Cara Memasak Mie Burung Dara Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka mie? Mie adalah makanan yang sangat populer di seluruh dunia dan memiliki banyak varian, termasuk mie burung dara. Mie burung dara adalah mie yang dibuat dari tepung terigu, air, telur, dan bahan-bahan lainnya yang dijadikan dalam bentuk bulan. Mie burung dara disajikan dalam kuah yang gurih dan segar. Jika kamu ingin mencoba membuat mie burung dara sendiri di rumah, berikut ini adalah cara memasak mie burung dara sederhana:

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memasak, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung terigu protein rendah
200 gram
Dua butir telur ayam
2 buah
Air putih
100 ml
Bawang putih cincang halus
1 siung
Garam
secukupnya
Lada hitam
secukupnya
Mie basah siap pakai
1 bungkus
Sawi hijau
secukupnya
Daun bawang iris halus
secukupnya
Kucai iris halus
secukupnya
Bawang merah goreng
secukupnya
Kecap manis
secukupnya
Sambal
secukupnya

Cara Membuat Mie Burung Dara

Setelah semua bahan tersedia, kamu bisa mulai membuat mie burung dara. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Campurkan Tepung Terigu, Telur, Bawang Putih, Garam, Lada Hitam, dan Air

Pertama-tama, kamu perlu mencampurkan tepung terigu, telur, bawang putih cincang halus, garam, lada hitam, dan air. Aduk hingga tercampur merata dan adonan terlihat kalis. Kemudian, diamkan selama 30 menit.

2. Gulung Adonan Mie

Selanjutnya, giling adonan menggunakan mesin penggiling mie atau dengan cara manual menggunakan rolling pin hingga halus dan elastis. Setelah itu, kamu bisa membulatkan adonan menjadi bola-bola kecil. Gulung adonan dengan rolling pin hingga adonan tipis dan potong sesuai selera.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Web Sederhana Sekolah dengan Notepad++

3. Rebus Mie Burung Dara

Setelah mie burung dara sudah dipotong, rebus dalam air mendidih hingga matang. Mie burung dara matang dalam waktu kurang lebih 3 menit. Setelah selesai merebus, tiriskan mie burung dara agar tidak basah.

4. Buat Kuah Mie Burung Dara

Untuk membuat kuah, tumis bawang putih cincang hingga harum. Kemudian, tambahkan air secukupnya dan tunggu hingga air mendidih. Setelah itu, tambahkan sawi hijau, garam, dan lada hitam. Diamkan beberapa saat hingga bumbu meresap. Sajikan mie dalam mangkuk dan tambahkan kuah dan bahan pelengkap seperti daun bawang, kucai, bawang merah goreng, kecap manis, dan sambal sesuai selera.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan umum tentang cara memasak mie burung dara sederhana:

1. Bagaimana cara membuat adonan mie burung dara?

Untuk membuat adonan mie burung dara, campurkan tepung terigu, telur, bawang putih cincang halus, garam, lada hitam, dan air. Aduk hingga tercampur merata dan adonan terlihat kalis. Kemudian, diamkan selama 30 menit.

2. Berapa lama merebus mie burung dara?

Mie burung dara biasanya matang dalam waktu kurang lebih 3 menit. Setelah selesai merebus, tiriskan mie burung dara agar tidak basah.

3. Apa bahan pelengkap untuk mie burung dara?

Bahan pelengkap untuk mie burung dara antara lain sawi hijau, daun bawang iris halus, kucai iris halus, bawang merah goreng, kecap manis, dan sambal sesuai selera.

4. Bagaimana cara membuat kuah mie burung dara?

Untuk membuat kuah mie burung dara, tumis bawang putih cincang hingga harum. Kemudian, tambahkan air secukupnya dan tunggu hingga air mendidih. Setelah itu, tambahkan sawi hijau, garam, dan lada hitam. Diamkan beberapa saat hingga bumbu meresap.

TRENDING 🔥  Cara Belajar Java Sederhana di Visual Studio Code

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Sekarang kamu sudah tahu cara memasak mie burung dara sederhana. Jangan takut mencoba dan bereksperimen dengan resep mie burung dara yang berbeda. Selamat mencoba! Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Memasak Mie Burung Dara Sederhana