Cara Membuat Alat Shisha Sederhana

Hai Sobat Sederhana, apa kabar? Kali ini saya akan membahas tentang cara membuat alat shisha sederhana. Bagi kamu yang suka merokok shisha atau yang ingin mencoba merokok shisha, tapi kesulitan untuk membeli alat shisha, kamu bisa membuatnya sendiri dengan cara yang sederhana dan murah. Yuk, simak penjelasannya di bawah ini.

Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai membuat alat shisha sederhana, kamu harus menyiapkan bahan dan alat-alat yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut ini adalah daftar bahan dan alat yang diperlukan:

Bahan
Alat
Botol plastik bekas
Gunting
Tabung pipa PVC
Plat kayu atau kardus
Alumunium foil
Lilin atau perekat
Isi shisha
Termometer
Arang
Kaleng cat bekas

Setelah semua bahan dan alat terpenuhi, kamu bisa memulai proses pembuatan alat shisha sederhana.

Langkah-Langkah Membuat Alat Shisha Sederhana

1. Potong Botol Plastik Bekas

Pertama-tama, kamu harus memotong bagian atas botol plastik bekas dengan gunting. Pastikan potongannya rapi dan tidak bergelombang.

2. Buat Lubang pada Tutup Botol

Setelah itu, buatlah lubang pada tutup botol plastik bekas dengan menggunakan gunting atau bor. Lubang ini akan digunakan sebagai tempat memasukkan pipa shisha.

3. Potong Pipa PVC

Setelah itu, potong pipa PVC menjadi dua bagian dengan ukuran yang sama. Pipa ini akan digunakan sebagai tempat arang dan tempat memasukkan pipa shisha.

4. Buat Tumpukan Arang dan Alumunium Foil

Selanjutnya, letakkan alumunium foil di atas plat kayu atau kardus. Kemudian, letakkan arang di atas alumunium foil. Bungkus arang dengan alumunium foil dan buat beberapa lubang kecil di atasnya dengan menggunakan lidi atau jarum.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Transaksi Sederhana di dalam Web HTML PHP

5. Pasang Pipa PVC

Setelah itu, pasang pipa PVC pada botol plastik bekas yang sudah dipotong tadi. Sebelum itu, isi botol dengan air secukupnya. Pasang pipa PVC yang sudah dipotong tadi pada bagian tengah botol plastik bekas dengan menggunakan lilin atau perekat.

6. Letakkan Karbon Aktif

Setelah itu, letakkan karbon aktif di atas pipa PVC yang telah terpasang pada botol plastik bekas. Karbon aktif ini akan membantu memurnikan asap yang dihasilkan oleh arang.

7. Tempatkan Tumpukan Arang di Atas Pipa PVC

Setelah itu, letakkan tumpukan arang dan alumunium foil di atas pipa PVC yang telah terpasang pada botol plastik bekas. Pastikan lubang-lubang kecil yang ada di atas alumunium foil berada tepat di atas karbon aktif.

8. Buat Lubang pada Bagian Pipa PVC yang Satunya Lagi

Selanjutnya, buatlah lubang pada bagian pipa PVC yang satunya lagi. Lubang ini akan digunakan sebagai tempat memasukkan pipa shisha.

9. Buat Lubang pada Tutup Kaleng Cat Bekas

Setelah itu, buatlah lubang pada tutup kaleng cat bekas dengan menggunakan gunting atau bor. Lubang ini akan digunakan sebagai tempat keluar asap hasil pembakaran arang.

10. Pasang Pipa Shisha

Langkah terakhir, pasang pipa shisha pada lubang yang ada di tutup botol plastik bekas. Kemudian, pasang tutup kaleng cat bekas pada bagian atas pipa PVC yang telah dipotong tadi. Pastikan lubang yang ada pada tutup kaleng cat bekas berada tepat di atas lubang yang ada pada alumunium foil.

Pertanyaan Umum tentang Alat Shisha Sederhana

1. Berapa Lama Waktu yang Dibutuhkan untuk Membuat Alat Shisha Sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat alat shisha sederhana tergantung pada skill dan pengalaman kamu dalam membuatnya. Namun, secara umum, waktu yang dibutuhkan adalah sekitar 1-2 jam.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Cireng Crispy Sederhana

2. Apakah Alat Shisha Sederhana Aman Digunakan?

Sama seperti merokok pada umumnya, merokok shisha memiliki risiko kesehatan yang tinggi. Namun, jika kamu membuat alat shisha sederhana dengan benar dan memakainya sesuai dengan aturan yang berlaku, maka alat shisha sederhana aman digunakan.

3. Bagaimana Cara Membersihkan Alat Shisha Sederhana?

Untuk membersihkan alat shisha sederhana, kamu bisa membersihkan bagian dalam dan luar botol plastik bekas dengan air dan sabun. Selain itu, kamu juga bisa membersihkan pipa shisha, pipa PVC dan tutup kaleng cat bekas dengan air dan sabun. Pastikan alat shisha sederhana sudah kering sebelum digunakan kembali.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu bisa membuat alat shisha sederhana sendiri di rumah. Selain lebih murah, membuat alat shisha sederhana juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Namun, ingatlah untuk selalu menggunakan alat shisha dengan bijak dan sesuai dengan aturan yang berlaku. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Alat Shisha Sederhana