Cara Memasak Kentang Goreng Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kentang goreng merupakan salah satu jenis makanan yang sangat populer di seluruh dunia. Siapa sih yang tidak suka dengan kentang goreng yang renyah di luar dan lembut di dalam? Kentang goreng bisa disajikan sebagai makanan ringan atau sebagai lauk. Namun, tidak semua orang bisa memasak kentang goreng yang sempurna. Pada artikel ini, kami akan membagikan kepada Sobat Sederhana cara memasak kentang goreng yang sederhana dan mudah di rumah. Yuk, simak selengkapnya!

Cara Memilih Kentang yang Tepat

Memilih kentang yang tepat sangat penting untuk menghasilkan kentang goreng yang enak. Jangan pilih kentang yang terlalu besar atau terlalu kecil. Pilih kentang yang berukuran sedang dan seragam. Pilih kentang yang masih segar dan belum layu. Untuk menghindari kentang yang beracun, pilih kentang yang sudah dikupas kulitnya.

1. Pilih Ukuran Kentang yang Sesuai

Kentang berukuran besar atau kecil kurang cocok untuk membuat kentang goreng. Kentang yang terlalu besar akan menghasilkan kentang goreng yang tidak merata dan kurang renyah. Sedangkan kentang yang terlalu kecil akan sulit untuk dipotong menjadi bentuk kentang goreng yang sempurna. Pilih kentang berukuran sedang dan seragam yang mudah dipotong.

2. Pilih Kentang yang Segar

Kentang yang segar adalah kentang yang masih keras dan belum layu. Coba tekan kentang dengan jari-jari Anda. Jika kentang masih keras dan tidak mudah bengkok, berarti masih segar. Kentang yang sudah layu akan menghasilkan kentang goreng yang kurang renyah dan tidak enak.

3. Pilih Kentang yang Sudah Dikupas Kulitnya

Banyak kentang yang dijual di pasaran sudah dikupas kulitnya. Penting untuk memilih kentang yang sudah dikupas agar menghindari kentang yang beracun karena terlalu lama disimpan atau terkontaminasi dengan zat kimia.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Antena Modem Sederhana

Cara Memotong Kentang

Selanjutnya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk memotong kentang agar menghasilkan kentang goreng yang sempurna dan merata. Berikut adalah cara memotong kentang yang dapat Sobat Sederhana lakukan di rumah:

1. Potong Kentang Menjadi Irisan Tipis

Cara pertama untuk memotong kentang adalah dengan membuat irisannya tipis. Memotong kentang sedikit lebih tipis akan menghasilkan kentang goreng yang lebih renyah. Caranya, kupas kentang terlebih dahulu. Kemudian, potong kentang dengan ketebalan sekitar 0,3 cm.

2. Potong Kentang Menjadi Irisan Tebal

Untuk membuat kentang goreng yang lebih empuk di dalam, Sobat Sederhana dapat memotong kentang menjadi irisannya yang agak tebal. Irisan yang lebih tebal akan menghasilkan kentang goreng yang lebih lembut. Caranya, kupas kentang terlebih dahulu. Kemudian, potong kentang dengan ketebalan sekitar 1 cm.

3. Potong Kentang Menjadi Bentuk Batang

Selain potongan tipis dan tebal, Sobat Sederhana juga dapat memotong kentang menjadi bentuk batang. Caranya, kupas kentang terlebih dahulu. Kemudian, potong kentang menjadi bagian-bagian panjang dengan lebar sekitar 0,5-1 cm.

Cara Membuat Kentang Goreng

Setelah memilih kentang yang tepat dan memotongnya dengan benar, saatnya memasak kentang goreng. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat kentang goreng yang sederhana:

1. Panaskan Minyak Goreng

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memanaskan minyak goreng dalam wajan. Gunakan minyak goreng yang cukup banyak agar kentang goreng tidak menempel di dasar wajan dan menghasilkan kentang goreng yang renyah.

2. Masukkan Kentang dalam Wajan

Setelah minyak goreng panas, masukkan kentang yang sudah dipotong ke dalam wajan. Jangan terlalu banyak memasukkan kentang agar kentang goreng tidak saling menempel dan menghasilkan kentang goreng yang kurang renyah.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kapurung Sederhana

3. Goreng Kentang Hingga Kuning Kecoklatan

Goreng kentang hingga berubah warna menjadi kuning kecoklatan. Penggorengan yang tepat akan menghasilkan kentang goreng yang renyah dan garing di luar, serta lembut di dalam.

4. Tiriskan Kentang Goreng

Setelah matang, angkat kentang goreng dan tiriskan minyaknya. Untuk menghilangkan minyak yang berlebih, Sobat Sederhana dapat menempatkan kentang goreng di atas kertas tisu atau saringan dengan kain kasa.

5. Tambahkan Bumbu Sesuai Selera

Setelah kentang goreng sudah dingin, Sobat Sederhana dapat menambahkan bumbu sesuai selera. Beberapa bumbu yang bisa ditambahkan di antaranya garam, lada bubuk, atau keju parut. Kentang goreng yang ditambahkan dengan bumbu akan menjadi lebih lezat dan enak.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan tentang cara memasak kentang goreng sederhana:

1. Bolehkah Memotong Kentang Terlebih Dahulu?

Tentu saja! Sobat Sederhana dapat memotong kentang terlebih dahulu dan kemudian menyimpannya di dalam air dingin agar kentang tidak berubah warna. Jangan memotong kentang terlalu awal sebelum digoreng agar menghasilkan kentang goreng yang lebih renyah.

2. Apakah Kentang Goreng Bisa Disimpan di Kulkas?

Kentang goreng dapat disimpan di dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, kentang goreng yang sudah dingin akan kehilangan rasa dan kelezatannya. Sebaiknya, konsumsi kentang goreng saat masih hangat dan renyah.

3. Apakah Kentang Goreng Mengandung Lemak?

Tentu saja! Kentang goreng mengandung lemak yang cukup tinggi karena diolah dengan cara digoreng dalam minyak. Sebaiknya, konsumsi kentang goreng dengan jumlah yang moderat agar menghindari peningkatan berat badan dan kesehatan yang buruk.

Tabel Nutrition Facts Kentang Goreng

Berikut adalah tabel informasi nutrisi untuk kentang goreng:

TRENDING 🔥  Cara Buat Teh Susu Sederhana
Nutrient
Amount per Serving
Kalori
312
Lemak
15 g
Karbohidrat
41 g
Protein
3 g
Garam
0,3 g

Inilah beberapa informasi nutrisi penting yang terkandung dalam kentang goreng. Meskipun mengandung lemak cukup tinggi, kentang goreng juga mengandung karbohidrat dan vitamin C.

Kesimpulan

Nah, itulah cara memasak kentang goreng sederhana yang bisa Sobat Sederhana lakukan di rumah. Memilih kentang yang tepat, memotong kentang dengan benar, dan menggoreng kentang dengan baik adalah kunci dalam menghasilkan kentang goreng yang enak dan renyah. Jangan lupa untuk menambahkan bumbu agar kentang goreng lebih lezat dan enak. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Memasak Kentang Goreng Sederhana