Cara Membuat Alat Perontok Jagung Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini kita akan membahas cara membuat alat perontok jagung sederhana yang bisa kamu gunakan di rumah. Meskipun terlihat sederhana, namun alat ini sangat berguna untuk mempermudah pekerjaan kamu dalam memanen jagung. Yuk, simak artikel berikut ini!

1. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat alat perontok jagung sederhana, ada beberapa alat dan bahan yang perlu kamu siapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah daftarnya:

Alat
Bahan
Gunting
Pipa PVC
Pisau
Baut
Obeng
Roda sepeda
Palu
Plat besi

Pipa PVC

Pipa PVC adalah salah satu bahan penting yang digunakan dalam pembuatan alat perontok jagung sederhana. Pilih pipa PVC dengan diameter sekitar 5 cm dan panjang sekitar 1 meter.

Roda Sepeda

Roda sepeda akan digunakan sebagai bagian dari mekanisme alat perontok jagung sederhana. Gunakan roda sepeda bekas yang masih dalam kondisi baik.

2. Cara Membuat

Langkah 1

Pertama-tama, potong pipa PVC sepanjang 1 meter menggunakan gunting. Setelah itu, potong plat besi menjadi ukuran 25×25 cm. Gunakan pisau atau gergaji untuk memotong plat besi tersebut.

Langkah 2

Setelah memiliki pipa PVC yang sudah dipotong dan plat besi, langkah selanjutnya adalah membuat lubang pada pipa PVC. Gunakan obeng untuk membuat lubang sebesar baut pada pipa PVC. Buatlah 2 lubang pada pipa PVC, dengan jarak antara lubang sekitar 15 cm.

Langkah 3

Pasang roda sepeda pada plat besi dengan menggunakan baut dan mur. Pastikan roda sepeda sudah terpasang dengan kuat dan stabil pada plat besi.

Langkah 4

Selanjutnya, pasang pipa PVC pada plat besi dengan menggunakan baut dan mur. Pasang pipa PVC dengan posisi miring ke arah roda sepeda. Pastikan pipa PVC sudah terpasang dengan kuat dan stabil pada plat besi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Las Plastik Sederhana

Langkah 5

Pasang gagang pada pipa PVC dengan menggunakan baut dan mur. Pastikan gagang sudah terpasang dengan kuat dan stabil pada pipa PVC.

3. Cara Menggunakan

Langkah 1

Untuk menggunakan alat perontok jagung sederhana, pertama-tama kita harus memasukkan batang jagung ke dalam lubang pipa PVC yang sudah dibuat sebelumnya.

Langkah 2

Kemudian, gerakkan alat perontok jagung sederhana ke arah batang jagung dengan menggunakan gagang yang sudah dipasang pada pipa PVC. Gerakkan dengan lembut dan perlahan-lahan.

Langkah 3

Jika sudah terasa batang jagung sudah terlepas dari tongkolnya, keluarkan batang jagung dari lubang pipa PVC.

4. FAQ

1. Apakah alat perontok jagung sederhana ini efektif?

Ya, alat perontok jagung sederhana ini cukup efektif dalam memisahkan batang jagung dari tongkolnya.

2. Apakah semua jenis batang jagung bisa dimasukkan ke dalam lubang pipa PVC?

Tidak, pastikan batang jagung yang akan dimasukkan ke dalam lubang pipa PVC memiliki diameter yang sesuai dengan ukuran lubang.

3. Apa yang harus dilakukan jika alat perontok jagung sederhana rusak?

Jika alat perontok jagung sederhana rusak, kamu bisa memperbaikinya sendiri atau membawanya ke tukang las untuk diperbaiki.

5. Kesimpulan

Demikianlah cara membuat alat perontok jagung sederhana yang bisa kamu gunakan di rumah. Dengan membuat alat ini, kamu bisa memanen jagung dengan lebih mudah dan efisien. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat menggunakan alat ini. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Alat Perontok Jagung Sederhana