Cara Membuat Alat Oven Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar kalian hari ini? Bagaimana dengan berkarya memasak? Pernahkah kalian ingin membuat kue atau roti di rumah tapi tidak memiliki alat oven? Jangan khawatir, kali ini kita akan membahas cara membuat alat oven sederhana yang dapat membantu dalam kegiatan memasak di rumah.

Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat alat oven sederhana, pastikan kalian menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan sebagai berikut:

Bahan
Jumlah
Baskom aluminium
1 buah
Kerikil
1 karung kecil
Kabel listrik
1 buah
Lembaran styrofoam
2 buah
Isolasi panas
1 rol
Penjepit kabel
2 buah

1. Baskom Aluminium

Pertama, persiapkan baskom aluminium yang akan digunakan sebagai oven. Baskom aluminium biasanya digunakan untuk menampung air atau wadah memasak. Ukuran baskom bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian.

2. Kerikil

Kerikil berfungsi sebagai pemanas dalam alat oven yang akan kita buat. Kerikil tersebut berjumlah banyak maka semakin panas suhu oven kita. Kerikil bisa kalian beli di toko material bangunan atau toko peternakan yang biasanya menjual kerikil untuk kandang ternak.

3. Kabel Listrik

Kabel listrik digunakan untuk menyalakan alat oven yang telah kita buat. Pastikan kabel listrik yang digunakan dalam keadaan baik dan dilengkapi dengan saklar on/off untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

4. Styrofoam

Styrofoam berfungsi sebagai pelindung atau isolator dari panas. Kita akan menggunakan 2 lembaran styrofoam yang masing-masing memiliki ketebalan sekitar 2-3 cm. Styrofoam tersebut bisa kalian beli di toko kertas atau toko bangunan.

5. Isolasi Panas

Isolasi panas berfungsi sebagai lapisan yang akan menahan panas dalam alat oven kita. Isolasi panas tersebut bisa kalian beli di toko material atau toko bangunan. Isolasi panas tersedia dalam bentuk rol dengan ukuran yang bervariasi, pilihlah yang sesuai dengan kebutuhan kalian.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue Pisang Sederhana

6. Penjepit Kabel

Penjepit kabel digunakan untuk menjepit kabel listrik pada alat oven yang kita buat sehingga kabel tersebut tidak mudah lepas. Pastikan kalian memilih penjepit kabel yang kuat dan tidak mudah rusak.

Cara Membuat Alat Oven Sederhana

1. Siapkan Baskom Aluminium

Pertama, siapkan baskom aluminium yang akan kita gunakan sebagai oven. Pastikan baskom tersebut bersih dan kering sebelum digunakan. Letakkan baskom di atas meja atau lantai yang datar dan rata.

2. Letakkan Kerikil di Dalam Baskom

Setelah itu, letakkan kerikil ke dalam baskom hingga kerikil tersebut menutupi seluruh bagian baskom. Kerikil tersebut berfungsi sebagai pemanas dalam alat oven kita. Pastikan kerikil tersusun dengan rapih dan tidak saling menumpuk satu sama lain.

3. Letakkan Styrofoam di Atas Baskom

Selanjutnya, letakkan 1 lembaran styrofoam di atas baskom. Pastikan styrofoam tersebut menutupi seluruh permukaan baskom dan terdapat lubang di tengah sebagai tempat meletakkan makanan atau bahan yang akan dipanggang.

4. Letakkan Isolasi Panas di Atas Styrofoam

Kemudian, letakkan isolasi panas di atas styrofoam. Pastikan isolasi panas tersebut menutupi seluruh permukaan styrofoam dan baskom. Gunakan seutas tali atau pita kertas untuk mengikat isolasi panas agar tidak mudah terlepas.

5. Tambahkan Lembaran Styrofoam di Atas Isolasi Panas

Setelah itu, tambahkan lembaran styrofoam yang kedua di atas isolasi panas. Pastikan styrofoam tersebut menutupi seluruh permukaan isolasi panas dan baskom. Lubang yang di tengah styrofoam tersebut akan menjadi tempat untuk mengeluarkan panas dari alat oven kita.

6. Pasang Kabel Listrik dan Penjepit Kabel

Kemudian, pasang kabel listrik pada alat oven kita dengan menggunakan penjepit kabel. Pastikan kabel listrik tersebut terpasang dengan kokoh dan tidak mudah lepas. Sambungkan kabel listrik pada saklar on/off agar mudah dalam menghidupkan atau mematikan alat oven.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membuat Alat Gosok Batu Akik

7. Oven Sederhana Siap Digunakan

Sekarang, alat oven sederhana kita sudah siap digunakan. Tinggal nyalakan saklar on/off pada kabel listrik dan biarkan kerikil pada baskom tersebut dipanaskan selama beberapa menit hingga mencapai suhu yang diinginkan. Selanjutnya, letakkan makanan atau bahan yang akan dipanggang pada lubang yang terdapat pada styrofoam. Tunggu hingga matang dan alat oven pun siap untuk digunakan kembali.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bagaimana cara mengatur suhu pada alat oven sederhana?

Untuk mengatur suhu pada alat oven sederhana, kalian dapat mengatur lama waktu pemanasan kerikil pada baskom aluminium. Semakin lama kerikil dipanaskan maka semakin tinggi suhu pada alat oven kita. Sebaiknya, coba dahulu dengan memasak makanan atau bahan pada suhu rendah terlebih dahulu.

2. Apa yang harus dilakukan jika alat oven sederhana tidak berfungsi dengan baik?

Jika alat oven sederhana tidak berfungsi dengan baik, cek kembali bahan dan alat yang telah digunakan. Pastikan baskom aluminium tidak rusak dan kerikil tersusun dengan rapih. Selain itu, pastikan kabel listrik tidak terputus dan penjepit kabel terpasang dengan kokoh.

3. Bahan apa saja yang bisa dipanggang menggunakan alat oven sederhana?

Bahan yang dapat dipanggang menggunakan alat oven sederhana tergantung dari kebutuhan kalian. Beberapa bahan yang bisa dipanggang menggunakan alat oven sederhana antara lain roti, kue, pizza, ayam panggang, dan tahu isi.

4. Bagaimana cara membersihkan alat oven sederhana?

Setelah selesai digunakan, biarkan alat oven sederhana dingin terlebih dahulu. Kemudian, keluarkan kerikil dari baskom aluminium dan bersihkan baskom dengan air dan sabun. Pastikan baskom benar-benar kering sebelum menyimpannya kembali. Jangan mengikuti alat oven menggunakan bahan kimia pembersih atau menggosok alat dengan scrub karena dapat merusak alat oven sederhana.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Dipan Kayu Sederhana untuk Sobat Sederhana

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Nah, itulah cara membuat alat oven sederhana yang dapat kalian coba di rumah. Dengan membuat alat oven ini, kalian dapat memasak berbagai macam makanan atau bahan tanpa harus membeli oven mahal. Semoga artikel ini bermanfaat dan jangan lupa untuk mencoba membuat alat oven sederhana di rumah ya, Sobat Sederhana! Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Alat Oven Sederhana