Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu suka dengan kue bolu? Apalagi kalau bolunya menggunakan ketan hitam yang lembut dan manis, pasti bikin ngiler ya. Nah, kali ini kita akan berbagi cara membuat bolu ketan hitam sederhana yang mudah dan enak. Yuk, simak cara pembuatannya di bawah ini.

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat bolu ketan hitam sederhana ini cukup mudah didapatkan di pasaran. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung ketan hitam
200 gram
Tepung terigu
50 gram
Gula pasir
150 gram
Minyak sayur
70 ml
Santan kental
200 ml
Telur ayam
3 butir
Pewarna makanan hitam
secukupnya
Baking powder
1 sendok teh
Essens vanila
1 sendok teh
Garam
1/2 sendok teh

Cara Membuat

1. Siapkan Bahan-bahan

Pertama, siapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan seperti yang telah disebutkan di atas. Siapkan wadah pengaduk dan alat oven untuk memanggang bolu nanti.

2. Campurkan Ketan Hitam, Tepung Terigu, Gula Pasir, dan Garam

Ambil satu wadah pengaduk dan masukkan tepung ketan hitam, tepung terigu, gula pasir, dan garam. Aduk rata hingga bahan tercampur sempurna.

3. Tambahkan Santan, Telur, Minyak Sayur, dan Pewarna Makanan

Selanjutnya, tambahkan santan kental, telur ayam, minyak sayur, dan pewarna makanan hitam. Aduk semua bahan hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang lembut.

4. Tambahkan Baking Powder dan Essens Vanila

Setelah adonan dirasa cukup tercampur rata, tambahkan baking powder dan essens vanila ke dalamnya. Aduk lagi hingga semua bahan tercampur rata dan adonan menjadi lebih kental.

5. Tuang Adonan ke Dalam Loyang

Selanjutnya, olesi loyang dengan margarin atau mentega. Tuang adonan ke dalam loyang dan ratakan permukaannya dengan spatula.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Ote-Ote Sosis Sederhana Maknyus

6. Panggang Bolu Ketan Hitam dalam Oven

Panaskan oven terlebih dahulu selama 10-15 menit. Masukkan loyang ke dalam oven dengan suhu 180 derajat Celcius dan panggang selama 35-40 menit hingga mekar dan matang. Jangan lupa selalu pantau bolu ketan hitam di dalam oven agar tidak gosong.

7. Angkat dan Dinginkan Bolu Ketan Hitam

Setelah bolu ketan hitam matang, angkat dari dalam oven dan biarkan dingin terlebih dahulu sebelum dikeluarkan dari loyang. Setelah suhu ruang, potong bolu ketan hitam menjadi bentuk yang diinginkan dan sajikan.

FAQ

1. Apakah Tepung Ketan Hitam Bisa Diganti dengan Tepung Ketan Biasa?

Tidak bisa. Karena ketan hitam memiliki kandungan yang berbeda dengan ketan biasa. Penggunaan tepung ketan biasa akan menghasilkan tekstur bolu yang berbeda dan kurang lembut.

2. Apakah Bolu Ketan Hitam Ini Cocok untuk Jualan Kue?

Cocok sekali. Bolu ketan hitam menjadi salah satu kue yang sedang populer di pasaran. Rasanya yang lembut dan manis membuat bolu ketan hitam menjadi kue favorit banyak orang.

3. Berapa Lama Masa Simpan Bolu Ketan Hitam?

Bolu ketan hitam dapat bertahan hingga 2-3 hari di suhu ruang. Namun, jika ingin lebih tahan lama, bolu ketan hitam dapat disimpan di dalam kulkas selama 1 minggu.

4. Apa Saja Varian Rasa Bolu Ketan Selain Hitam?

Ada banyak varian rasa bolu ketan selain ketan hitam, misalnya bolu ketan pandan, bolu ketan putih, bolu ketan sarikaya, dan masih banyak lagi. Kamu bisa mencoba membuat varian rasa bolu ketan yang lain untuk variasi.

Conclusion

Nah, itulah cara membuat bolu ketan hitam sederhana yang enak dan mudah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat sendiri bolu ketan hitam di rumah tanpa harus keluar rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat untuk Sobat Sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

TRENDING 🔥  Cara Membungkus Kado Sederhana dan Mudah

Cara Membuat Bolu Ketan Hitam Sederhana