Cara Membuat Bungkus Jalu Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas cara membuat bungkus jalu sederhana. Bungkus jalu adalah salah satu aksesoris motor yang berguna untuk melindungi bagian jalu dari kerusakan dan karat. Selain itu, bungkus jalu juga bisa membuat tampilan motor Sobat Sederhana lebih keren dan elegan. Namun, membeli bungkus jalu yang sudah jadi bisa cukup mahal. Oleh karena itu, kita akan belajar membuat bungkus jalu sederhana sendiri.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat bungkus jalu, Sobat Sederhana harus menyiapkan alat dan bahan-bahan berikut ini:

Alat
Bahan
Gunting
Kain flanel
Spidol
Karet gelang
Jarum dan benang
Double tape
Penggaris
Plastik kresek

Pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan semua alat dan bahan sebelum memulai membuat bungkus jalu.

Langkah-langkah Membuat Bungkus Jalu Sederhana

1. Ukur dan Potong Kain Flanel

Langkah pertama dalam membuat bungkus jalu sederhana adalah mengukur dan memotong kain flanel. Ukur bagian jalu motor yang akan dibungkus dengan kain flanel. Kemudian, tambahkan 1 cm di setiap sisinya untuk jahitan. Potong kain flanel sesuai ukuran yang sudah diukur tadi.

2. Sisipkan Plastik Kresek

Selanjutnya, sobat sederhana harus meletakkan plastik kresek di tengah-tengah kain flanel. Plastik kresek ini berguna sebagai pelindung dari air dan kotoran yang mungkin akan menempel pada bagian jalu motor. Pastikan plastik kresek benar-benar rata dan tidak berkerut.

3. Jahit Kain Flanel

Setelah plastik kresek diletakkan, selanjutnya sobat sederhana harus menjahit kain flanel. Jahitkan semua sisi kain flanel dengan jarak 1 cm dari tepi kain. Pastikan jahitan rapi dan kuat agar bungkus jalu tidak mudah rusak.

TRENDING 🔥  Cara Buat Mesin Perontok Padi Sederhana

4. Pasang Karet Gelang

Pasang dua buah karet gelang pada ujung bungkus jalu yang sudah dijahit. Karet gelang ini berfungsi untuk mengaitkan bungkus jalu pada jalu motor. Sobat sederhana bisa memilih jenis karet gelang yang tahan lama dan tidak mudah putus.

5. Tempelkan Double Tape

Terakhir, sobat sederhana harus menempelkan double tape pada bagian dalam bungkus jalu. Double tape ini berguna sebagai perekat bungkus jalu pada jalu motor. Pastikan double tape ditempelkan secara merata dan tidak terlalu banyak agar tidak mengganggu tampilan bungkus jalu.

FAQ

1. Apa fungsi bungkus jalu pada motor?

Bungkus jalu pada motor berfungsi sebagai pelindung dari kerusakan dan karat pada jalu. Selain itu, bungkus jalu juga dapat membuat tampilan motor lebih keren dan elegan.

2. Berapa harga bahan untuk membuat bungkus jalu sederhana?

Untuk membuat bungkus jalu sederhana, Sobat Sederhana membutuhkan kain flanel, plastik kresek, karet gelang, dan double tape. Harga bahan-bahan tersebut berkisar antara Rp15.000 – Rp20.000.

3. Apakah bungkus jalu harus dibuat secara custom?

Bungkus jalu bisa dibeli secara custom atau juga bisa dibuat sendiri seperti yang sudah dijelaskan di artikel ini. Namun, jika Sobat Sederhana ingin bungkus jalu yang lebih sesuai dengan desain motor, maka custom adalah pilihan yang lebih tepat.

Kesimpulan

Itulah cara membuat bungkus jalu sederhana untuk motor Sobat Sederhana. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang sederhana, Sobat Sederhana bisa membuat bungkus jalu sendiri tanpa harus mengeluarkan banyak uang. Selain itu, dengan membuat sendiri bungkus jalu, Sobat Sederhana juga bisa menyesuaikan desain bungkus jalu dengan tampilan motor. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin membuat bungkus jalu sendiri. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Berdandan Sederhana tapi Cantik

Cara Membuat Bungkus Jalu Sederhana untuk Sobat Sederhana