Cara Membuat Brownies Coklat Panggang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat brownies coklat panggang sederhana. Siapa yang tidak suka brownies? Brownies memang menjadi salah satu camilan yang paling digemari oleh banyak orang, terutama anak-anak. Brownies yang lembut dengan rasa coklat yang khas pasti bisa menggugah selera kita. Nah, kali ini kita akan membuat brownies coklat panggang yang sangat sederhana dan mudah untuk dibuat di rumah. Selain itu, resep ini juga sangat cocok bagi kamu yang baru pertama kali membuat brownies.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai proses pembuatan brownies coklat panggang sederhana, ada beberapa bahan yang harus kamu siapkan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu
150 gr
Gula pasir
200 gr
Coklat bubuk
50 gr
Minyak sayur
200 ml
Putih telur
3 butir
Garam
1/4 sdt

Pastikan semua bahan yang kamu gunakan sudah siap dan terukur dengan baik agar proses pembuatan brownies coklat panggang sederhana ini bisa berjalan dengan lancar.

Langkah-langkah pembuatan

Nah, setelah semua bahan terkumpul, mari kita mulai proses pembuatan brownies coklat panggang sederhana. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Panaskan oven terlebih dahulu

Sebelum mulai membuat adonan brownies, panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat Celsius.

2. Campurkan tepung terigu, gula pasir, dan coklat bubuk

Campurkan tepung terigu, gula pasir, dan coklat bubuk. Aduk hingga merata. Pastikan tidak ada gumpalan pada campuran bahan kering ini.

3. Tambahkan minyak sayur

Tambahkan minyak sayur pada campuran bahan kering tadi. Aduk rata hingga adonan menjadi kental dan lembut.

4. Kocok putih telur dan garam

Kocok putih telur dan garam hingga mengembang dan berbentuk puncak. Pastikan kocokan putih telur sudah cukup kaku dan tidak mudah turun.

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Mengolah Gingseng Sederhana

5. Masukkan putih telur ke dalam adonan

Masukkan adonan putih telur ke dalam campuran bahan kering dan minyak sayur secara bertahap. Aduk perlahan hingga tercampur merata.

6. Tuangkan adonan ke dalam loyang

Setelah adonan tercampur merata, tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah dioles minyak dan dialasi kertas roti. Ratakan permukaan adonan dengan spatula.

7. Panggang adonan dalam oven

Panggang adonan brownies dalam oven yang sudah dipanaskan tadi selama kurang lebih 25-30 menit atau hingga matang. Cek kekematangannya dengan menusukkan tusuk gigi pada tengah adonan. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti brownies sudah matang.

Tips dan trik

Supaya brownies coklat panggang sederhana yang kamu buat lebih lezat dan empuk, ada beberapa tips dan trik yang bisa kamu terapkan:

1. Tambahkan kacang atau coklat chip

Agar brownies coklat panggang sederhana lebih lezat dan bergizi, kamu bisa menambahkan kacang atau coklat chip ke dalam adonan. Pilih kacang atau coklat chip yang sudah dicincang kecil-kecil agar tidak mengganggu tekstur brownies saat dikunyah.

2. Jangan terlalu banyak mengaduk adonan

Ketika mengaduk adonan brownies, sebaiknya jangan terlalu banyak mengaduknya. Cukup aduk perlahan hingga tercampur merata saja. Terlalu banyak mengaduk adonan justru akan membuat brownies menjadi tidak lezat dan keras.

3. Gunakan loyang yang tepat

Pemilihan loyang juga sangat berpengaruh pada hasil akhir dari brownies coklat panggang sederhana yang kamu buat. Pilih loyang yang berukuran sedang dan memiliki tinggi yang sama agar brownies matang dengan sempurna.

4. Jangan membuka oven terlalu sering

Supaya brownies matang dengan sempurna, sebaiknya jangan membuka oven terlalu sering. Jika membuka oven terlalu sering, suhu dalam oven akan berfluktuasi dan membuat brownies menjadi tidak matang dengan sempurna.

TRENDING 🔥  Cara Masak Mie Goreng Sederhana Menggunakan Intermi

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang brownies coklat panggang sederhana:

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat brownies coklat panggang sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat brownies coklat panggang sederhana kurang lebih 45 menit, termasuk waktu mempersiapkan bahan-bahan dan memanggang.

2. Bisakah brownies coklat panggang sederhana disimpan dalam kulkas?

Iya, brownies coklat panggang sederhana bisa disimpan dalam kulkas untuk menjaga kelezatan dan kesegarannya. Brownies bisa tahan hingga 3-4 hari dalam kulkas.

3. Bisakah bahan-bahan brownies coklat panggang sederhana diubah atau ditambahkan?

Tentu saja bisa. Jika kamu ingin menambahkan atau mengubah bahan-bahan sesuai selera atau ketersediaan di rumah, itu tidak masalah. Namun, pastikan proporsi bahan yang digunakan tetap seimbang agar hasilnya tidak berbeda jauh dari resep aslinya.

Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat brownies coklat panggang sederhana yang sangat mudah dan praktis. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat brownies yang lezat dan empuk di rumah. Jangan lupa untuk mencoba resep ini dan berbagi pengalamanmu dengan kami di kolom komentar ya! Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Brownies Coklat Panggang Sederhana