Cara Membuat Agar Agar Pelangi Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat agar agar pelangi sederhana. Agar agar merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar rumput laut yang kaya akan manfaat bagi kesehatan. Agar agar pelangi merupakan salah satu jenis agar agar yang paling digemari oleh semua kalangan karena keindahan warnanya yang memikat. Dalam artikel ini, kita akan membahas secara lengkap cara membuat agar agar pelangi dengan bahan yang mudah didapatkan di rumah.

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat agar agar pelangi, pastikan Anda menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan, yaitu:

Bahan
Jumlah
Gula
150 gram
Air
500 ml
Agar agar bubuk
25 gram
Pewarna makanan
Sesuai selera
Esktrak vanili
1 sendok teh

Langkah-langkah pembuatan

1. Membuat larutan gula

Pertama-tama, siapkan panci dan masukkan 150 gram gula serta 500 ml air. Aduk hingga gula larut sempurna dan panaskan hingga mendidih.

2. Menambahkan agar agar bubuk

Setelah gula larut dan air mendidih, tambahkan 25 gram agar agar bubuk sambil terus diaduk hingga agar agar larut sempurna.

3. Memasukkan pewarna makanan

Selanjutnya, tambahkan pewarna makanan sesuai selera hingga mendapatkan warna yang diinginkan. Aduk rata dan matikan api.

4. Menambahkan esktrak vanili

Tambahkan 1 sendok teh esktrak vanili ke dalam campuran agar agar yang telah matang. Aduk rata dan tuang ke dalam cetakan. Tunggu hingga agak dingin dan ukuran agak mengeras, lalu tambahkan warna makan pada lapisan berikutnya. Ulangi proses ini hingga selesai.

5. Memasukkan ke dalam kulkas

Setelah selesai, masukkan agar agar pelangi ke dalam kulkas dan biarkan dingin selama beberapa jam hingga mengeras sempurna. Setelah itu, agar agar pelangi siap untuk disajikan.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Cireng Crispy Sederhana

FAQ

1. Bolehkah menggunakan agar agar instan?

Tentu saja boleh. Namun, pastikan untuk menyesuaikan takaran dengan jenis agar agar yang digunakan.

2. Bolehkah menggunakan pewarna alami?

Tentu saja boleh. Anda dapat menggunakan pewarna alami, seperti pandan, strawberry, atau kunyit, untuk memberikan warna pada agar agar pelangi.

3. Apa yang harus dilakukan jika agar agar pelangi tidak mengeras?

Jika agar agar pelangi tidak mengeras, pastikan Anda telah menyepuh bahan dengan benar dan memasukkan ke dalam kulkas selama beberapa jam hingga mengeras.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Agar Agar Pelangi Sederhana