Cara Membuat Abon Ikan Tongkol Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan berbagi resep cara membuat abon ikan tongkol sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Abon ikan tongkol merupakan camilan yang enak dan gurih, cocok untuk kamu yang suka dengan makanan ringan. Simak langkah-langkah mudahnya berikut ini.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat abon ikan tongkol, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan yang diperlukan. Berikut bahan-bahan yang perlu dipersiapkan:

Bahan
Jumlah
Ikan tongkol
250 gram
Bawang putih
5 siung
Ketumbar
1 sendok teh
Kemiri
3 butir
Gula merah
50 gram
Garam
secukupnya
Air jeruk nipis
2 sendok makan

Setelah semua bahan tersedia, mari kita mulai membuat abon ikan tongkol sederhana.

Langkah-Langkah Membuat Abon Ikan Tongkol Sederhana

1. Membersihkan ikan tongkol

Pertama-tama, membersihkan ikan tongkol terlebih dahulu. Buang kepala dan tulangnya, kemudian cuci bersih dengan air mengalir. Iris tipis ikan tongkol dan diamkan sebentar.

2. Membuat bumbu halus

Haluskan bawang putih, ketumbar, dan kemiri menggunakan blender atau ulekan hingga halus.

3. Memasak ikan tongkol

Panaskan sedikit minyak di atas wajan, tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan ikan tongkol, garam, dan gula merah. Aduk rata dan masak dengan api kecil hingga ikan matang dan empuk.

4. Menggoreng ikan tongkol

Setelah ikan matang, angkat dan tiriskan. Kemudian goreng ikan tongkol dalam minyak panas hingga benar-benar kering dan berwarna kecoklatan.

5. Membuat abon ikan tongkol

Setelah ikan goreng dingin, suwir-suwir atau hancurkan menggunakan blender. Jika masih terlalu besar, bisa dihancurkan secara manual dengan tangan. Tambahkan air jeruk nipis dan aduk rata.

Abon ikan tongkol siap disajikan. Kamu juga bisa menyimpannya dalam wadah tertutup dan disimpan di dalam lemari es agar tahan lama.

TRENDING 🔥  Cara Menghias Ulang Tahun Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Dapatkah saya menggunakan ikan selain ikan tongkol?

Tentu saja! Kamu bisa menggunakan jenis ikan lain seperti ikan tuna atau ikan cakalang untuk membuat abon ikan. Namun, rasanya mungkin sedikit berbeda.

2. Apa yang harus dilakukan jika abon ikan tongkol terlalu basah?

Jika abon ikan terlalu basah, kamu bisa mengeringkannya kembali dengan memanggangnya di atas wajan atau oven. Pastikan tidak terlalu lama atau terlalu panas sehingga abon ikan tidak terbakar.

3. Berapa lama abon ikan tongkol dapat bertahan?

Abon ikan dapat bertahan hingga 2 minggu jika disimpan dalam wadah tertutup dan disimpan di dalam lemari es.

Kesimpulan

Demikianlah cara membuat abon ikan tongkol sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan langkah-langkah yang sederhana, kamu bisa membuat camilan yang enak dan bergizi ini dengan mudah. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Abon Ikan Tongkol Sederhana