Mentega

Setelah mentega mencair, langkah selanjutnya adalah mengkombinasikan telur, gula, dan mentega. Caranya:

  1. Tuang sedikit-sedikit mentega yang sudah mencair ke dalam wadah yang berisi telur dan gula sambil terus diaduk menggunakan mixer.
  2. Ulangi langkah pertama hingga semua mentega tercampur sempurna dengan telur dan gula.

Setelah semua bahan tercampur sempurna, tambahkan pewarna makanan secukupnya untuk memberikan warna pada butter cream. Aduk lagi hingga warnanya tercampur rata.

Langkah 4: Menambahkan Pengembang Kue

Langkah terakhir dalam membuat butter cream adalah menambahkan pengembang kue untuk membuatnya lebih mudah dipakai dan lebih lembut. Cara menambahkan pengembang kue adalah sebagai berikut:

  1. Tambahkan 1 sendok teh pengembang kue ke dalam wadah yang berisi butter cream.
  2. Aduk lagi menggunakan mixer dengan kecepatan rendah hingga pengembang kue tercampur rata dengan butter cream.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Metanol Sederhana

Setelah itu, butter cream sudah siap digunakan untuk dekorasi atau lapisan pada kue atau roti. Selamat mencoba!

FAQ

1. Apakah mentega putih dapat diganti dengan mentega biasa?

Ya, mentega putih dapat diganti dengan mentega biasa. Namun, pastikan mentega yang digunakan dalam keadaan lunak atau suhu ruang agar lebih mudah dikocok. Selain itu, mentega biasa juga dapat digunakan untuk butter cream tanpa mentega putih.

2. Bisakah butter cream disimpan di dalam kulkas?

Ya, butter cream dapat disimpan di dalam kulkas selama beberapa hari atau di dalam freezer selama beberapa minggu. Namun, sebaiknya butter cream disimpan di dalam wadah kedap udara dan diambil beberapa saat sebelum digunakan agar suhunya menjadi normal.

3. Apa yang harus dilakukan jika butter cream terlalu encer atau terlalu keras?

Jika butter cream terlalu encer, kamu dapat menambahkan sedikit gula halus atau mengocoknya lagi selama beberapa menit untuk membuatnya lebih kaku. Jika butter cream terlalu keras, kamu dapat menambahkan sedikit mentega atau susu cair untuk membuat teksturnya lebih lembut.

4. Apakah butter cream dapat diberi rasa lain selain vanilla?

Ya, butter cream dapat diberi rasa lain selain vanilla. Kamu dapat menambahkan essence atau aroma sesuai dengan selera seperti cokelat, stroberi, atau lemon.

5. Bisakah butter cream dibuat tanpa mixer?

Ya, butter cream dapat dibuat tanpa mixer. Namun, pastikan kamu mengocok telur dan gula menggunakan whisk atau aduk secara manual hingga mengembang dan berwarna putih pucat. Setelah itu, tambahkan mentega yang sudah mencair dan aduk kembali hingga tercampur dengan baik.

Kesimpulan

Itulah cara membuat butter cream sederhana tanpa mentega putih yang dapat kamu coba sendiri di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan cara yang sederhana, kamu dapat membuat butter cream yang lembut dan enak untuk hiasan atau lapisan pada kue atau roti. Selamat mencoba dan jangan lupa berbagi pengalamanmu dalam membuat butter cream di kolom komentar. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Menghias Lamaran Sederhana

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Butter Cream Sederhana Tanpa Mentega Putih