Cara Membuat AC Sederhana dengan Es Batu

Hello Sobat Sederhana, apakah kamu sedang mencari cara untuk membuat AC sederhana dengan es batu? Tenang saja, kamu berada di tempat yang tepat! Pada artikel kali ini, kami akan membahas cara membuat AC sederhana dengan menggunakan es batu. Simak penjelasan berikut ini.

1. Apa itu AC dengan Es Batu?

AC dengan es batu adalah AC sederhana yang menggunakan es batu sebagai pendingin ruangan. Prinsip kerja AC ini adalah dengan mengalirkan udara di sekitar es batu yang telah diletakkan di dalam kotak atau baki tertentu. Udara yang dihisap melalui ventilasi akan terasa lebih dingin karena telah melewati es batu tersebut.

Secara umum, AC dengan es batu adalah solusi sementara yang dapat digunakan ketika suhu udara terasa sangat panas terutama di daerah yang sedang cuacanya panas.

2. Apa Saja Bahan yang Dibutuhkan?

Sebelum memulai membuat AC sederhana dengan es batu, ada beberapa bahan yang perlu kamu siapkan. Berikut ini adalah beberapa bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Kotak Styrofoam
1 buah
Es Batu
Secukupnya
Kipas Angin Kecil
1 buah
Kain Lap
1 buah
Plastic Ziplock
beberapa

3. Cara Membuat AC Sederhana Dengan Es Batu

3.1. Siapkan Kotak Styrofoam

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan kotak Styrofoam. Kotak ini akan menjadi tempat es batu dan kanvas kain nantinya.

3.2. Buat Lubang Kipas Angin

Langkah selanjutnya adalah membuat lubang kecil pada kotak Styrofoam untuk meletakkan kipas angin. Lubang ini dibuat pada bagian atas atau samping kotak sehingga udara yang dihasilkan oleh kipas dapat keluar.

3.3. Letakkan Kain Lap

Langkah berikutnya adalah meletakkan kain lap pada bawah kotak Styrofoam. Pastikan kain lap menutupi seluruh bagian bawah kotak agar es batu tidak langsung bersentuhan dengan kotak.

TRENDING 🔥  Regrasi Linier Sederhana Cara Manual untuk Sobat Sederhana

3.4. Masukkan Es Batu ke Kotak Styrofoam

Setelah meletakkan kain lap, masukkan es batu ke dalam kotak Styrofoam. Jangan terlalu banyak atau penuh, cukup masukkan es batu secukupnya agar kotak tidak berat untuk dipindahkan. Es batu yang digunakan sebaiknya belum terlalu meleleh agar dapat mempertahankan suhu dingin lebih lama.

3.5. Pasang Kipas Angin Kecil

Langkah terakhir adalah memasang kipas angin ke kotak Styrofoam. Pasang kipas angin pada lubang yang telah dibuat sebelumnya, pastikan kipas tidak terlalu rapat pada kotak sehingga udara yang dihasilkan dapat keluar dengan optimal.

4. Cara Menggunakan AC Sederhana dengan Es Batu

Cara menggunakan AC sederhana dengan es batu sangat mudah. Kamu hanya perlu menghidupkan kipas angin dan menempatkan kotak Styrofoam yang telah diisi es batu di ruangan yang ingin didinginkan.

Perlu diingat, AC dengan es batu tidak mampu menurunkan suhu ruangan secara signifikan seperti AC konvensional. Namun, AC ini dapat memberikan sensasi dingin yang menyegarkan terutama ketika digunakan di ruangan dengan ukuran kecil.

5. FAQ

5.1. Berapa Lama Es Batu Dapat Bertahan?

Lama es batu dapat bertahan tergantung pada seberapa banyak es batu yang digunakan dan seberapa cepat es batu meleleh. Es batu yang digunakan tidak boleh terlalu banyak agar tidak membuat kotak Styrofoam terlalu berat. Sebaiknya ukuran es batu digunakan yang besar.

5.2. Apakah AC dengan Es Batu Dapat Mengurangi Konsumsi Listrik?

AC dengan es batu dapat membantu mengurangi konsumsi listrik yang digunakan oleh AC konvensional. Hal ini karena AC dengan es batu tidak memerlukan listrik untuk menghasilkan udara dingin. Namun, AC dengan es batu tidak dapat menurunkan suhu ruangan dengan signifikan seperti AC konvensional.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tempat Tidur Kucing Sederhana

5.3. Bisakah AC dengan Es Batu Digunakan di Ruangan Besar?

AC dengan es batu lebih efektif digunakan di ruangan kecil atau untuk pendinginan tempat tidur. AC ini tidak akan memberikan pendinginan yang sama dengan AC konvensional pada ruangan besar.

6. Kesimpulan

Nah Sobat Sederhana, itulah cara membuat AC sederhana dengan es batu yang dapat kamu coba di rumah. Dengan menggunakan beberapa bahan yang mudah didapat, kamu dapat menciptakan sensasi ruangan yang dingin dan menyegarkan di rumah kamu. Ingat, AC dengan es batu hanyalah solusi sementara dan tidak dapat menurunkan suhu ruangan secara signifikan seperti AC konvensional. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat AC Sederhana dengan Es Batu