Cara Membuat Abon Sapi Kering Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas cara membuat abon sapi kering sederhana yang dapat kita nikmati bersama keluarga di rumah. Abon sapi kering merupakan makanan yang cukup populer dan biasanya sering dijadikan lauk pada saat makan. Yuk simak cara membuatnya!

Bahan-Bahan

Sebelum memulai proses pembuatan abon sapi kering, kita perlu menyiapkan bahan-bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang kita butuhkan:

Bahan
Jumlah
Daging sapi
500 gram
Gula pasir
2 sendok makan
Kecap manis
2 sendok makan
Garam
secukupnya
Air
3 gelas

Jangan lupa untuk memilih daging sapi yang segar dan berkualitas ya Sobat Sederhana.

Langkah-Langkah

Nah, setelah semua bahan sudah siap, mari kita mulai proses pembuatan abon sapi kering sederhana ini dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

1. Rebus Daging Sapi

Pertama-tama, rebus daging sapi selama kurang lebih 1 jam, hingga empuk dan mudah dijepit. Setelah itu, angkat dan tiriskan.

2. Remas Daging Sapi

Selanjutnya, remas-remas daging sapi dengan tangan hingga hancur dan serat-serat daging terpisah-pisah. Perlu diingat, jangan menggunakan blender atau alat penggiling daging ya Sobat, karena akan membuat tekstur abon menjadi tidak renyah.

3. Tambahkan Bahan Lainnya

Setelah daging sapi terasa cukup halus, tambahkan gula pasir, kecap manis, dan sedikit garam. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

4. Tambahkan Air dan Masak

Selanjutnya, tambahkan air sedikit demi sedikit sambil terus diaduk hingga semua bahan tercampur rata. Masak dengan api sedang hingga air menyusut dan daging sapi menjadi kering.

5. Panggang di Oven

Setelah semua bahan tercampur dan air menyusut, panggang daging sapi di oven pada suhu 180 derajat Celsius selama 30-40 menit atau hingga abon sapi kering berwarna kecoklatan dan kering.

TRENDING 🔥  Cara Buat Pintu Sensor Suara Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar cara membuat abon sapi kering sederhana:

1. Apakah abon sapi kering dapat disimpan?

Tentu saja! Abon sapi kering dapat disimpan dalam wadah tertutup di tempat yang kering dan sejuk selama beberapa minggu.

2. Apakah dapat menggunakan daging sapi yang sudah tua?

Sebaiknya menggunakan daging sapi yang masih segar dan berkualitas agar rasa abon sapi kering menjadi lebih enak dan lezat.

3. Apakah harus memakai oven?

Tidak harus Sobat Sederhana, jika tidak mempunyai oven, abon sapi kering dapat digoreng atau dipanggang dengan wajan datar hingga warnanya kecoklatan dan teksturnya kering.

Kesimpulan

Selamat! Kita telah berhasil membuat abon sapi kering sederhana yang enak dan lezat. Sekarang, Sobat Sederhana dapat menikmati abon sapi kering bersama keluarga di rumah. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Abon Sapi Kering Sederhana untuk Sobat Sederhana