Cara Membuat Brownies Kukus Coklat Sederhana

Hello, Sobat Sederhana! Kali ini, saya akan berbagi cara membuat brownies kukus coklat sederhana yang dapat kamu buat di rumah dengan mudah. Brownies kukus coklat ini sangat cocok untuk dihidangkan saat acara kumpul keluarga atau teman-teman. Yuk, langsung saja kita mulai!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat brownies kukus coklat, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
150 gram
Gula pasir
200 gram
Coklat bubuk
50 gram
Minyak goreng
100 ml
Telur ayam
4 butir
Baking powder
1 sendok teh
Garam
1/4 sendok teh
Pewarna makanan (opsional)
Sesuai selera

Dengan bahan-bahan tersebut, kamu sudah siap untuk membuat brownies kukus coklat sederhana.

Langkah Membuat Brownies Kukus Coklat Sederhana

Setelah semua bahan tersedia, langsung saja kita mulai membuat brownies kukus coklat sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Siapkan Loyang dan Lapisi dengan Kertas Roti

Siapkan loyang berukuran 20 x 20 cm dan lapisi dengan kertas roti. Hal ini bertujuan agar brownies tidak lengket dan mudah untuk dikeluarkan dari loyang.

2. Campurkan Bahan Kering

Campurkan tepung terigu, coklat bubuk, baking powder, dan garam. Aduk rata menggunakan saringan atau wisk agar tidak ada gumpalan-gumpalan.

3. Campurkan Bahan Basah

Panaskan minyak goreng hingga agak hangat (tidak perlu terlalu panas). Kemudian, campurkan dengan gula pasir dan telur ayam. Aduk rata hingga gula larut dan telur tercampur dengan baik.

4. Campurkan Bahan Kering dan Bahan Basah

Tuangkan campuran bahan kering ke dalam campuran bahan basah secara perlahan sambil diaduk menggunakan spatula atau wisk. Aduk rata hingga tidak ada gumpalan tepung dan adonan tercampur dengan baik.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Mesin Pengering Kertas Sederhana

5. Tambahkan Pewarna Makanan (Opsional)

Jika ingin memberikan warna pada brownies, tambahkan pewarna makanan secukupnya. Aduk rata hingga warna merata dalam adonan.

6. Tuangkan Adonan ke Dalam Loyang

Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti. Ratakan permukaannya agar adonan terdistribusi secara merata dalam loyang.

7. Kukus Brownies

Kukus brownies selama 30-40 menit di atas api sedang hingga matang. Untuk mengetahui apakah brownies sudah matang atau belum, gunakan tusuk gigi untuk menusuknya. Jika tusuk gigi keluar bersih, artinya brownies sudah matang.

8. Angkat dan Dinginkan

Angkat loyang dari panci kukusan dan biarkan dingin. Setelah dingin, keluarkan brownies dari loyang dan potong-potong sesuai selera.

Tips dalam Membuat Brownies Kukus Coklat Sederhana

Agar brownies kukus coklat sederhana yang kamu buat menjadi lebih sempurna, berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu lakukan:

1. Campurkan Bahan Kering Terlebih Dahulu

Sebelum mencampurkan bahan basah, sebaiknya campurkan bahan kering terlebih dahulu. Aduk rata agar tidak ada gumpalan dan brownies kukus coklat menjadi lebih lembut.

2. Panaskan Minyak Goreng Agak Hangat

Panaskan minyak goreng hingga agak hangat (tidak perlu terlalu panas). Hal ini akan membuat gula pasir lebih cepat larut dan brownies kukus coklat menjadi lebih lezat.

3. Jangan Terlalu Lama Mengaduk Adonan

Jangan terlalu lama mengaduk adonan setelah bahan kering ditambahkan ke dalam bahan basah. Hal ini akan membuat brownies kukus coklat menjadi keras dan kurang lembut.

4. Gunakan Tusuk Gigi untuk Menguji Kematangan Brownies

Gunakan tusuk gigi untuk menguji kematangan brownies. Jika tusuk gigi keluar bersih, artinya brownies sudah matang. Jika masih ada adonan yang menempel pada tusuk gigi, artinya brownies masih belum matang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue Ultah Kukus Sederhana

5. Dinginkan Brownies Sebelum Dipotong

Dinginkan brownies terlebih dahulu sebelum dipotong-potong. Hal ini akan membuat brownies lebih mudah dipotong dan tidak mudah hancur.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah bisa membuat brownies kukus coklat tanpa telur?

Bisa, kamu bisa menggunakan pengganti telur seperti pisang yang dihaluskan atau susu kedelai.

2. Apakah brownies kukus coklat bisa disimpan dalam freezer?

Bisa, brownies kukus coklat dapat disimpan dalam freezer selama beberapa hari.

3. Apa yang harus dilakukan jika brownies kukus coklat tidak matang?

Jika brownies kukus coklat tidak matang, maka kamu bisa memasaknya kembali di atas kukusan selama beberapa menit.

4. Apakah brownies kukus coklat bisa menggunakan margarin sebagai pengganti minyak goreng?

Bisa, kamu bisa menggunakan margarin sebagai pengganti minyak goreng pada brownies kukus coklat.

5. Apa yang harus dilakukan jika brownies kukus coklat terlalu lembek?

Jika brownies kukus coklat terlalu lembek, maka kamu bisa memasaknya kembali di atas kukusan selama beberapa menit atau memanggangnya di dalam oven agar lebih kering.

Penutup

Itulah cara membuat brownies kukus coklat sederhana yang dapat kamu buat di rumah dengan mudah. Dengan bahan yang mudah didapatkan dan langkah-langkah yang mudah diikuti, kamu dapat membuat brownies kukus coklat yang lezat dan sempurna. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Brownies Kukus Coklat Sederhana