Cara Membuat Alat Pembengkok Besi Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana, pada artikel kali ini kita akan membahas tentang cara membuat alat pembengkok besi sederhana. Alat ini sangat berguna bagi Anda yang ingin membuat atau memperbaiki berbagai macam benda dari besi seperti kerangka motor, kolam renang, pagar, dan lain sebagainya. Dengan membuat sendiri alat ini, Anda dapat menghemat biaya serta dapat memperbaiki atau membuat benda dari besi sesuai dengan keinginan Anda. Berikut ini adalah cara membuat alat pembengkok besi sederhana.

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat alat pembengkok besi sederhana, ada beberapa alat dan bahan yang harus Anda siapkan terlebih dahulu. Diantaranya yaitu:

Alat
Bahan
Gerinda tangan
Pipa besi dengan diameter 1 inci dan tebal 3 mm
Potong besi
Baut dan mur
Tang potong
Lem tembak
Tang long nose
Plat besi dengan ukuran 20 x 10 cm dan tebal 3 mm
Obeng
Besi siku dengan ukuran 4 x 4 cm dan tebal 3 mm
Pen marker

Dengan mempersiapkan alat dan bahan diatas, Anda sudah siap untuk membuat alat pembengkok besi sederhana.

Langkah-langkah Membuat Alat Pembengkok Besi Sederhana

Langkah 1: Potong Pipa Besi

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memotong pipa besi dengan panjang 20 cm menggunakan gerinda tangan. Pastikan irisan pipa besi sejajar.

Langkah 2: Pasang Pipa Besi ke Plat Besi

Setelah pipa besi dipotong, pasang pipa besi ke tengah-tengah plat besi dengan menggunakan mur dan baut. Pastikan pipa besi terpasang dengan kuat dan tidak goyah.

Langkah 3: Pasang Besi Siku pada Pipa Besi

Pasang besi siku dengan ukuran 4 x 4 cm dan tebal 3 mm pada pipa besi dengan menggunakan baut dan mur. Letakkan besi siku sejajar dengan pipa besi dan letakkan pada jarak 10 cm dari titik awal pipa besi.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Puding Ulang Tahun Sederhana

Langkah 4: Pasang Penjepit pada Besi Siku

Pasang penjepit pada besi siku yang sudah terpasang pada pipa besi. Pastikan penjepit terpasang dengan kuat.

Langkah 5: Beri Pelindung pada Besi Siku

Beri pelindung pada besi siku dengan menggunakan lempengan besi. Potong lempengan besi dengan ukuran yang sesuai, lalu tempelkan pada besi siku dengan menggunakan lem tembak.

FAQ

1. Apakah alat pembengkok besi sederhana ini dapat digunakan untuk membengkok besi dengan diameter yang besar?

Tergantung pada besi yang ingin dibengkokkan, alat pembengkok besi sederhana ini dapat digunakan untuk membengkok besi dengan diameter hingga 1 inci.

2. Apakah sulit membuat alat pembengkok besi sederhana?

Tidak sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan, Anda dapat membuat alat pembengkok besi sederhana dengan mudah.

3. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat alat pembengkok besi sederhana?

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat alat pembengkok besi sederhana sekitar Rp100.000,- hingga Rp150.000,- tergantung dari harga bahan di daerah Anda.

Penutup

Terima kasih telah membaca artikel ini Sobat Sederhana. Dengan membuat sendiri alat pembengkok besi sederhana, Anda telah menghemat biaya serta dapat memperbaiki atau membuat benda dari besi sesuai dengan keinginan Anda. Jangan lupa untuk menggunakan alat dengan hati-hati dan tidak melanggar ketentuan keselamatan kerja. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Alat Pembengkok Besi Sederhana

https://youtube.com/watch?v=_cdG2N8XMes