Cara Membuat Alat Ukur Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat alat ukur sederhana. Mungkin ada beberapa di antara Sobat yang sedang membutuhkan alat ukur namun tidak memiliki dana yang cukup untuk membeli alat tersebut. Oleh karena itu, dalam artikel ini kita akan membahas cara membuat alat ukur sederhana yang bisa Sobat buat sendiri dengan biaya terjangkau. Yuk, simak selengkapnya!

Persiapan Membuat Alat Ukur Sederhana

Sebelum memulai proses pembuatan alat ukur, ada beberapa bahan dan alat yang perlu disiapkan. Berikut ini adalah daftar bahan dan alat yang perlu disiapkan:

Bahan
Alat
Botol plastik bekas
Pisau atau gunting
Minyak goreng atau air sabun
Sekrup atau paku
Merah kembang atau spidol permanen
Penggaris atau meteran
Plastik transparan
Isolasi atau lakban
Alat ukur standar (opsional)

Pastikan Sobat menyiapkan semua bahan dan alat dengan benar sebelum memulai proses pembuatan.

Cara Membuat Alat Ukur Sederhana

Pembuatan Skala

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat skala pada botol plastik bekas. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Potong botol plastik bekas menjadi dua bagian dengan menggunakan pisau atau gunting. Bagian yang akan digunakan sebagai alat ukur adalah bagian atasnya.
  2. Tempatkan botol plastik bekas yang telah dipotong menjadi dua dengan bagian yang berisi air atau minyak menghadap ke atas.
  3. Tuang air atau minyak goreng ke dalam bagian atas botol plastik bekas hingga setengah bagian penuh.
  4. Tambahkan warna merah kembang atau spidol permanen ke dalam larutan air atau minyak goreng sesuai dengan yang Sobat inginkan.
  5. Tutup botol plastik bekas dengan bagian bawahnya secara rapat menggunakan isolasi atau lakban.
  6. Tempelkan plastik transparan di atas botol plastik bekas yang telah ditutup menggunakan isolasi atau lakban. Plastik transparan ini berfungsi sebagai pelindung pengukur agar tidak mudah rusak.
  7. Gambarlah skala pada plastik transparan menggunakan penggaris atau meteran. Anda dapat membuat skala yang Anda inginkan pada plastik transparan. Skala yang dibuat harus akurat dan mudah dibaca.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Nugget Tahu Sederhana

Pembuatan Penunjuk

Langkah berikutnya adalah membuat penunjuk pada botol plastik bekas sesuai dengan skala yang telah dibuat sebelumnya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Rekatkan sekrup atau paku ke ujung kecil kayu atau plastik.
  2. Masukkan bagian ujung sekrup atau paku yang tidak tajam ke dalam lubang botol plastik bekas yang telah ditutup dengan plastik transparan.
  3. Sekrup atau paku tersebut berfungsi sebagai penunjuk yang akan menunjukkan hasil pengukuran pada skala yang telah dibuat.
  4. Pastikan posisi penunjuk pada botol plastik bekas benar dan sesuai dengan skala yang telah dibuat sebelumnya.

FAQ Cara Membuat Alat Ukur Sederhana

1. Apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat alat ukur sederhana?

Sobat Sederhana membutuhkan botol plastik bekas, minyak goreng atau air sabun, merah kembang atau spidol permanen, plastik transparan, sekrup atau paku, penggaris atau meteran, isolasi atau lakban, dan alat ukur standar (opsional).

2. Apa fungsi dari plastik transparan pada alat ukur sederhana?

Plastik transparan berfungsi sebagai pelindung pengukur agar tidak mudah rusak dan juga sebagai tempat untuk menggambar skala yang akan digunakan dalam pengukuran.

3. Apa yang harus dilakukan jika hasil pengukuran pada alat ukur sederhana tidak akurat?

Jika alat ukur sederhana yang Sobat buat tidak memberikan hasil pengukuran yang akurat, pastikan bahwa bahan dan alat yang digunakan sudah sesuai dengan yang dianjurkan. Anda juga dapat membandingkan hasil pengukuran dengan alat ukur standar yang ada.

4. Bisakah alat ukur sederhana ini digunakan untuk mengukur berbagai jenis benda?

Alat ukur sederhana yang Sobat buat bisa digunakan untuk mengukur berbagai jenis benda, seperti air, minyak, dan benda padat dengan menggunakan satuan pengukuran yang sama.

TRENDING 🔥  Cara Menghias Wajah Sederhana untuk Sobat Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Alat Ukur Sederhana