Cara Memasak Kroket Kentang Sederhana

Halo Sobat Sederhana, dalam artikel ini kita akan membahas tentang cara memasak kroket kentang sederhana. Siapa yang tidak suka dengan kroket kentang? Rasanya yang gurih dan renyah cocok banget buat camilan di siang hari. Yuk, kita simak cara membuatnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Sebelum memulai membuat kroket kentang, pastikan kita sudah menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Kentang
500 gr
Tepung terigu
100 gr
Susu cair
150 ml
Bawang putih cincang
2 siung
Garam
secukupnya
Lada
secukupnya
Telur ayam
1 butir
Minyak goreng
secukupnya
Roti tawar tanpa kulit
3 lembar

Cara Membuat Kroket Kentang Sederhana

1. Memasak kentang

Pertama-tama, kupas dan potong kentang menjadi beberapa bagian. Kemudian rebus kentang sampai empuk. Jangan lupa tambahkan sedikit garam pada saat merebus kentang agar rasanya tidak hambar. Setelah empuk, tiriskan dan haluskan kentang dengan garpu atau blender.

2. Menyiapkan adonan kroket

Siapkan wajan, panaskan minyak ke dalam wajan. Tumis bawang putih hingga harum. Kemudian, masukkan tepung terigu ke dalam wajan, aduk rata sampai tepung tercampur dengan bawang putih. Tuangkan susu cair sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Aduk hingga adonan kental dan tidak bergerindil.

3. Membuat adonan kroket kentang

Campurkan adonan kentang dan adonan tepung terigu yang sudah dibuat tadi. Aduk hingga rata. Tambahkan telur dan aduk lagi sampai tercampur rata.

4. Menggoreng kroket kentang

Potong roti tawar menjadi beberapa bagian. Bentuk adonan kroket kentang menjadi bulat pipih. Gulingkan adonan kroket kentang ke dalam roti tawar hingga tertutup rata. Goreng kroket kentang hingga kecoklatan di atas wajan yang sudah dipanaskan dengan minyak goreng. Tiriskan dan sajikan.

TRENDING 🔥  Cara Masak Kerang Sederhana

FAQ

1. Apakah kroket kentang bisa disimpan dalam freezer?

Tentu saja! Letakkan kroket kentang yang sudah digoreng ke dalam kantong plastik freezer, kemudian masukkan ke dalam freezer. Ketika ingin memakannya, tinggal digoreng saja hingga kecoklatan lagi. Tapi, sebaiknya tidak disimpan terlalu lama di dalam freezer.

2. Apakah tepung terigu yang digunakan bisa diganti dengan tepung lain?

Bisa, tapi hasilnya mungkin akan berbeda. Tepung terigu lebih cocok digunakan karena memiliki tekstur yang lebih halus dan mudah diolah.

3. Kenapa kroket kentang yang saya buat pecah saat digoreng?

Mungkin adonan terlalu basah atau terlalu banyak telur yang digunakan. Pastikan adonan tidak terlalu basah dan telur yang digunakan tidak terlalu banyak.

Kesimpulan

Itulah cara membuat kroket kentang sederhana yang bisa kita coba di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang suka memasak. Jangan lupa untuk mencoba resep masakan lainnya di artikel menarik lainnya. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Memasak Kroket Kentang Sederhana