Cara Memasak Semur Jengkol Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kalian suka dengan jengkol? Jengkol adalah makanan yang cukup kontroversial di Indonesia karena baunya yang menyengat. Namun, jika dimasak dengan benar, jengkol bisa menjadi hidangan yang sangat lezat. Pada artikel kali ini, kita akan membahas cara memasak semur jengkol sederhana yang bisa kalian coba di rumah.

Apa itu Semur Jengkol?

Sebelum kita membahas cara memasak semur jengkol sederhana, kita perlu tahu terlebih dahulu apa itu semur jengkol. Semur jengkol adalah hidangan masakan Indonesia yang berasal dari daerah Jawa Barat. Hidangan ini terbuat dari jengkol yang dimasak dengan bumbu rempah-rempah khas Indonesia seperti bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan lain sebagainya.

Bahan-bahan

Sebelum memasak semur jengkol, pastikan kalian sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Jengkol
250 gram
Bawang merah
5 siung
Bawang putih
3 siung
Jahe
2 cm
Lengkuas
2 cm
Kencur
1 cm
Daun salam
3 lembar
Sereh
2 batang
Gula jawa
50 gram
Garam
secukupnya
Air
500 ml

Langkah-langkah

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memasak semur jengkol sederhana:

1. Memasak Jengkol

Cuci bersih jengkol dan potong-potong sesuai selera. Rebus jengkol dalam air mendidih selama 30 menit hingga empuk. Tiriskan jengkol dan sisihkan.

2. Membuat Bumbu

Tumis bawang merah, bawang putih, jahe, lengkuas, dan kencur hingga harum. Tambahkan daun salam dan sereh kemudian tumis kembali hingga harum.

3. Memasak Semur Jengkol

Masukkan jengkol yang sudah direbus ke dalam bumbu tumis. Tambahkan air, gula jawa, dan garam. Aduk rata dan biarkan semur jengkol mendidih hingga kuah mengental dan bumbu meresap ke dalam jengkol.

4. Sajikan

Semur jengkol siap disajikan. Hidangan ini cocok disajikan dengan nasi putih dan lalapan segar.

TRENDING 🔥  Cara Modifikasi Satria Fu Sederhana Tapi Keren

FAQ

1. Apakah jengkol aman untuk dikonsumsi?

Jengkol aman untuk dikonsumsi jika dimasak dengan benar. Jika dimakan mentah atau kurang matang, jengkol dapat menyebabkan gangguan pencernaan dan efek samping seperti bau mulut yang tidak sedap.

2. Bagaimana cara mengurangi bau jengkol?

Untuk mengurangi bau jengkol, rendam jengkol dalam air garam sebelum direbus. Selain itu, masak jengkol dengan bumbu yang kuat seperti bawang putih, kemiri, atau jahe untuk mengurangi baunya.

3. Apa saja kandungan nutrisi dalam jengkol?

Jengkol mengandung banyak nutrisi seperti protein, serat, karbohidrat, vitamin B1, dan zat besi. Namun, jengkol juga mengandung gas methan yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan jika dikonsumsi dalam jumlah yang berlebihan.

Kesimpulan

Semur jengkol sederhana adalah hidangan yang sangat lezat jika dimasak dengan benar. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kalian bisa membuat semur jengkol sendiri di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Memasak Semur Jengkol Sederhana

https://youtube.com/watch?v=qxaMgb1YhpQ