Cara Membuat Arem Arem Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Hari ini, kita akan belajar cara membuat arem arem sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Arem arem adalah makanan khas Indonesia yang terbuat dari tepung ketan dan diberi isian berupa ikan, daging, atau sayuran. Cita rasanya yang gurih dan lezat membuat arem arem menjadi makanan favorit banyak orang.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum kita mulai membuat arem arem, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung ketan
500 gram
Air matang
600 ml
Garam
1 sendok teh
Minyak goreng
secukupnya
Ikan teri
150 gram
Bawang putih
3 siung
Kacang tanah
50 gram
Gula merah
50 gram
Jahe
1 ruas jari

Langkah-langkah Pembuatan

Berikut ini adalah langkah-langkah membuat arem arem sederhana:

1. Membuat Adonan Tepung Ketan

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat adonan tepung ketan. Campurkan tepung ketan, air, dan garam dalam wadah dan aduk hingga rata. Kukus adonan selama 15 menit hingga matang. Setelah matang, angkat dan diamkan selama 10 menit.

2. Membuat Isian Ikan Teri

Selagi adonan tepung ketan didiamkan, kita bisa mulai membuat isian ikan teri. Tumis bawang putih dan jahe hingga harum. Masukkan ikan teri dan kacang tanah yang sudah dicincang kasar. Tambahkan gula merah dan sedikit air matang. Aduk hingga merata dan matang. Setelah matang, angkat dan sisihkan.

3. Membentuk Arem Arem

Selagi isian ikan teri didiamkan, kita bisa mulai membentuk arem arem. Ambil sedikit adonan tepung ketan dan pipihkan dengan tangan. Beri isian ikan teri di tengah-tengah adonan dan bentuk menjadi bola kecil. Lakukan sampai adonan dan isian habis.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Website Universitas Sederhana

4. Mengukus Arem Arem

Letakkan arem arem yang sudah dibentuk di dalam kukusan yang sudah dipanaskan. Kukus arem arem selama 10 menit hingga matang. Setelah matang, angkat dan sajikan.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan

Apa yang bisa dijadikan isian arem arem?

Isian arem arem bisa beragam, tergantung selera dan keinginan kamu. Beberapa isian yang umum digunakan adalah ikan teri, daging cincang, sayuran seperti wortel atau kangkung, atau bahan-bahan lain yang kamu suka.

Bisa gak pakai tepung ketan yang instan?

Bisa, tapi rasanya tidak akan seauthentik arem arem yang menggunakan tepung ketan biasa. Selain itu, tepung ketan instan bisa jadi sulit diolah dan kurang menghasilkan tekstur arem arem yang kenyal.

Kenapa adonan tepung ketan harus didiamkan?

Agar adonan tepung ketan jadi lebih mudah diolah dan hasilnya lebih kenyal, perlu didiamkan sejenak setelah dikukus. Hal ini juga agar arem arem tidak cepat hancur saat diambil dari kukusan.

Penutup

Semoga kamu sukses membuat arem arem sederhana di rumah. Jangan lupa untuk mencoba variasi isian yang berbeda dan berkreasi dengan arem arem ini. Selamat mencoba dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Arem Arem Sederhana