Cara Membuat Bola-Bola Nasi Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan bola-bola nasi yang kenyal dan gurih? Bola-bola nasi bisa jadi cemilan yang cocok untuk dijadikan teman santai bersama keluarga maupun teman-teman. Namun, tidak sedikit orang yang merasa sulit untuk membuat bola-bola nasi yang enak dan renyah. Oleh karena itu, saya akan membagikan caranya agar Sobat Sederhana mampu membuat bola-bola nasi yang sederhana namun enak.

1. Persiapan Bahan-bahan

Hal pertama yang harus dilakukan dalam membuat bola-bola nasi adalah mempersiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus Sobat Sederhana persiapkan:

Bahan-bahan
Jumlah
Nasi putih
250 gram
Telur
1 butir
Daun bawang, cincang halus
1 batang
Keju parut
50 gram
Tepung panir
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, hal selanjutnya adalah membuat bola-bola nasi.

2. Membuat Bola-bola Nasi

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat bola-bola nasi:

Langkah 1: Campurkan Seluruh Bahan

Pertama-tama, campurkan nasi yang telah dingin dengan telur, daun bawang, serta keju parut. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

Langkah 2: Bentuk Adonan Menjadi Bola-bola

Setelah adonan tercampur rata, ambil sejumput adonan, pipihkan di telapak tangan, lalu bentuk menjadi bola-bola kecil.

Langkah 3: Baluri Bola-bola Nasi dengan Tepung Panir

Setelah adonan terbentuk menjadi bola-bola nasi, baluri dengan tepung panir sampai seluruh permukaannya tertutup dengan baik.

Langkah 4: Goreng Bola-bola Nasi

Panaskan minyak goreng dalam wajan hingga benar-benar panas, lalu masukkan bola-bola nasi ke dalam wajan. Goreng bola-bola nasi hingga berwarna kuning kecokelatan, kemudian angkat dan tiriskan.

3. Penyajian Bola-bola Nasi

Setelah bola-bola nasi sudah matang, sekarang saatnya menyantapnya. Bola-bola nasi ini cocok disajikan sebagai cemilan atau juga bisa menjadi lauk yang mengenyangkan. Sajikan bola-bola nasi dengan saus sambal atau mayones sesuai selera.

TRENDING 🔥  Cara yang Sederhana dan Akurat Mengelola E-Learning pada Pengetahuan Awal

FAQ

1. Apakah bahan-bahan untuk membuat bola-bola nasi bisa diganti dengan yang lain?

Tentu saja bisa. Anda bisa mengganti keju parut dengan daging cincang atau sayuran cincang. Selama rasa dan teksturnya masih enak, Anda bisa berkreasi dengan bahan apa saja.

2. Apakah bola-bola nasi bisa disimpan dalam freezer?

Ya, bola-bola nasi bisa disimpan dalam freezer. Setelah digoreng, tunggu hingga dingin, lalu simpan dalam wadah yang kedap udara, dan masukkan ke dalam freezer. Sebelum disajikan, goreng bola-bola nasi itu kembali hingga kuning kecokelatan.

3. Apakah tepung panir bisa diganti dengan tepung lain?

Tentu saja bisa. Anda bisa mengganti tepung panir dengan tepung roti atau tepung terigu. Namun, tepung panir memberikan rasa dan tekstur yang lebih renyah pada bola-bola nasi.

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat bola-bola nasi?

Waktu yang dibutuhkan sekitar 30 menit, tergantung pada jumlah bola-bola nasi yang akan dibuat. Namun, pastikan bahan-bahan sudah disiapkan sebelumnya agar proses pembuatan lebih cepat.

Penutup

Itulah cara membuat bola-bola nasi sederhana yang bisa Sobat Sederhana coba praktekkan di rumah. Semoga resep ini bisa berguna dan bisa membuat cemilan yang nikmat.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Bola-Bola Nasi Sederhana